#ReviewFilm : SPLIT - Dua Empat Kepibadian dalam Satu Badan


Split |  15 February 2017 (Indonesia) |  1 jam 57 menit  |  Psikolog, thriller, horror
The human brain is the most complex object in the universe

--

Coba bayangin, semisal satu ruangan berisi dua puluh empat orang yang berbeda dari segi penampilan, kelakuan, sifat sampai kekuatan fisik. Bakal serame dan seribut apa coba? Dan bayangin, kalau misal dua puluh empat orang itu hanyalah kepribadian yang ada di satu tubuh saja, is it crazy right?

Damn, this movie is beyond imagination and blow my mind! Begitulah teriak hati kegirangan setelah tamat melihat film SPLIT. Film dengan tokoh yang mengalami gangguan kepribadian ganda selalu bisa bikin otak berpikir keras dan itulah kenapa aku suka film genre seperti ini. Seperti film Identity, Fight Club, Secret Window, The Macinist, Black Swan dan lainnya. Selalu suka!




SINOPSIS (Bukan Spoiler)

Berkisah tentang seorang siswi SMA bernama Casey Cooke (Anya Taylor-Joy) yang sedang menunggu jemputan pulang dari acara ulang tahun teman satu kelas seninya. Casey ini pemurung, pendiam dan jarang bergaul dengan teman sebayanya. Kemudian muncul 2 temannya Claire (Haley Lu Richardson) dan Marcia (Jessica Sula) yang menawarkan tumpangan kepada Casey untuk pulang bareng. Sampai di mobil, Ayah dari Marcia dibunuh kemudian mereka bertiga diculik oleh seorang pria paruh baya.

Pria itu bernama Kevin (James McAvoy) yang mengidap gangguan kepribadian ganda (Dissociative Identity Disorder) yang memiliki 23 kepribadian lain. Selama ketiga wanita itu dibekap di ruangan yang memiliki banyak sel, mereka diperlakukan secara berbeda-beda oleh kepribadian-kepribadian lain dari Kevin. Kevin juga memiliki seorang dokter psikolog bernama Dr. Karen (Betty Buckley) yang membantunya mengatasi masalah tersebut.

Hedwig, salah satu kepribadian Kevin yang berumur 9 tahun, bercerita bahwa hanya ada 3 kepribadian yang memiliki "cahaya" yang dapat mengontrol kepribadian lain untuk keluar atau tidak. Ketiga pemimpin ini berencana akan mendatangkan kepribadian terakhir, kepribadian yang paling menyeramkan dan menakutkan, The Beast.

Apa yang akan mereka lakukan? Apakah ketiga wanita itu akan lolos? Apa yang akan dilakukan oleh Dr. Karen? Temukan jawabannya di bioskop terdekatmu, HAHAHA.



Akting? 10/10

Apa rumus formula untuk membuat film bergenre kepribadian ganda menjadi film yang mengesankan? AKTING. Mengingat sang aktor harus bisa tampil apik dengan memerankan banyak tokoh dengan karakter, penampilan dan gaya yang sangat berbeda dari kepribadian lain. Coba bayangin kalo misal Kristen Stewart dari Twilight dapet peran kepribadian ganda, kelar deh. Seneng, sedih, kaget, bahagia, semua dalam satu ekspresi. :|

Untungnya, SPLIT tampil epic dengan aktor yang profesional. Akting James McAvoy udah nggak perlu diraguin lagi, juara! Semua kepribadian di SPLIT dilakoni dengan detail yang pas. Tidak dibuat-buat, natural dan teliti. Semisal untuk karakter Hedwig, gaya suara dan senyumannya mirip anak kecil. Atau karakter Patricia dengan tatapan keibuan dan senyum menenangkan, and i was like, is it the same person?

Untuk akting pemeran wanita, Anya Taylor-Joy bisa mengeluarkan semua kemampuannya. Walaupun somehow, detail gerakan yang dia berikan terkesan kaku. Akting pemeran tokoh Dr. Karen menurutku pas dan natural. Pokoknya, bakal dukung maksimal James dapet nominasi aktor terbaik di Oscar besok! 



