Hitung Zakat dengan Mudah Lewat KalkulatorZakat.com


Hae, temen-temen. Siapa disini yang belum bayar zakat dan suka bingung sendiri harus bayar berapa buat zakat?

Kebetulan hari Jumat kemarin, aku diundang di acara launching website KalkulatorZakat.com dari Dompet Dhuafa Jateng yang berlokasi di D'cost Semarang. Dompet Dhuafa Jateng menggandeng blogger, komuntas, volunteer serta media untuk mensosialkan website ini serta gerakan One Month One Care. Apa itu? Yuk, simak terus~


Website Mempermudah Zakat

Acara dimulai dengan mas M. Imam Baihaqi dari pimpinan cabang Jateng Dompet Dhuafa menjelaskan tentang kewajiban zakat bagi seorang muslim. Jadi, apa sih zakat itu?  Zakat merupakan salah satu rukun islam diantara empat rukun lainnya. Selain sebagai bentuk ibadah seorang individu kepada Allah, zakat juga memiliki fungsi sosial untuk membantu golongan yang berhak. Hayo teman-teman, kamu sudah berzakat belom?

Sumber : Instagram @DDJateng
Ketika kita ada niat untuk berzakat kadang terhalang oleh beberapa faktor, salah satunya ketidak-tahuan tentang perhitungan berapa yang harus dikeluarkan untuk berzakat dan mau bayar kemana? Untungnya, sekarang ada KalkulatorZakat.com yang mempermudah untuk menunaikan zakat dan berbagi kebaikan. Seperti apa ya?

KalkulatorZakat.com adalah landing page yang digagas oleh Dompet Dhuafa Jateng, dengan tujuan untuk memberikan edukasi, penyadaran dan kemudahan bagu masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar zakat. Ini dia solusi bagi kita yang masih buta tentang zakat, tinggal klik KalkulatorZakat.com dan semua tentang zakat ada di situ. Seperti ini penampakannya :



 
Selain edukasi tentang zakat, di website ini kamu bisa menghitung sendiri besar zakat yang harus dikeluarkan. Seperti kalkulator untuk menghitung zakat penghasilan sampai kalkulator untuk menghitung zakat simpanan. Setelah dicoba pun gampang untuk digunakan. Oh iya, website ini bisa dibuka baik melalui PC maupun mobile.

Harta yang kita punya sekarang ini bukanlah sepenuhnya milik kita. Ada orang lain yang jauh lebih membutuhkan. Seperti kata mas Imam Baihaqi, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjalankan rukun islam ini dengan berzakat. Dengan adanya website ini diharapkan kita bisa menunaikan zakat dengan mudah dan gampang.


Gerakan Untuk Peduli

Kemudian acara dilanjutkan dengan Mas Satrio dari Manajer Fundraising Dompet Dhuafa Jateng menjelaskan tentang Gerakan One Month One Care. Wih, gerakan apa ini?

Sumber : instagram @DDJateng
Jadi ini adalah gerakan kepedulian dengan tema Satu Kepedulian Sejuta Manfaat yang menyeru untuk peduli kepada sesama kitra yang membutuhkan, dengan cara berdonasi setiap bulannya. Donasinya pun secara sukarela, artinya seikhlasnya mau ngeluarin berapapun. Donasi ini bisa secara individu, komunitas maupun kelembagaan.

Nah, mereka yang sudah bergabung dalam gerakan ini adalah KOJEK Semarang, Komunitas Mahasiswa Berbagi, 1000 Guru Semarang, Clean Your Shoes, Semarang Runners serta Ustadzah Umami. Lalu, apa aja sih program nyata yang sudah direalisasikan oleh DD jateng dari gerakan ini? Banyak! Seperti air untuk kehidupan, kampung buah produktif, respon bencana, bantuan langsung, layanan kesehatan cuma-cuma dan banyak lagi!

Terus gimana caranya kalo mau bergabung? Kamu bisa donasi berapapun tiap bulan melalui http://bit.ly/1month1care atau informasi lebih lanjut hubungi (024) 762 3884 / 0815 7798 783. Mas Satrio berharap agar lebih banyak lagi komunitas untuk bergabung dalam gerakan ini, agar kebaikan semakin luas ditebar, senyum merekah dan kebahagiaan yang nantinya kita rasakan bersama. Setuju nggak, teman-teman?


Kesimpulan

Setelah tau tentang zakat dan cara menghitungnya lewat website KalkulatorZakat.com ini banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Selain itu, adanya gerakan kepedulian ini sangat positif dan bisa menjadi wadah untuk menolong sesama yang lebih membutuhkan. Sesuai dengan tagline dari KalkulatorZakat.com yaitu Ayo! Hitung, Bayar dan Hati Tentram~



CONVERSATION

5 komentar:

  1. Alhamdulillah mempermudah kita menyalurkan zakat infaq shodaqoh ya. Thanks for sharing, langsung meluncur ke websitenya nih.

    ReplyDelete
  2. Mempermudah sekali ya, untuk yang mau zakat biar berkah gaji atau hartanya.

    ReplyDelete
  3. belum pernah zakat penghasilan ini ^^
    coba-coba buka websitenya dulu *cussss

    ReplyDelete
  4. Zakat memperbanyak dan mempermudah rezeki. Jangan lupa zakat ya, apalagi sekarang ada aplikasinya. Nggak ribet, kan

    ReplyDelete
  5. jazakallah mas infonya, sangat bermanfaat untuk saya ini :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)