Memulai Usaha di Usia Muda dengan Ralali

Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Menjadi seorang pengusaha yang sukses di usia muda tentu tidak bisa didapatkan dengan cara mudah dan instan. Dibutuhkan banyak usaha, kerja keras, tekat dan semangat yang maksimal, serta inovasi yang baru dan out-of-the box untuk menjadikan usaha semakin meroket sukses. Selain itu dibutuhkan strategi serta perencanaan yang matang dalam memulai usaha.

Namun, banyak pula calon pengusaha muda yang akhirnya mundur atau stuck berjalan di tempat karena beberapa hal yang menghalangi jalan usaha mereka. Seperti kerja yang setengah-setengah sampai tidak berani mengambil resiko. Sampai akhirnya mengambil keputusan untuk menutup usaha tersebut dan mengubur dalam-dalam mimpi untuk menjadi pengusaha yang sukses. Itulah salah satu faktor yang menjadikan Indonesia memiliki tingkat pengusaha muda yang tergolong rendah. Simak infografis berikut ini :


Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Tahukah kamu kalau Indonesia butuh 5,8 juta pengusaha muda apabila ingin memenangkan kompetisi di era pasar tunggal Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA? Menurut infografis di atas, Indonesia masih tertinggal jauh dari negara tetangga di Asia Tenggara. Iya, kita masih butuh banyak pemuda yang berani untuk menjadi pengusaha muda. Kamu kah pemuda yang sedang dicari Indonesia?


Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Memulai usaha itu tidak semudah seperti membalikkan telapak tangan. Tidak sehari langsung jadi dan mendapat banyak profit, namun perlu strategi dan perencanaan yang tepat. Ibarat membangun rumah, kita harus menyiapkan semen, batu, kayu, genteng dan elemen pendukung lainnya. Tanpa elemen tersebut, gimana mau bikin rumahnya? Got it? Sekarang mari kita bahas gimana sih tahap-tahap yang harus dilakukan sebelum memulai usaha.

1. IDEA
Ini adalah elemen yang paling krusial. Mengapa ide sangat penting dalam memulai usaha? Karena memulai usaha dengan ide yang baik akan menghasilkan usaha dengan kualitas yang tinggi. Coba bayangkan usaha dengan ide yang lebih inovatif dan kreatif yang di kemas secara matang pasti akan lebih sukses daripada usaha yang mainstream dan kurang menarik. 

Lalu pertanyaan berikutnya, bagaimana sih caranya menemukan ide usaha? kita bisa menemukan ide itu dari rutinitas sehari-hari, mulai dari hobi, kesukaan, keahlian atau passion kita. Ide juga bisa kita temukan dimanapun dan kapanpun. Jangan pernah meremehkan ide-idemu itu, karena usaha yang sukses datang dari ide yang tak terduga.

2. PLAN
Setelah menemukan ide yang tepat, langkah berikutnya adalah perencanaan. Tanpa perencanaan yang tepat dan matang, maka usaha kita bakal stuck atau tidak berjalan kemana-mana. Perencanaan dalam memulai usaha bisa dalam bentuk seperti target produk yang kita jual, bahan-bahan produk, lokasi usaha, visi dan misi usaha kita, dan lain sebagainya. Dengan perencanaan seperti ini kita bisa tahu kemana arah dan tujuan usaha kita kedepannya.

3. SURVEY
Langkah selanjutnya adalah survey. Survey ini seperti untuk mengetahui lokasi usaha yang strategis, pesaing usaha, kondisi konsumen, lingkungan sekitar dan lain sebagainya. Dengan pengamatan seperti ini akan lebih mempermatang rencana usaha kita. Kalau pengamatan sudah diperhitungkan dengan baik-baik, usaha kita pasti akan meroket sukses.

4. PREPARE
Semua itu butuh persiapan. Mau pedekate ke gebetan aja butuh persiapan eaaa. Persiapan dalam memulai usaha seperti mempersiapkan modal, nama usaha serta desain logo, karyawan (kalau usaha besar) atau alat-alat sampai mesin yang dibutuhkan. Saya merekomendasikan Ralali B2B Marketplace dalam mencari persiapan yang tepat. Kenapa? Keep scroll bawah, akan saya jelaskan.