ALUR BERGELOMBANG

Melihat SPLIT dari awal sampai akhir ini ibarat sedang naik kapal di laut yang sedang berombak. Kita dibawa gelombang naik, terus dibawa turun, lalu naik lagi dan seterusnya. Begitu pula alur film ini. Kita bakal dibawa tegang setengah mati di adegan lari-larian kemudian dibawa sedih di scene flashback tentang masa lalu Casey. Kemudian adegan tegang saat kabur-kaburan, lalu adegan tenang ketika Kevin sedang konsultasi dengan dokternya. Ibaratnya, perasaan kita dibuat terombang-ambing. Alur SPLIT ini tidak monoton dan tidak membosankan.

Setelah berakhir, tanda tanya besar akan segera menghantuimu dengan pertanyaan, "INI ENDING APA SIK MAKSUDNYA? KZL" dan dengan segala macam teori-teori asal tebak. Begitulah. Setelah kamu googling, muncul bunyi ooooh dan bilang "Ah elah kek gitu ye". Kalo kata kritikus : Twist ending to the next level, another universe paralel?


Superhero?

Dr. Karen : An individual with multiple personalities can change their body cemistry with their thoughts
Dr. Clerque : What will happen when he unlocks the potential of his brain?
Dr. Fletcher : There is no limit to what he can become.



Sampai sekarang, masih terngiang-ngiang dialog di atas. Ini menarik sekali untuk dibahas, apakah manusia dengan gangguan kepribadian ganda adalah manusa dengan kemampuan super? Karena, setiap kepribadian ini bisa memiliki metabolisme, ketahanan dan kekuatan fisik yang berbeda. Misal seperti Patricia yang harus suntik diabetes setiap hari padahal kepribadian yang lain tidak perlu. Apakah otak mereka bisa meregenerasi untuk menciptakan "seseorang" yang baru dengan sesuatu yang "baru"?

And let's talk about the beast. Entah ini kurang di logika atau memang ada teori seperti ini? kepribadian ganda dapat menciptakan sesosok kepribadian yang diluar nalar manusia karena otak mereka "Believe what they are believe". What do you think? Hayuklah bahas ini. Biar nggak penasaran sendiri hahaha.


Is it worth to watch? 

Bloody hell, YES! And i'm gonna watch it again, and i need to watch "another-Shymalan-movie" in its ending *it's clue*. Happy watching~ (All images from www.imdb.com)


--


Score SPLIT menurut Handikoo.com
Akting : 9,5/10
Alur cerita : 9,5/10
Efek animasi : 8/10
Musik Scoring : 9/10
Ending film : 9/10
(Total 9/10)

CONVERSATION

10 komentar:

  1. Ini kayak buku tentang Billy yg punya kepribadian ganda, sempet mikir emang bisa ya sebanyak itu. Tapi malah kasian sama hidupnya sih, ganti baju berkali kali aja capek, apalagi ganti kepribadian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap mbak kayak buku Billy. Capek pikiran pasti mbak, tapi kan mereka nggak sadar gitu. Kayaknya sih yang punya kepribadian ganda nggak ngerasain mbak

      Delete
  2. Liat trailernya jadi main penasaran buat nonton. Huhu...sayang kemarin ga ikut kalian nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbaaak harus nonton ini mah. Kemarin diajakin gamau :p

      Delete
  3. Pengen nonton..euy.
    Kayanya ngeri2 sedap.
    Ulasannya bikin penasaran tapi porsinya pas.
    Hanya ada sedikit gangguan ejaan,terutama di text bhs Inggris dik Diko...ga terlalu penting sih utk keseluruhan sinopsis..but cukup mengganggu.
    Anyway...good job.
    Sll setia membaca blog Handiko.��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bagus mbak, sedap-sedap gurih haha
      Oke makasih ya mbak masukannya. Besok dikurangin pake bahasa inggrisnya hehe
      Aih, makasih udah setia membaca blog diko :D

      Delete
  4. Klo gak salah, ak pernah baca buku cerita nyata ttg org yang punya kepribadian kaya gini. Tapi lupa judul bukunya. Dan ada istilahnya deh org yang punya kepribadian banyak gini, tapi lagi2 aku lupa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Judulnya pasti BILLY, bener nggak? istilahnya Dissociative Identity Disorder hehe :D

      Delete
  5. Kristen Stewart dari Twilight dapet peran kepribadian ganda, kelar deh >>> ahahah geli di bagian ini, soalny sayapun ngerasa aktingnya doi gitu2 aja #sotoy
    Suami saya bakal demen nih nonton film ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak. Ekspresinya lempeng amat. Waktu adegan diculik sama keluarga dracula nya aja lempeng, enggak takut atau apa gitu. :)))
      Iya mbak, cocok buat yang suka film2 berat

      Delete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)