August 29, 2016

Belajar CorelDraw #1 - Kenalan sama CorelDraw

Belajar CorelDraw dan Tutorial CorelDraw - Pengenalan CorelDraw

Belajar CorelDraw - Halo teman-teman, ini adalah tutorial belajar perdana dari projek yang sudah saya rencanakan sejak dulu yaitu Belajar CorelDraw bersama www.Handikoo.com. Walaupun ilmu desain grafis saya masih terbilang sedikit, namun saya akan membagikan semua ilmu yang saya tahu dan saya pelajari. Semoga dengan projek tutorial belajar ini saya dan teman-teman bisa sama-sama belajar. Cihuy.

Nah, sebelum kita memulai mendesain, ada baiknya kita kenalan dulu dengan program desain yang akan kita gunakan. Selama kuliah sampai sekarang, saya sudah mencoba beberapa program mendesain seperti Adobe Illustrator, CorelDraw sampai Inkspace. Namun yang paling sreg dan nyaman menurut saya masih tetap CorelDraw. Mengapa harus CorelDraw? Ini alasannya :

Ringan
Banyak teman-teman saya bertanya, "Diko, desain pake apa? pasti berat ya aplikasinya? harus canggih bener ya laptopnya?" terus saya cuma mesem-mesem saja. Ketahuilah, laptop saya hanya sebatas prosesor Dual-core keluaran 2012. Jadi, CorelDraw ini berjalan sangat mulus dan tidak lag sekalipun dijalankan sampai berjam-jam di laptop tua kesayangan saya. Ukuran program ini saja cuma 500 mb kok, tidak seperti Adobe yang sampai bergiga-giga.

User Friendly
Nah, ini dia alasan utama saya masih setia pakai CorelDraw. Banyak tools serta efek-efek yang menurut saya mudah diterapkan dan mudah dimengerti jika kita sedang utak-atik mendesain. Tampilannya simpel, tidak berbelit-belit dan gampang dihapal.

Hasil yang bagus
Hasil export setelah kita mendesain jika pakai CorelDraw ini terbilang bagus menurut saya. Warnanya tajam dengan ukuran gambar yang kecil (bisa dikompres). Namun kelemahannya adalah, hasil lembar kerja kita kalau di save as ke komputer maka ukurannya jadi besar. Jadi rajin-rajin aja hapus lembar kerja yang sekiranya "tidak penting".

Belajar CorelDraw dan Tutorial CorelDraw - Pengenalan CorelDraw

Setelah kita tahu kelebihan CorelDraw, mari kita bahas tentang how-to-get-this. CorelDraw sendiri bisa kamu unduh secara legal di situs resminya yaitu www.CorelDRAW.com seharga kira-kira 3 jutaan dengan versi trial satu minggu. Namun ada juga versi bajakan atau ilegal yang bisa kamu cari dan unduh secara bebas di google. Ketahuilah, saya tidak mengharuskan kalian untuk mengunduh versi yang mana karena ini adalah kebijakan dari kalian sendiri. Choose wisely.

Nah, sampai sekarang versi terbaru dari CorelDraw sudah sampai X8 loh teman-teman. Saya sendiri memakai versi X7. Sebenarnya, tidak ada perubahan yang drastis antara versi satu ke versi lainnya, cuma perubahan tampilan, logo dan beberapa pengaturan. Namun menurut saya, lebih besar versinya, lebih enak pakainya.


Belajar CorelDraw dan Tutorial CorelDraw - Pengenalan CorelDraw

Now, it's time for design. Saya menganggap kalian sudah punya CorelDraw dan siap mendesain. Langkah pertama adalah buka program CorelDraw dan tunggu sampai proses loading selesai. Setelah lembar kerja CorelDraw terbuka, pilih File dan pilih New untuk membuat lembar kerja baru seperti gambar dbawah ini :

Belajar CorelDraw dan Tutorial CorelDraw - Pengenalan CorelDraw

Nah, setelah itu akan muncul pengaturan lembar kerja seperti ukuran, jenis warna yang akan dipakai, nama lembar kerja dan beberapa pengaturan lain. Tenang, ini optional kok. Kalo mau desain brosur atau MMT bisa pilih lembar kerja berukuran A3, kalo mau desain-desain grafis cukup A4 saja. Jadi tergantung kebutuhan kita mau mendesain buat apa. Oh iya, yang penting disini adalah jenis warna. Ada 2 jenis warna yaitu CMYK dan RGB. Saya menyarankan memilih CMYK karena lebih banyak varian warnanya. Mungkin akan saya buat artikel sendiri mengenai perbedaan CMYK dan RGB serta kegunaannya.

Belajar CorelDraw dan Tutorial CorelDraw - Pengenalan CorelDraw


Dan, tadaaa kita sudah bisa mendesain dengan CorelDraw. Silahkan kalian lihat-lihat dulu dan kenalan sama CorelDraw. Seperti ini tampilan lembar kerja pada CorelDraw yang akan kita gunakan untuk mendesain :

Belajar CorelDraw dan Tutorial CorelDraw - Pengenalan CorelDraw

Mudah bukan? Sampai disini dulu tutorial belajar CorelDraw kali ini. Pahami dan coba utak-atik sendiri dulu. Sampai jumpa di tutorial belajar CorelDraw berikutnya :D



Kamu bingung? Silahkan bertanya 
di kolom komentar (fast respond)
Terimakasih

11 comments:

  1. Netbook ku kuat ga ya? Apa harus d laptop?

    ReplyDelete
  2. Astaga, seringan itukah CorelDraw?!
    Jadi ingin berpaling dari AI yang makin lambat dibuka~ :'))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, ringan sekali buat laptop dengan spesifikasi low kayak punya saya haha. AI mah berat :')

      Delete
  3. Corel draw saya masih X5 kakak, btw klo sudah enakan di corel gak perlu ek AI juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Versi X5 sudah cukup itu mbak, nggak beda jauh kok sama versi X7. Teteup enakan ini dari AI, lebih simpel :')

      Delete
  4. Harus nyoba nih, tengokin dulu laptopku ada progrmnya nggak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus mbak, biar bisa bikin karakter hehe. Kalo ngga ada, donlot dulu di google banyak kok :D

      Delete
  5. saya pernah beberapa kali nyoba corel mas, penasaran sama desain vektor, tapi selalu gagal paham... lebih menguasai photoshop, apalagi punya yang portabel, jadi gak berat dilaptop.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoo begitu ya mas, desain vektor pakai corel lebih mudah kok menurut saya. Saya pake photoshop malah nggak begitu mudeng hehe. versi portabel memang lebih ringan daripada yang harus instal

      Delete
  6. Kasih link buat donlot corelnya dong mas, spy bisa tepat gitu loh...

    ReplyDelete