August 4, 2014

Dibalik Hitam



hai kawan! 
jangan takut, jangan resah
bila lampu kamar mulai dipadamkan
ku kan slalu menyanyikan lagu ini
hingga nanti kau tidur berselimut mimpi

jangan takut akan gelap
karna gelap melindungi diri kita
dari kelelahan...
 


--

Masih ingat lagu itu? Lagu Sheila On7 yang selalu menemani malamku ketika hendak tidur. Lirik dari lagu ini menceritakan untuk tidak takut terhadap gelap, karena sebenarnya yang menjaga kita adalah hening gelap malam itu sendiri.

Gelap selalu digambarkan dengan warna hitam kelam, seperti langit malam atau saat sedang mati lampu : semuanya hitam! itulah hitam, representasi ketidakhadiran sedikit pun warna atau cahaya di dalam sebuah ruang gelap (sumber wikipedia)

Bagiku, Hitam mencerminkan suatu sosok yang tegas dan kuat dalam bersikap, namun dibalik itu hitam memiliki ketenangan serta pesona yang memikat. Hitam tidak memiliki cahaya, tidak memiliki spektrum, tidak mudah dikotori oleh warna lain bahkan tidak membutuhkan warna apapun untuk menjadikannya lain. lihat, Hitam begitu angkuh namun begitu memikat.

Itulah sebabnya mengapa aku membuat www.black-over-white.blogspot.com, disana kau dapat menemukan betapa aku mengagumi segala sisi hitam yang penuh misteri; yang bahkan ketika kau mencoba untuk menghindar, kau tak akan bisa karena bayang-bayang hitam mengikutimu.  yes, once you go black, you'll never go back.

Bicara mengenai hitam, aku selalu meluangkan waktuku untuk berdua saja dengannya; dengan memandang langit yang hitam di beranda rumahku. Entah, ada suatu daya pikat tersendiri tentangnya yang membuatku merasa nyaman dan terjaga sepanjang malam.

Banyak yang mengkaitkan warna hitam dengan suatu kegelapan, kesialan ataupun kesedihan yang mendalam. Karena hitam itu gelap dan gelap sering dipresentasikan dengan hal-hal yang negatif, maka hitam merupakan simbol rasa duka.

Hanya ada satu hal yang mengganggu tentang Hitam : Panas!  Jangan pernah memakai baju hitam di siang hari. bakal ber-abe! pengalaman dulu pernah memakai warna hitam untuk pergi jalan-jalan, pulangnya langsung basah. kesimpulan : jangan pakai baju hitam kalo nggak mau dibilang habis kecebur sumur.

Jadi kenapa pakai hitam kok bikin panas? sesuai dengan teori benda hitam yang mengatakan bahwa segala sesuatu akan terlihat berwarna karena ketika dia memantulkan cahaya. Semakin sedikit cahaya yang dipantulkan maka warnanya akan semakin gelap. Karena warna gelap menyerap cahaya lebih banyak maka secara langsung akan menyerap panas lebih banyak dari cahaya tersebut. #FaktaHitam




So, that's all about black. Jangan takut akan gelap, karena dibalik hitam tersimpan keheningan malam yang menjagamu untuk selalu bermimpi :)


"Artikel ini diikutsertakan pada #BlackGiveaway"

4 comments:

  1. Kadang hitam penuh misteri, tapi punya sisi lain di dalamnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, ada daya pikat dibalik hitam yang tidak bisa didefinisikan dengan kata-kata

      Delete