September 20, 2016

#ReviewFilm : Pete's Dragon - Persahabatan Manusia dengan Naga Hijau yang Unyu

Sinopsis dan Review Pete's Dragon film tentang naga dan manusia

Pete's Dragon |  12 Agustus 2016  |  1 jam 43 menit  |  Adventure, Drama, Family
Grace: You don't have to run anymore, Pete. You can stay with us.

--

Gimana rasanya kalau kamu tersesat di hutan terus ketemu sama naga gede berbulu warna hijau? Bagi Pete yang saat itu masih berumur 5 tahun, dengan beraninya dia mendekat dan mengelus naga tersebut sambil bertatapan. Kalau saya, pasti udah semaput duluan sambil mimisan. hahaha.

Begitulan perjumpaan pertama dari tokoh utama yaitu Pete yang bertemu dengan naga misterius bernama Elliot. Buat kamu pecinta kartun-kartun lawas, pasti sudah tidak asing lagi dengan film satu ini. Yup, ini adalah film remake dari kartun lawas yang sempat terkenal pada jamannya pada tahun 1977 dulu. Bedanya, pete's dragon jadul masih mengusung animasi 2D, sedangkan pete's dragon yang sekarang tampil apik dengan animasi 3D dengan teknologi CGI yang sukses membuat saya melongo karena detailnya begitu rapi dan terasa realistik.

Film arahan dari David Lowery bersama Toby Halbrooks ini lebih menonjolkan unsur persahabatan dan kekeluargaan, yang menurut saya berhasil disampaikan lewat cerita persahabatan dari Pete dan Elliot yang hidup bersama di hutan selama enam tahun, flashback kenangan Pete dengan orangtuanya, serta suasana hangat dari Pete dan keluarga barunya. 

Sebenarnya, rencana awal saya ingin menonton The BFG tapi sayangnya hari itu sudah tidak tayang lagi. Padahal, saya naksir dan ngebet pengen nonton film itu. Mungkin karena euforia film Warkop yang memakan banyak studio di bioskop, imbasnya film-film lain yang tayangnya bersamaan terpaksa "digusur". Tapi yasudahlah, nonton Pete's Dragon pun saya sudah terhibur. :D


Sinopsis

Sinopsis dan Review Pete's Dragon film tentang naga dan manusia

Cerita bermula ketika Pete kecil sedang pergi piknik ke hutan bersama orangtuanya. Sembari Pete membaca buku dongeng "Elliot Get Lost", mendadak muncul rusa yang berlari melewati depan mobil mereka. Alhasil, Ayah Pete langsung banting setir ke arah hutan dan naasnya, mobil berguling-guling dan nyawa kedua orangtua Pete tidak bisa diselamatkan. Ajaibnya, Pete tetap selamat dan yang membuat saya heran tidak ada luka sedikitpun, mengingat mobilnya jatuh sampai berkali-kali bolak-balik.

Kemudian Pete kecil yang ketakutan berjalan ke dalam hutan dan mendengar suara raungan serigala yang siap menyantap dia. Beruntung, dari balik pohon muncul naga besar berwarna hijau yang mengusir serigala tersebut. Naga tersebut melihat Pete, yang kemudian muncul ikatan batin satu dengan yang lain, yang akhirnya mereka bersahabat dan hidup bersama di dalam hutan selama enam tahun.

Di desa terdekat, naga tersebut hanyalah cerita bualan dan omong kosong belaka, tapi tidak untuk Mr. Meacham (Robert Redford). Dia selalu bercerita pada anak-anak desa bahwa dia pernah melihat naga tersebut waktu kecil. Putrinya sendiri yang bekerja sebagai polisi hutan, Grace (Bryce Dallas Howard), selalu tidak percaya dan menyuruh ayahnya berhenti bercerita yang tidak-tidak.

Sinopsis dan Review Pete's Dragon film tentang naga dan manusia

Sampai akhirnya Grace bertemu Pete saat adanya aksi tebang pohon liar di hutan tersebut. Grace membawa Pete ke kota dan menawarkan Pete untuk menginap di rumahnya bersama anaknya (Oona Laurence) dan suaminya (Wes Bentley). Sampai keesokan harinya, Grace merasa terkejut bukan main ketika mendengar cerita dari Pete yang hidup bersama Elliot selama enam tahun di hutan, begitu pula orang-orang satu desa yang kaget setelah melihat sendiri naga tersebut.


Naga Berbulu dan Plot Datar

Sinopsis dan Review Pete's Dragon film tentang naga dan manusia

Loh, naga kok berbulu? begitulah pertanyaan saya ketika pertama melihat Elliot. Awalnya saya merasa aneh dan ganjal melihat detail bulu-bulu yang tumbuh disekujur kulit Elliot. Seriously, dragon with fur? Alih-alih gambaran naga yang selalu terlihat gahar dan galak, mimik muka Elliot terlihat unyu dan lucu. Namun lama-kelamaan saya jadi jatuh cinta juga dengan Elliot ini. Hugable abis, jadi pengen peluk Elliot seperti yang dilakuin Pete ke Elliot hahaha.

Mari saya sampaikan tentang cerita plot dari film ini. Satu kata : datar. Tidak ada yang berkesan dan masalah yang dihadirkan pun terkesan dangkal. Bahkan sampai 20 menit sebelum film berakhir, saya masih menunggu-nunggu sesuatu yang baru ataupun plot twist, namun hasilnya nihil. Jadi saya menyimpulkan, dengan cerita yang simple dan sederhana, film ini cocok untuk ditonton anak-anak yang tidak perlu banyak berpikir untuk memahami isi cerita film.

Satu poin tambahan yang saya berikan adalah emosi karakter dari pemeran Pete, Elliot dan Grace ini terasa menyentuh dan natural. Bahkan, mbak-mbak sebelah saya yang duduk di bioskop sampai menangis waktu scene Pete dan Elliot berpisah. Selain ketiga tokoh tersebut, saya merasa karakter lain biasa saja dan tidak ada yang membekas. Alhasil, walaupun film ini datar-datar saja namun dengan emosi yang dihadirkan dari karakter utamanya membuat film ini terlihat "hidup". Nonton film Pete's Dragon ini seperti sedang menonton kombinasi film Tarzan, Jungle Book dan How to Train the Dragon.


--

Score Pete's Dragon menurut Handikoo.com
Akting : 7/10
Alur cerita : 5/10
Efek animasi : 8/10
Musik Scoring : 7/10
Ending film : 6/10
(Total 6,6/10)

3 comments:

  1. Wah ratingnya ternyata ga gitu bagus ya...jadi mikir, mending nonton atau ngga nih hehehe. Reviewnya bagus, banyak-banyak review film lagi donk, suka sama gaya nulis lu hehehe. Kapan2 ada waktu, main-main ke blog saya juga ya mas hehehe

    ReplyDelete
  2. Ciri khas film2 Disney. Tapi kayaknya lumayan juga kok ceritanya.

    ReplyDelete
  3. Awalnya saya pikir akan seperti tarzan tapi ternyata ceritanya berbeda. Bagus nih film saya udah nntn juga


    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete