October 17, 2014

Indonesia bercahaya bersama PLN!




Hidup tanpa listrik? Mungkin hidup akan terasa sangat berat! Harus diakui, listrik telah menjadi bagian dari gaya hidup atau lebih tepatnya menjadi salah satu kebutuhan bagi kehidupan kita. Karena tanpa kita sadari, kegiatan kita sehari-hari sangat bergantung dengan listrik seperti menonton acara televisi, mencuci baju dengan mesin cuci, mengirim email dengan laptop dan peralatan elektronik lainnya yang selalu ada di sekitar kita. Tanpa listrik, dunia akan terasa gelap. Benarkan?

Namun berterimakasih-lah kepada jasa penyedia kelistrikan di Indonesia bernama PLN ini. Berkat kerja keras serta tekat berkomitmen untuk memberi pasokan listrik di seluruh Nusantara, kita dapat menikmati listrik secara baik serta hidup secara nyaman. Inilah salah satu bukti nyata PLN telah memberi jasa yang luar biasa kepada Indonesia. Terang terus, tumbuh terus Indonesiaku!

Oh iya, berbicara tentang listrik, bulan Oktober ini tepatnya tanggal 27 Oktober 2014 kita akan merayakan Hari Listrik Nasional yang ke 69 loh! Apa kamu sudah tahu, sahabat blog? Lalu apa yang bakal kamu lakukan pada tanggal 27 Oktober besok? Khusus untuk Hari Listrik Nasional tahun ini, aku memiliki ide-ide serta inovasi untuk PLN agar lebih maju kedepannya. So here we go :



#1. Pemberitahuan Pemadaman Listrik via SMS atau aplikasi khusus di Smartphone

Terkadang nih, listrik di rumah kita mendadak mati ketika kita sedang asyik melakukan sesuatu, lalu apa yang kamu lakukan? hal pertama pasti akan memaki-maki pihak PLN tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Padahal, listrik mati bisa karena terjadinya kerusakan pada trafo atau adanya gangguan pada pusat atau bahkan karena ada bencana alam. Nah, dari contoh kasus inilah sering terjadi kesalaha-pahaman kita terhadap matinya listrik secara mendadak.

Maka dari itu, Ide pertamaku adalah pihak PLN bekerjasama terhadap semua operator seluler yang ada di Indonesia untuk membuat suatu broadcast SMS ke seluruh pengguna listrik di Indonesia. Jadi, bila terjadi pemadaman listrik secara mendadak, maka pihak PLN akan mengirim SMS ke orang-orang di daerah yang terkena pemadaman listrik tersebut, lengkap dengan keterangan serta waktu listrik akan hidup kembali.

Selain SMS, juga ada aplikasi khusus smartphone dimana di aplikasi tersebut kita juga bisa mengecek secara manual (seperti gambar diatas) untuk mengetahui mengapa listrik mati secara mendadak. Jadi, kalau listrik mati mendadak, kita tahu alasannya. :)



#2. Web Penghitung Konsumsi Listrik solusi Hemat Energi
Karena PLN menyediakan listrik, bukan berarti kita bisa menggunakan dengan sesukanya! kita juga perlu menghemat listrik loh, sahabat blog. dengan menghemat listrik itu juga berarti menghemat uang. Selain itu, keuntungan lainnya dari menghemat listrik adalah tersedianya pasokan listrik yang cukup untuk kita, sehingga tidak terjadinya pemadaman bergilir. Nah, nggak mau pemadaman bergilir kan?

Berawal dari kasus ini, muncullah ide ini. Yup, web penghitung konsumsi listrik solusi hemat energi. Semua orang bisa mengakses web ini secara gratis, dimana PLN di dalam web ini kita dapat mengkalkulasi serta menghitung konsumsi listrik kita untuk kedepannya agar lebih menghemat listrik. Uniknya, disini kita dapat memanage konsumsi listrik kita sendiri. Keren, kan?