5. ACTION
Setelah keempat elemen sudah selesai, langkah selanjutnya adalah elemen yang paling penting yaitu Action. Action merupakan langkah terakhir sekaligus langkah besar ketika kita memulai usaha. Tanpa action, semua yang sudah kita persiapkan hanya wacana saja. jadi, take an action. Now or never, are you ready?

Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com


Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Dari dulu saya punya impian untuk membuka sebuah kafe. Kafe dengan desain interior yang nyaman (homie) dan dilengkapi berbagai fasilitas oke seperti full wifi, perpustakaan kecil dan lainnya. Target konsumen saya adalah anak muda serta mahasiswa yang butuh tempat untuk mengerjakan tugas/skripsi atau diskusi. Nah, karena mereka yang sedang mengerjakan tugas/skirpsi butuh asupan gizi agar tetap fit dan fokus, menu yang saya sajikan di kafe tersebut adalah buah.

Kenapa harus buah? karena dari pengamatan yang saya lihat di lingkungan saya kalau orang-orang itu jarang mengkonsumsi buah. Mereka menganggap bahwa buah itu sebagai pelengkap makanan utama dan tidak terlalu penting. Padahal, buah itu sangat penting untuk tubuh kita loh teman-teman. Berikut saya sajikan infografis tentang konsumsi buah di Indonesia :

Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Iya, kamu enggak salah lihat. Sebesar 93,5% orang Indonesia kurang dalam mengkonsumsi buah dan sayur. Kamu kah salah satunya? Kekhawatiran inilah yang menjadi alasan utama saya ingin membuka usaha kafe Buah. Saya ingin mengajak teman-teman untuk selalu mengkonsumsi buah melalui kafe saya. Semoga kafe ini segera terealisasikan amin. Atau, ada yang tertarik untuk ikut kerjasama? Hayuklah kita berbisnis bareng.


Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Sekarang sedang maraknya usaha jus buah dimana-mana. Untuk itu saya butuh sebuah ide serta inovasi baru agar memiliki nilai jual yang tinggi, serta menarik banyak konsumen. Saya mempunyai beberapa strategi yang sudah saya pikir secara baik-baik. Berikut ini strategi kafe buah : 

MENU
Konsep menu makanan serta minuman adalah healthy food. Semua bahan berasal dari buah segar yang diolah dengan berbagai cara yang menghasilkan makanan dan minuman yang sehat. Seperti smoothie pisang, yoghurt strawberry, ice cream melon, sup buah-buahan. Kalau makanan, seperti apple pie, cupcake nanas dan lain sebagainya. Duh, jadi laper. 

LOKASI 
Mengingat target konsumen kafe buah adalah anak muda dan mahasiswa, maka lokasi usaha akan lebih tepat bila ada di dekat kampus-kampus serta sekolah.

HARGA
Harga yang ditawarkan adalah low-middle range. Artinya tidak mahal untuk jajan disini. Ini sekaligus menegaskan bahwa harga buah itu tidak mahal seperti yang orang-orang bayangkan. 

FASILITAS
Fasilitas yang disediakan menunjang konsumen untuk betah berlama-lama di kafe buah. Salah satunya seperti full wifi gratis serta perpustakaan kecil untuk baca-baca. Agar lebih betah, maka desain interior dibuat senyaman mungkin seperti sofa yang besar dan empuk.

PERALATAN
Karena banyak menu yang diolah dengan cara yang komples, maka dibutuhkan peralatan yang lengkap dan canggih. Salah satunya adalah mixer dan blender untuk membuat jus serta smoothie. Atau oven untuk membuat cupcake. Untungnya, saya menemukan Ralali.com beberapa hari ini. Di Ralali.com ini berisi segala macam peralatan start up untuk memulai usaha yang dijual secara online. Penasaran? Lebih jelasnya akan saya jelaskan secara lengkap. Check it out~


Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Disini tempatnya, teman-teman, jika kamu mencari peralatan industri serta perlengkapan MRO (Maintenance, repair and operational) yang djiual secara online. Ralali.com ini adalah B2B online marketplace terbesar di Indonesia loh yang memiliki 10.000 loyal customers, lebih dari 1.200 vendor, 75.000 produk serta lebih dari 100.000 unique visitor setiap bulannya dari seluruh Indonesia. Cocok untuk mencari peralatan usaha, bukan?
Kemudian akan muncul pertanyaan besar, apa sih itu B2B? Apa bedanya Ralali dengan situs jual-beli online lainnya?

