September 5, 2016

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Liburan akan lebih menyenangkan jika kita telah menyiapkan semuanya dengan matang. Salah satunya adalah asuransi. Tentu dengan asuransi, liburan menjadi tenang dan aman mengingat kita tidak tahu apa yang akan terjadi saat liburan tiba. Katakanlah kemungkinan buruknya seperti kecelakaan, sakit atau pembatalan tiket liburan. Amit-amit deh, jangan sampai kejadian! Bukan menyenangkan, malah mimpi buruk yang ada. Nah, untuk itu asuransi perjalanan itu penting saat ingin liburan, teman-teman. Semacam jaga-jaga dan proteksi diri gitu.

Begitulah gambaran yang saya dapat ketika saya hadir di acara fun talkshow - "Wujudkan Liburan Terbaikmu" bersama Sun Life Financial di Hotel Horison, Semarang pada tanggal 28 Agustus 2016 kemarin. Acara yang dihadiri oleh teman-teman blogger Semarang ini berlangsung asyik, santai dan menyenangkan. Talkshow ini dipandu oleh Mayang Charisma sebagai MC yang tampil enerjik dan humble serta diselingi guyonan yang kocak, yang membuat acara semakin hidup dan tidak monoton.

Acara ini mendatangkan dua narasumber yang namanya tidak asing bagi saya yaitu mbak Donna Imelda, seorang Lecturer, Travel Writer dan Co-founder Indonesia Corners dan mbak Muna Sungkar, seorang blogger, traveler, penulis dan dosen. Dua Emak blogger kece ini akan berbagi ilmu dan pengalaman seputar perencanaan keuangan selama liburan serta tips-tips membuat liburan menjadi menyenangkan. Wuih, saya sebagai orang yang suka travelling sangat excited mengikuti acara talkshow ini. Kalian penasaran? Simak terus yah.


Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Sesi pertama dibuka dengan sambutan dari pihak Sun Life Financial yang diwakili oleh Ahmad Emir Farabi atau dipanggil Mas Fabi yang menjelaskan tentang Sun Life Financial serta memperkenalkan portal online Sun Life yaitu Bright Advisor

Menurut Mas Fabi, minat masyarakat Indonesia untuk berasuransi masih tergolong rendah, sampai akhir September 2015 saja tingkat penetrasi asuransi konvensial baru mencapai 2,51% saja. Angka yang cukup kecil, bukan? Itulah alasan Sun Life mengadakan serangkaian pameran, seminar serta talkshow yang berguna untuk menumbuhkan minat masyarakat akan asuransi, investasi dan kewirausahaan yang menjadikan Indonesia #LebihBaik.

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor
Sun Life Financial ini bisa menjadi jawaban yang tepat ketika berbicara tentang asuransi. Sun Life Financial menawarkan aneka produk perlindungan dan pengelolaan kekayaan, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan dan perencanaan asuransi. Dengan pelayanan terbaik yang diberikan, maka tidak heran Sun Life meraih sejumlah penghargaan bergengsi seperti Infobank Unit Linked Awards 2016, Excellent Service Experience Award 2016 dan penghargaan bergengsi lainnya. Keren!

Kemudian Mas Febi memperkenalkan Bright Advisor, situs portal online sebagai media penyedia informasi seputar asuransi jiwa, kesehata, pendidikan, investasi dan perencanaan keuangan. Situs ini bisa kamu akses secara gratis di http://brightadvisor.co.id. Oh iya, kamu tidak harus menjadi nasabah Sun Life untuk mengakses situs ini. Serunya, kamu bisa bertanya-tanya semua hal seputar asuransi disini dan pasti akan dijawab. Asyik kan, enggak bingung lagi. :D

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor
-
Pernahkah kamu membayangkan, gimana jadinya kalau liburan yang sudah kita tunggu-tunggu malah jadi berantakan karena satu atau dua hal yang sepele? atau karena kurangnya perhitungan budget? Nah, faktor-faktor seperti itu terjadi karena kurangnya kita dalam mempersiapkan liburan dengan matang.

