September 28, 2016

Keunikan dan Pesona Kota Surabaya

Keunikan dan pesona kota Surabaya
Source : www.pariwisatasurabaya.com

Indonesia tidak pernah habis memperlihatkan keindahan alamnya serta kekayaan budayanya, yang tentu saja akan menarik manusia lain untuk berkunjung ke suatu daerah untuk menikmati keindahan yang sudah terhampar di depan mata. Salah satu kota juga yang menyimpan berbagai keunikan dan membekas di hati saya adalah Kota Surabaya.

Siapa yang belum pernah ke Surabaya? Saya yakin sebagian besar pasti sudah pernah mampir di sini. Kota yang berada di Provinsi Jawa Timur ini memiliki luas wilayah mencapai 350,54 Km2 yang juga didiami oleh 2.765 penduduk. Kota Surabaya juga menjadikan dirinya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini juga dijuluki sebagai ‘Kota Pahlawan’, disebut sebagai kota pahlawan karena pada masa lampau pemuda – pemuda (arek – arek) Surabaya atau yang lebih dikenal juga dengan sebutan Suroboyo ini sangat diperhitungkan dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan. 

Tak kalah dari Provinsi Jawa Barat, Kota Surabaya juga memiliki kawasan wisata yang menarik. Bagaimana tidak, kota ini mengajak kamu mengenang akan sejarah pahlawan puluhan tahun yang lalu. Yang tak asing ditelinga kita salah satunya adalah Tugu Pahlawan.

Keunikan dan pesona kota Surabaya
source : www.pusakaindonesia.org

Tugu pahlawan merupakan sebuah monumen yang memiliki tinggi mencapai 41,51 meter dan berbentuk seperti paku terbalik. Dibawah monumen ini terdapat ruangan yang difungsikan sebagai museum foto – foto pahlawan. Tujuan pembangunan tugu pahlawan ini adalah untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur melawan penjajah dan dibangun diatas tanah seluas 1 Hektar.

Selain tugu pahlawan, Surabaya juga masih memiliki Museum Mpu Tantular. Museum Mpu Tantular mulai berdiri sejak tahun 1933 yang didirikan lembaga kebudayaan Stedelijk Historisch Museum Soerabaia oleh seorang warga Surabaya yang juga berkebangsaan Jerman, yakni Von Vaber. Jika kamu ingin berkunjung kamu bisa mendatangi kawasan ini yang berlokasi di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Sidoarjo.

Untuk dapat memasuki kawasan ini kita hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 4.000 (pengunjung dewasa) dan Rp 3.000 (pengunjung anak – anak) untuk tiket masuk. Uniknya Museum Mpu Tantular ini memiliki 15.000 koleksi, mulai dari peninggalan masa  prasejarah di kerajaan Hindu, Bundha, dan juga Islam. 

Jika masih belum puas, kota terbesar ke-2 (dua) setelah Jakarta ini masih memiliki wisata sejarah yakni, Museum WR. Soeratman. Dimana jika kamu berkunjung ke museum satu ini maka akan dapat melihat tulisan asli sang pahlawan saat membuat lagu Indonesia Raya, serta melihat biola historis yang menemaninya saat membuat beberapa lagu kebangsaan.

Lokasi museum berdekatan dengan makam sang pahlawan. Kamu dapat berkunjung kekawasan ini yang berlokasi di Jl. Manga Tambaksari, Surabaya. Lengkap sudah liburan, tidak terbatas liburan saja melainkan sedang belajar yang sedang terbungkus rapi dalam perjalanan wisata.

Puas menikmati wisata sejarah, kota Surabaya juga mengajak wisatawan untuk merasakan cita rasa nusantaranya. Citarasa yang wajib kamu cicipi adalah Sate Klopo. Sate yang satu ini terlihat berbeda dari sate pada umumnya, karena sate yang satu ini dicampuri dengan parutan kelapa terlebih dahulu sebelum dibakar. Jika kamu ingin menikmati cita rasa sate khas Surabaya ini kamu dapat langsung berkunjung ke Jl. Walikota Mustajab no. 36, Surabaya. Untuk mencicipi sate ini pengunjung harus bersabar untuk menunggu, karena sate dengan campuran kelapa ini mememiliki banyak peminat. 

Keunikan dan pesona kota Surabaya
source : www.resepkulinerkreatif.com

Beralih dari cita rasa bakaran Surabaya juga menyajikan makanan dengan nama Lontong Balap. Tak asing memang mendengar makanan satu ini, karena nama dan juga citarasanya sudah melegendaris. Makanan dengan bahan pokok lontong ini disajikan dengan pelengkap tahu goring plus toge yang kemudian disiram kuah yang begitu menggugah selera. Ini juga menjadi makanan kesukaan saya dan wajib dibeli ketika mampir di Suroboyo. :D

Puas menikmati sejarah kota pahlawan dan menikmati cita rasa kulinernya, Surabaya juga memberikan solusi untuk beristirahat. Tempat yang dapat kamu pilih salah satunya adalah Mercure Hotel. Kamu bisa memesan hotel ini melalui situs booking online seperti Traveloka.

Hotel ini akan menambah kenyamanan selama kamu berlibur. Hotel yang berlokasikan di Jl. Raya Darmo no. 68-78, Tegalsari Surabaya, Jawa Timur. Untuk harga kamar hotel mulai dari Rp 575.000 dengan fasilitas hotel yang sangat mendukung. Hotel yang memiliki 14 lantai ini didukung dengan fasilitas kolam renang outdoor, antar jemput bandara 24 jam dan juga pelayanan yang bersih serta rapih. Hotel ini juga berada dikawasan yang strategis dari pusat kota dan juga wisata sekitaran Surabaya.

Jadi, apa pendapatmu tentang Kota Suroboyo?
Tulis di kolom komentar yah :D

0 komentar:

Post a Comment