Mari kita bahas bersama-sama. B2B ini kepanjangan dari Business to Business, yang artinya transaksi jual beli secara online antara pelaku bisnis atau pemilik usaha dengan pengusaha lainnya. Contohnya seperti saya punya usaha Kafe Buah kemudian saya ingin membeli mixer di Pemilik usaha eletronik dapur. Sama-sama memiliki bisnis sendiri dan kita dipertemukan di Ralali.com. Memungkinkan juga jika kamu belum punya usaha namun ingin berbelanja peralatan di Ralali.com. Got it?

Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com
Kelebihan Ralali.com menurut saya yang utama adalah praktis, efisien dan mudah. Dengan berbagai macam kategori peralatan yang bisa kamu cari dan temukan yang sesuai kebutuhan usahamu. Tentu, dengan hanya sekali genggaman saja. Tidak perlu repot belanja ke toko. Oh iya, di Ralali.com ini kemasan paket pengiriman produk di hitung gratis dari Ralali Stater Pack. Jangkauan pengiriman ke seluruh daerah di Indonesia dengan ekspedisi terpercaya.

Selain itu Ralali memiliki sistem yang terintegrasi dengan aman, mudah,terpercaya serta transparan. Selain itu tim operational Care dari Ralali.com memberikan layanan yang sangat responsif yang bisa kamu tanyaka bila ada kesulitan. Bisa melalui live chat di situsnya, email dan call center. 

Nah, Ralali.com ini bisa kamu buka di alamat www. Ralali.com. Kali ini saya mau coba cari peralatan untuk kafe buah saya, blender untuk menu jus. Disini banyak sekali kategori yang bisa dipilih, namun saya coba ketik keyword "Blender" di menu search. Maka akan muncul hasil pencarian dengan tampilan nama jenis, nominal harga serta nama toko si penjual.
 

Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com


Pilihan saya jatuh kepada Kangaroo Blender dengan warna kuning imut seperti ini. Disini banyak daftar informasi mengenai produk tersebut dari merek, model, kapasitas, harga dan lain sebagainya. Setelah kamu yakin, kamu bisa order barang tersebut dan tinggal tunggu barang sampai tokomu.

Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

 -
Menariknya dari Ralali.com ini kita bisa membuat toko sendiri yang bisa di atur sendiri dengan mudah. Kamu bisa menjual produk-produk usahamu disini secara gratis tanpa komisi. Banyak juga diskon-diskon yang ditawarkan, siapa yang enggak ngiler coba?
Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com
Selain situs web, Ralali.com ini bisa kamu akses secara mobile melalui smartphone. Bisa diunduh melalui playstore untuk pengguna android disini. Tampilan Ralali.com secara mobile ini menurut saya lebih enak di akses dengan user interface yang gampang. Ada menu Home, Produk, Kategori serta Merek di menu utama. Ada pilihan lain di jendela sebelah kiri atas seperti Promo dan Events. Lewat aplikasi mobile seperti ini bisa belanja dan jualan di Ralali.com dimanapun dan kapanpun.


Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com
Memulai usaha di usia muda dengan ralali ralali.com

Ini saatnya kita untuk semangat membangun Indonesia bersama di hari Sumpah Pemuda Indonesia. Salah satunya adalah dengan menjadi pengusaha muda sukses yang mengharumkan nama bangsa Indonesia serta mampu bersaing di era pasar tunggal Masyarakat Ekonomi Asean atau MEA yang semakin ketat ini. Indonesia butuh banyak pengusaha muda yang berani dan semangat untuk menaklukan dunia. Inilah momen yang tepat, teman-teman.