Begitulah kata Mbak Donna Imelda dalam talkshow ini. Mbak Donna menjelaskan bahwa liburan itu butuh persiapan yang matang, bukan cuma asal berangkat saja. Poin yang terpenting adalah Budget. Liburan menyenangkan tentu bisa di setting dengan budget murah atau mahal, namun tetap berbayar. Untuk itu, dibutuhkan manage keuangan yang baik dengan cara menabung. Prinsip Mbak Donna adalah jangan hutang, lebih baik menabung. Kan enggak lucu, sehabis happy-happy pulang liburan malah hutang siap menunggu. Benar tidak, teman-teman?


Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Poin berikutnya yang tidak kalah penting adalah transportasi. Kita harus tahu betul kendaraan apa yang akan kita gunakan menuju tempat tujuan liburan kita. Entah naik kereta, pesawat atau kendaraan lain. Selain itu akomodasi untuk tempat penginapan serta tempat wisata juga patut diperhitungkan sesuai dengan kantong budget kita. Biaya makanan juga wajib di rencanakan, seperti mau makan apa dan berapa budget yang akan dikeluarkan dalam sekali makan. Menurut Mbak Donna, jangan terlalu pelit juga untuk mengeluarkan biaya makan, bisa-bisa malah sakit perut. hahaha.

Kemudian poin berikutnya adalah asuransi perjalanan. Menurut Mbak Donna, asuransi itu ibarat payung. Kita tidak berharap untuk hujan namun tetap membawa payung sebagai jaga-jaga, seperti itu pula asuransi. Untuk jaga-jaga dan proteksi diri jika terjadi kecelakaan, sakit mendadak, terkena tindakan kejahatan ataupun pembatalan penerbangan. Tidak ada yang tahu pasti seperti apa liburan kita nantinya.

Perhatikan juga budget untuk beli oleh-oleh. Karena setiap liburan pasti naluri kita akan selalu membeli oleh-oleh khas tempat tujuan liburan yang nantinya akan diberikan ke keluarga, teman atau buat diri sendiri. Penting, jangan sampai over-budget, patok maksimal budget berapa. Siapkan budget cadangan juga buat keperluan jaga-jaga.

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor
 -
Mbak Donna menjelaskan bahwa kebanyakan orang masih enggan dan malas pakai asuransi karena alasan tidak tahu manfaat asuransi serta repot ketika mendaftar. Sekarang setelah tahu apa itu Asuransi Sun Life serta portal online Bright Advisor, saya jadi tahu manfaatnya dan beranggapan bahwa Asuransi itu mudah. :D


Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor


Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

 Kenangan bersama keluarga itu cuma sekali dan tidak bisa di ulang kembali. Jadi, kumpulkan memori sebanyaknya bersama keluarga. Beautiful memories are priceless! Begitulah kata Mbak Muna Sungkar, narasumber kedua pada Talkshow kali ini. Mbak Muna menjelaskan bahwa liburan bersama keluarga bisa menjadi menyenangkan jika kita merencakan rencana yang matang. Liburan bareng keluarga itu bukan tentang kamu saja, tapi tentang kerjasama semua anggota keluarga. Disitulah letak seru dan asyiknya saat liburan bareng keluarga, karena kita bukan hanya memikirkan tentang diri kita saja, tapi juga yang lain juga. Beginilah tips ala mom traveller satu ini :

Step 1). Planning - Untuk mewujudkan liburan impian kita harus planning dahulu. Liburan seperti apa yang kita inginkan mulai dari tempat tujuan, tempat wisata dan lain sebagainya.  Serta liburan ala backpackeran atau melalui agent, tentukan sesuai keinginan kita.

Step 2). Budgetting - Setelah kita menentukan liburan impian, lakukan persiapan keuangan yang matang dari awal. Pastikan budgetting secara tepat dan jangan sampai terkena over-budget. Kan enggak seru, pulang liburan malah keuangan kita jadi membengkak. Big no!
Step 3). Browsing tiket murah - Ini dia yang mbak Muna lakukan ketika ingin liburan. Tipsnya adalah 2-3 bulan sebelum liburan pastikan untuk browsing harga-harga tiket perjalanan, karena biasanya semakin jauh hari kita memesan tiket maka harganya lebih murah. Jangan lupa cari juga harga promo-promo yang banyak bertebaran.