#3. Tropy Hemat Energy PLN dan Duta Hemat Energy PLN

Nah, Tropy Hemat Energy ini adalah suatu bentuk apresiasi kepada salah satu keluarga yang telah mengkonsumsi pasokan listrik secara hemat dan bijaksana. Nantinya, Tropy Hemat Energy ini akan diberikan bergulir per-bulan, jadi akan ada 12 Tropy Hemat Energy yang diberikan ke 12 keluarga dalam satu tahun. Tropy Hemat Energy ini akan dipajang di web resmi PLN, sehingga keluarga-keluarga lain akan berlomba-lomba untuk berhemat listrik.

Dari 12 Keluarga yang memperoleh Tropy Hemat Energy tersebut, akan dipilih satu keluarga yang akan dijadikan sebagai gelar Duta Hemat Energy of the Year dengan hadiah menarik dari pihak PLN. Duta Hemat Energy bertugas untuk memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat Indonesia untuk lebih berhemat energy. Seru, kan?



#4. Fun Gathering! Penyuluhan Anak-anak dan Remaja tentang Hemat Listrik



Berbicara mengenai pengguna listrik di Indonesia, Anak-anak dan Remaja merupakan pengguna listrik yang paling konsumtif untuk saat ini. Dengan banyaknya aktivitas serta hiburan yang membutuhkan pasokan listrik seperti aktivitas menggunakan laptop, handphone serta alat elektronik lainnya, tentu hal ini perlu diperhatikan oleh pihak PLN. Juga dari segi efek samping yang ditimbulkan ketika anak-anak dan remaja terlalu lama memegang alat elektronik yang sangat berbahaya, maka muncullah ide ini.

Tentu pihak PLN telah banyak membuat acara-acara penyuluhan yang kebanyakan dihadiri oleh remaja, namun tidak dengan anak-anak yang berumur dibawah 15 tahun. Jadi, Ayo buat suatu acara gathering yang menyenangkan dengan penyampaian materi yang lucu serta game-game tentang hemat listrik sesuai dengan umur mereka. Fun Gathering bersama PLN ini akan berkunjung dari satu sekolah ke sekolah lain. Fun Gathering ini ditargetkan ke anak sekolah SD serta anak sekolah SMP. Diharapkan dengan Fun Gathering ini, anak-anak serta remaja jaman sekarang akan lebih berhemat energi. :)



#5. Cabang PLN - Energy Alternatif bagi Pelosok dengan tenaga Alam



Di Indonesia sendiri, pasokan listrik belum tersebar secara merata hingga ke pelosok daerah-daerah terpencil. Masyarakat pelosok daerah yang belum mengenal listrik masih menggunakan cara tradisional untuk membantu menerangi ruangan dengan lilin. Hal ini sangat kontras terhadap gaya hidup kita yang telah memakai lampu listrik serta alat elektronik lainnya.

Tentu, untuk memberi pasokan listrik ke daerah-daerah pelosok sendiri sangat susah; terkendala oleh beberapa faktor yang tidak memungkinkan PLN untuk menyalurkan listrik. Jadi, muncullah ide ini.

As you know, Indonesia memiliki alam yang sangat luar biasa yang dapat kita gunakan bersama. Jadi, PLN bisa membuat sebuah cabang PLN Daerah dimana disetiap pelosok daerah akan ada sebuah cabang PLN dengan energy alternatif alam seperti Kincir Angin atau Tenaga air terjun atau Tenaga cahaya matahari atau bahkan Tenaga Listrik dengan kotoran sapi. Dan nantinya, Indonesia akan bercahaya secara merata! :)



#6. Sayembara Energy Alternatif Listrik bagi Generasi Muda


Indonesia memiliki generasi muda dengan segala kreativitas yang tak terbatas serta inovasi-inovasi yang luar biasa. Bahkan, generasi muda Indonesia telah menciptakan alat-alat inovatif yang telah menjuarai kompetisi tingkat dunia. Seperti kata Soekarno, "Beri aku 10 pemuda, maka akan kuguncang dunia!" Jangan anggap remeh generasi muda Indonesia.

Dari sinilah muncul ide untuk membuat suatu sayembara atau kompetisi secara berkala untuk mencari suatu inovasi-inovasi energy alternatif yang dapat diimplementasikan secara langsung ke masyarakat terutama masyrakat daerah terpencil. Diharapkan dengan sayembara ini, kita memiliki suatu inovasi dalam membuat suatu energy alternatif yang baru serta berguna bagi kita bersama, dan membuat negara lain berdecak kagum terhadap Indonesia.



#7. Earth Hour Time setiap satu bulan sekali



Ideku yang terakhir adalah... Earth Hour Time party! Jadi Earth Hour Time ini adalah program hemat listrik dengan mematikan lampu atau alat elektronik lain selama satu jam. Kalau biasanya Earth Hour dilakukan hanya satu kali dalam satu tahun, program ini akan dilakukan sekali dalam sebulan. Coba bayangkan, sabahat blog. Earth Hour 2014 pihak PLN menghemat listrik secara 1 Milyar, bagaimana dengan program ini? tentu dapat menghemat beban listrik lebih banyak!

Tentu dalam hal ini, pihak PLN bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk membuat suatu acara seperti konser yang hanya menggunakan lilin, atau acara hiburan lainnya yang meminimalkan tenaga listrik. Jadi, Earth Hour Time ini menjadi semacam acara hiburan yang hanya menggunakan lilin. Nantinya, program ini akan menjadi sebuah kebiasaan untuk berhemat listrik dan tidak membuang listrik secara percuma.


---


So, that's all about my ideas. Bagaimana menurut kalian?
Jadi sahabat blog, kita harus lebih menghemat energi listrik kita. Karena dari kebiasaan menghemat energi listrik ini, kita bisa mendapat banyak sekali keuntungan. Lalu, bagaimana sih cara biar bisa menghemat listrik di rumah? oke, inilah hemat listrik ala @handikoo :

1). Gunakan bola lampu dengan menggunakan watt yang kecil namun cahaya yang dikeluarkan tetap terang, seperti lampu LED (Light Emitting Diode). Lampu LED dapat menghemat energy hingga 80-90% dari lampu lainnya loh!

2). Matikan lampu sewaktu pagi, siang serta sore hari. Kebiasaan ini bisa bikin boros listrik! Solusinya buka jendela selebar-lebarnya agar cahaya matahari bisa masuk ruangan sehingga cukup untuk menerangi sudut ruangan. Ruangan bisa terasa segar juga!

3). Matikan alat elektronik yang tidak diperlukan. Contoh nih, kalau kamu sedang membaca buku namun televisi menyala, matikan saja televisi itu.

4). Lakukan secara manual. Nah ini, kalau kamu bisa melakukan sesuatu secara manual, lakukan saja. jangan bergantung pada alat elektronik. Misal mencuci baju dengan tangan (bisa untuk olahraga juga)

5). Terakhir, tanam pepohonan di lingkungan rumah. Sehingga rumah terasa sejuk dan tidak perlu AC ataupun kipas angin untuk mendapatkan suasana segar.

---

Akhir kata, untuk kedepannya semoga PLN menjadi lebih baik dan memajukan bangsa Indonesia ini. Terimakasih PLN dan ayo Indonesia Bercahaya bersama PLN!



---

Artikel ini diikutkan dalam kompetisi :





thanks to :
- PLN            | website | twitter
- Blogdetik   | website | twitter | facebook

6 comments:

  1. Listrik emang pentiing banget buat kehidupan kita. Srkarang apa apa pake listrik sih yaa. Tp kudu di heemat juga hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya listrik itu kebutuhan kita nih, kudu di hemat jugaa hehe

      Delete
  2. Listrik mati = mati gaya -.-"

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan nggak ada listrik nggak bisa ngapa-ngapain

      Delete
  3. artikel Indonesia bercahaya bersama PLN! ini sangat menarik dan menginspirasi.

    Ternyata banyak sekali ya masukan dari blogger untuk membuat PLN lebih baik.

    Postingan ini diikutkan lomba blog Ideku untuk PLN ya?

    Good luck ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini buat lomba blog PLN nih semoga ide-ide ini bermanfaat :)

      Delete