---

http://www.ngeblog.me/

CONVERSATION

54 komentar:

  1. Wah mantap kali ini tulisannya kreatif :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada mimin Serbakuis mampir sini. Makasih min :D

      Delete
  2. Wah... Ralali.com bener2 membuka peluang bagi usia muda utk berbisnis ya. Semoga kafe buahnya segera terealisaai... Amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak, ralali membantu kita untuk jadi pengusaha muda. Aminnn semoga cepet terwujud :D

      Delete
  3. wah ide nya bagus diko, smga terealisasi ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn bangio, kalo sudah terwujud nanti mampir-mampir lah :D

      Delete
  4. Kereen, tulisannya koprehensif dan ilustrasinya sangat bagus dan bercerita -- saya musti belajar nih-- good luck mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibikin banyak desain biar pembaca enggak bosen baca tulisan terus mas hehe, semacam penyegar gitu. Sip sama-sama belajar mas, saya juga sering mampir blog mas Agung kok

      Delete
  5. menjadi entrepreneur memang gak mudah ya, tapi kalau bisa B2B kenapa gak ya? cari partner aja, misalnya ya dengan Ralali ini. Semoga impiannya tercapai ya Diko, aamiin. Jangan lupa undang saya kalau sudah launching kafenya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, dengan adanya sistem Business to Business ini semacam mempermudah dalam berbisnis dari kedua belah pihak gitu. Aminnn, pasti nanti saya undang semua blogger kece di Indonesia (Buat di review di blognya) hahaha

      Delete
  6. nice share mas , konten yang dimuat juga menarik untuk membuka mata pemuda untuk memulai berwirausaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kanjeng Dimas sudah mampir haha. Yuk mari berwirausaha di usia muda :D

      Delete
  7. Dikooooo...
    aku doakan seegera tercapai cita-cita muliamu untuk bikin kafe buah yah, dan jangan lupa untuk buka cabang di Bandung biar aku bisa langganan ke kafe mu hehehe...

    Sukses yaaah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Teteh Erryyyy....
      Amin yaampun doanya sungguh indah sekali, nanti cabang Bandung kulkasnya sama kordennya pinjem teteh erry bisa nggak? haha

      Sip makasih!

      Delete
  8. Dek desainnya bagussss
    Jadi nggak bosen baca kalo infonya dijelasin lewat infografis desain gitu, good job. Semoga kafe buahmu itu terwujud yah amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih kakakkk
      Amin, kalo udah terealisasikan nanti mampir-mampir lah ke semarang ya kak, bantu-bantu nyuci gitu kek *eh

      Delete
  9. Jadi pengusaha muda itu harus berani mengambil resiko ya bro, artikelnya menarik dan bikin saya jadi semangat bikin usaha. Sip sip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, harus berani mengambil resiko and always semangat bro. Terimakasih sudah mampir :D

      Delete
  10. Ralali mmbantu bgd para pengusaha muda donk yak, khususnya yg newbie,
    jd pgn usaha jg, peluangnya masih besr yak, 5.8 jt cyiinnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, bisnis jadi lebih gampang kalo kerjasama bareng ralali
      iya cyinnn masih banyak peluang

      Delete
  11. Harus berani memulai..tapi kalau sudah memulai tapi belum berhasil namnya takdir deh.. baru tau ada ralali yg bisa bantu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. at least harus usaha dulu mbak, nggak ada yang tahu takdir seperti apa hehe. Yup, ada ralali yang siap bantu para calon pengusaha muda

      Delete
  12. Aku juga Ikutan lomba ralali nih, abis konsepnya bagus. Diko masih muda,masih bnyk waktu buat mewujudkan mimpinya dr skrg..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup konsep lombanya positif mbak, aku juga suka. Siap mbak, doakan semoga cepat terwujud ya :D

      Delete
  13. Semoga terwujud impianmu bikin kafe buah, biar aku bisa nongkrong tiap hari tapi tetep sehat..karena ngemil dan makan buah.
    Tapi bisa bon nggak kalo aku nggak punya duit? haha
    By the way, aku kok jadi pengen bisnis juga ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mbak Ikaa, nanti bisa kopdar di kafe buah ku ya ehehe.
      Ngutang bisa mbak, tapi bayarnya double yah hehe
      Hayuk bisnis bareng mbak :D

      Delete
  14. Keren mas, aku dr dlu cita2 pengen buka usaha bakery & pastry sayangnya blm jodoh .
    Salam knal mas, sukses ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Siti, salam kenal
      Gimana kalau kita kolaborasi saja? bakery&pastry plus buah haha. Kelihatannya seru

      Delete
  15. Wiiih, jadi ini semacam marketplace khusus buat para pengusaha ataupun yang baru mau mulai buka usaha ya? Kereeen nih Ralali.com, kemaren ada temen mau buka cafe juga sempet nanya2 soal beli alat2 gininya, dia susah nyari, bisa direkomen nih ke ralali yaaa..
    Thanks infonya, Diko ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap, betul sekali kakak Rani, ralali ini sistemnya B2B gitu. Nah coba kasih tau temennya kalo coba di Ralali hehe.
      Terimakasih kak :D

      Delete
  16. Keren diko, mumpung masih di usia muda belum masuk usia cantik eh usia ganteng kejar impiannya diko, impian membuat cafe itu investasi masa depan banget.keep fight ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ((usia ganteng)) hahaha
      Siap mbak Evrina, harus kejar impian sampai dapet. Fighting! :D

      Delete
  17. wah, ide bagus tuh buat usaha cafe buah..biar ndak kurang gizi..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib dateng ya kak nanti kalo udah terwujud biar gizi ndak kekurangan haha

      Delete
  18. widiw dikooo, keren banget sih adek gue usahanya bikin masyarakat indonesia sehat. Sukses Dik, semoga terwujud semua yg dicitakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn doakan ya kakak semoga cepat terealisasikan hehe

      Delete
  19. Keinginan kita hampir sama.
    Bedanya adalah aku lebih fokus ke taman bacanya daripada cafenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih semoga rencana kita bisa terealisasikan ya amin :D

      Delete
  20. Ternyata yang ada angelnya bukan hanya tulisan, tapi cafe pun ada angelnya, think out of the box, ini baru beda dengan yang lain, Diko. Tar kalau udah buka cafenya aku mampir deh, tapi gratis ya ? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas amir hehehe
      Sip nanti gratis beli apa aja :D

      Delete
  21. Keren idenya, perlu di apresiasi,
    Salam kenal

    ReplyDelete
  22. Maaf mas menyimpang, boleh tahu buat gambar ilustrasinya pakai apa?

    ReplyDelete
  23. Keren mas artikelnya. saya belajar banyak :)

    ReplyDelete
  24. Diko infonya bermanfaat, jadi pengen buka usaha bareng ralali hehe..

    ReplyDelete
  25. Sudah Kuduga dari awal... Bang Handiko memang uhuyy designya...
    Ajarin dong mas... keren ilustrasinya....

    ReplyDelete
  26. Great job!!! Congratulations dude.. Selamat jadi Juara 1.

    ReplyDelete
  27. wow, gambar-gambarnya bagus banget, software apa itu? photoshop kah?

    ReplyDelete
  28. Handiko, wah....
    kM benar-benar kreatif Mas bro,
    saya akan coba belajar lebih baik lagi,
    Tulisan Mu ini menjadikan ku lebih bersemangat untuk mendalami Blog.

    Thanks Mas bro, dan sMoga seMakin lebih baik

    Rgds,
    Onald

    ReplyDelete
  29. Wah pantas aja menang nih...
    Kontennya kreatif banget...

    ReplyDelete
  30. FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    ReplyDelete
  31. lihat hasil surveynya ngeri juga ya mindset orang-orang muda kita, mereka lebih mau jadi karyawan ketimbang jadi bos :D

    ReplyDelete
  32. keren gan artikelnya bermanfaat banget nih keren keren.... grafiknya markotop banget.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)