Step 4). Menyusun Itinerary - Langkah selanjutnya adalah menyusun jadwal acara (itinerary). Buat itinerary bareng keluarga, mau datang ke tempat wisata mana, berapa hari, jam berapa dan sebagainya. Langkah ini agar kita tidak ngaret alias molor waktu liburan.

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor
-
Step 5). Packing - Ketika packing, libatkan anggota keluarga lain seperti anak untuk melakukan packing. Dengan keikutsertaan mereka bakal menambah rasa excited untuk liburan. Ketika membawa anak, pastikan untuk membawa beberapa mainan kesukaan dia untuk menghilangkan bosan ketika perjalanan jauh.

Step 6). Time to Go - Setelah semua siap, saatnya berlibur! Seperti mbak Muna katakan, kumpulkan memori sebanyak-banyaknya selagi bisa. Kalau nanti-nanti, jangan sampai menyesal yah! Berlibur bersama keluarga bisa menyenangkan ketika kita sudah menyiapkan semuanya dengan rencana yang matang :D


Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor
Sumber : twitter @Sunlife_ID

Antusias teman-teman blogger Semarang tampak luar biasa, terbukti dengan banyaknya pertanyaan saat sesi tanya jawab dimulai. Pertanyaan pertama adalah tentang waktu ideal menulis setelah liburan tiba dan mbak Donna menjelaskan bahwa idealnya secepat mungkin, makin cepat makin baik. Karena ada perbedaan yang terasa ketika membaca tulisan tentang liburan yang sudah lama atau yang barusan ditulis. Detailnya beda.

Kemudian pertanyaan tentang tips menabung uang untuk blogger agar bisa liburan. Nah, ini dia pertanyaan yang menurut saya menarik haha. Mbak Donna dan Mas Fabi menjelaskan bahwa liburan disesuaikan saja dengan budget yang ada dan selalu menyisihkan uang yang kita dapat untuk ditabung. Mbak Muna juga menambahkan kalau liburan bisa bikin yang sederhana saja, kok.

Pertanyaan menarik lainnya adalah bagaimana tips biar bisa dapat sponsor. Mbak Donna menjelaskan bahwa tulis artikel sebaik mungkin, maka orang akan senang membaca dan semakin banyak pembaca. Blog itu ibarat etalase, kita harus pintar-pintar memajang produk yang terbaik. Menurut Mas Fabi, jangan minta gratisan dulu, semua perlu modal awal.

Terakhir, yang tak kalah menariknya adalah pertanyaan tentang fitur apa yang ada di Bright Advisor buat komunitas. Sebenarnya, pertanyaan ini ada di kuisioner yang diberikan pihak Sun Life kepada blogger, namun sekarang malah dipertanyakan balik. hahaha. Mas Fabi selaku wakil Sun Life mengatakan bahwa fitur yang paling diinginkan blogger, bukan cuma berupa kopdar saja. Saya sendiri menuliskan di kuisioner ingin adanya forum sharing yang berisi diskusi tentang asuransi. Semoga kedepannya dapat terkabul. Amin.


Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Selain sesi berbagi ilmu dan sharing dari narasumber, kita sebagai blogger juga disuguhkan dengan hiburan yang menarik seperti stand up comedy Semarang oleh Fuad Fu, serta hadiah doorprize dari lomba #LiveTweet serta penanya terbaik. Selain itu, kita juga di berikan hidangan makan siang serta cemilan coffee break yang enak-enak. Ilmu dapat, kenyang pun juga dapat.

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Setelah pulang dari acara Talkshow tersebut dengan, saya jadi penasaran tentang asuransi perjalanan yang harus disiapkan saat liburan. Kemudian saya teringat portal online dari Sun Life yaitu Bright Advisor yang menyediakan berbagai informasi mengenai asuransi. Tanpa pikir panjang, saya langsung membuka laptop dan membuka browser internet kemudian mengetik http://brightadvisor.co.id/. Ini dia penampakannya :

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Disini kita bisa login menggunakan email atau dengan facebook. Perlu diingat, ternyata untuk mengakses portal ini kita tidak harus menjadi nasabah Sun Life, teman-teman. Semua bisa akses secara gratis. Disini ada 4 kategori yang bisa dipilih yaitu :

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Ketika memilih salah satu kategori, maka kita akan dibawa ke halaman baru yang berisi pertanyaan-pertanyaan seputar kategori tersebut. Kita bisa menulis pertanyaan juga loh, asalkan sudah login terlebih dahulu. Pertanyaan dibagi menjadi dua yaitu pertanyaan populer dan pertanyaan terbaru

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Nah, setelah itu kita bebas tuh baca-baca dari pertanyaan teman-teman seputar asuransi. Seperti contohnya saat saya masuk ke kategori "proteksi" maka akan banyak pertanyaan seperti asuransi perjalanan, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan motor dan lain sebagainya. Kalau masih penasaran, tulis saja pertanyaan kita. Pasti akan selalu di jawab sama adminnya kok.

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Ini dia yang menurut saya sangat menarik. Perkenalkan, teman-teman, Bright Calculator. Dengan fitur ini, kita bisa menghitung kebutuhan asuransi dan investasi untuk masa depan. Disini ada 5 kategori yang bisa kita hitung seperti berikut :

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Bright Calculator sendiri adalah kalkulator untuk mengetahui besarnya dana yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah tujuan finansial, jadi kita bisa menghitung dana yang dibutuhkan terkait asuransi tersebut. Seperti contohnya dana proteksi seperti ini

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Menurut saya dengan adanya fitur ini, kita bisa menjadi lebih concern dan paham sepenuhnya mengenai perhitungan dana asuransi. Kebanyakan kita membeli perlindungan yang lebih kecil dari kebutuhan, yang mana itu adalah kesalahan terbesar. Saya sendiri menjadi lebih paham bahwa asuransi itu sangat penting dan harus dipersiapkan sedini mungkin. Well, thank you Bright Advisor, sekarang saya jadi lebih tau tentang asuransi. :D


Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor

Dengan adanya Talkshow ini, saya menjadi lebih bersemangat merencanakan liburan impian yang dari dulu saya pendam rapat-rapat. Nusa Tenggara Timur adalah liburan impian saya, dengan segala keindahan alam serta budayanya, saya ingin merasakan liburan disana. Tentu dengan perencanaan yang matang serta asuransi perjalanan dengan Sun Life Financial yang membuat liburan saya menjadi liburan impian terbaik. Well, let's go vacation!

Sun Life Financial - Liburan Impian Terbaik dengan Asuransi Perjalanan dan Bright Advisor
Sumber : twitter @Sunlife_ID

Bagaimana pendapatmu tentang Talkshow ini?
Tulis pendapatmu di kolom komentar
Terimakasih

9 comments:

  1. Jadi, mau liburan kemana Ko?
    Ikut ke Luwuk piye? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen libur ke Indonesia bagian timur mbak hihi
      hayuk ke luwuk, ajak ajak ya :D

      Delete
  2. Makasih sudah hadir mas..
    Ajak2 akyu dong klo mo liburan ^-^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak, makasih udah ngasih tips-tipsnya hihi
      sip nanti trip bareng ya :D

      Delete
  3. Tulisannya bagus banget, runtut, sistematis, informatif dan lengkap. Infografisnya juga bikin semarak. Keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih mbak Donna komen langsung disini hihi
      Makasih mbak tips-tips liburan kemarin, seru. Terimakasih juga udah komen hihi komennya bikin seneng

      Delete
  4. Waktu yang sering jadi penghambat mas, apalagi klo sudah kerja, enakan kerja yg skalian jalan jalan kayaknya,hehe

    Salam kenal mas, liburan ke blog saya kalau minat,hehe

    ReplyDelete
  5. Liburan ke Lombok gih Dikoo.. Ajarin bikin infografis kayak gini hihihihi

    ReplyDelete