Makin Produktif dan Kreatif sama Si Mungil Notebook Asus E202

http://www.uniekkaswarganti.com/2017/05/ASUS-E202-blog-competition-produktif-dan-kreatif-di-mana-saja-dengan-notebook.html

----

"Males ah bawa laptop, berat dan bikin capek"
"Duh nggak cukup ditaruh di tas nih laptop"

Begitulah kira-kira yang aku rasakan ketika punya laptop jadul yang berat dan bongsor. Padahal, aktifitasku sehari-hari paling banyak dihabiskan di depan layar laptop dan terkadang dituntut untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Ada satu yang lucu dari laptop jadulku ini. Laptop sesepuh ini sering dipanggil laptop-komputer sama temen-temen. Tebak karena apa? Karena harus dicolok ke listrik dulu baru nyala, alias baterai udah rusak! Jadi, aktifitasku tergantung oleh sebuah colokan listrik, hahaha.

Sampai akhirnya laptop tua itu tergantikan oleh yang baru. Lebih mungil, lebih tipis, lebih ringan, lebih tahan lama dan lebih lebih lainnya. Mau tau apa? Yap, dia adalah Notebook Asus E202, teman mungil baruku~


Asus E202 ini didesain untuk selalu ada dan siap kapanpun dan dimanapun. Buat kamu yang mempunyai aktifitas outdoor, notebook ini cocok sekali karena ukurannya yang mungil dan compact untuk dibawa kemana-mana. Notebook yang hadir dalam versi Windows 10 dan juga DOS ini tersedia dalam pilihan warna Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge.

Aku sering bawa si mungil ini kemanapun. Entah saat nongkrong sama temen-temen di kafe, saat perjalanan jauh, bahkan saat traveling. Karena ukurannya yang mungil di ransel ini yang jadi nilai plus bagiku, selain itu kinerja dan performa yang oke juga~




Kalau aku melihat sebuah gadget itu berdasarkan kegunaan dari gadget tersebut, seperti spesifikasi yang bisa menunjang aktifitas kita. Bukan cuma sekedar pajangan doang atau penghias. Menurutku, notebook Asus E202 ini menjawab pernyataan tersebut. Mari kita simak infografis spesifikasi dari notebook ini :


Dari infografis diatas, apa yang menurutmu paling menyita perhatian? Kalau untukku, dari segi ukuran yang kecil dan ringan juga daya tahan baterai yang sampai 8 jam pemakaian normal. Sampai detik ini, memang benar daya tahan baterai notebook ini memang awet!

Selain itu, notebook berukuran A4 ini menggunakan prosesor Intel hemat daya yang menawarkan masa aktif baterai hingga 8 jam, dan memiliki port USB 3.1 Type-C yang sangat menghemat waktu, karena USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya dan kecepatan transfer USB 3.1 ini lebih cepat 11x dibandingkan USB 2.0. Wah, canggih ya?

Jadi, kerennya notebook ini apa? Kerennya notebook ini all package
Simak footage videoku berikut ini :

Nah ini dia ceritaku dengan si mungil notebook Asus E202 yang membantu aktifitasku menjadi lebih produktif dan kreatif. Check it out~





Satu kata yang paling tepat untuk menggambarkan notebook ini : mungil abis! Ukurannya kecil banget, nggak sampai seukuran kertas A4. Bobotnya pun ringan sekali dan enak buat ditenteng kemanapun pakai satu tangan. Walaupun terkesan mungil, notebook ini meninggalkan kesan kokoh selama dipegang dan tidak ringkih.

Let me tell you story. Dulu, sebelum pakai notebook ini aku punya laptop berukuran raksasa dengan bobot hampir 3 kilogram. Bayangkan, kalau ada kerjaan yang mengharuskan pergi keluar kota, mau nggak mau harus bawa laptop ini dan pegel banget! Dan kurang praktis misal mau ngetik artikel saat perjalanan di kereta atau di kendaraan umum karena ukurannya yang gede dan memakan space ruang sekitar. Semenjak pakai notebook mungil ini, semua masalah bhay! Kemana-mana enggak pegel dan terasa lebih praktis.



Dengan ukuran panjang 29.7 cm dan lebar 19.4 cm serta ketebalan hanya 2.14 cm ini pantas sekali kita panggil sebagai "teman mungil". Bobotnya cuma 1.25 kg saja. Saat dibandingkan, lebih berat buku Intelegensi Embun Pagi karya Dee Lestari daripada notebook ini. Untuk orang yang sering bekerja outdoor seperti aku, notebook ini pilihan yang tepat.

Satu lagi yang menjadi nilai plus : Catchy Design! Untuk ukuran notebook seharga kurang lebih 3,5 juta, desain yang ditawarkan pun terkesan cantik dan elegan. Ada 4 pilihan warna yang bisa dipilih, Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Rogue Red. Semua keren, tergantung selera masing-masing. But i love Lightning Blue. How about you?

Makin Produktif?
Sangat! Dengan ukuran yang mungil dan ringan, aktifitas ngeblog yang selama ini aku lakukan menjadi lebih produktif karena nggak ada lagi alasan seperti, "Ah males ngeblog soalnya males bawa-bawa laptop berat". Kemanapun dan dimanapun, aktifitas ngeblog makin lancar berkat ukuran notebook Asus E202 ini. Desain yang cantik juga menambah rasa bangga waktu ditenteng kemana-mana. :D





Aku suka banget sama desain grafis! Saking cintanya, suka bikinin temen-temen desain gratisan, hahaha. Kalau kamu mau tahu, apa sih rahasia utama Diko biar punya ide-ide buat bikin desain? Jawabannya : pergi kemana saja, dan lihat sekitar dan sekelilingmu. Misal ke mall, ke tempat wisata, atau yang paling dekat seperti teras rumah.

Lalu untuk merealisasikan ide tersebut, biasanya aku langsung menumpahkan semua ide tersebut ke dalam desain grafis. On the spot. Karena kalau disimpan nanti-nanti, ide tersebut bakal hilang atau feel-nya bakal beda. Dan untungnya, notebook Asus E202 ini punya daya tahan yang awet banget, jadi nggak perlu khawatir misal tetiba mati sendiri waktu dibawa kemanapun. Sebagai informasi, notebook ini bisa tahan melek sampai 8 jam pemakaian normal. Kecil-kecil cabe rawit bener ya?

Satu lagi yang bikin aku jatuh cinta, notebook ini kalem banget, alias enggak berisik. Asus mendesain notebook ini secara fanless yang menghasilkan suara bising sangat rendah. Sering kesel nggak sih, misal mau fokus ngerjain sesuatu tapi bunyi fan laptop berisik minta ampun? Well, untung si kecil ini anteng terus. Bikin fokus kalau lagi coret-coret desain grafis. :D

Ada satu lagi nih yang bisa bikin aktifitas desain grafisku makin oke : lebar touchpad. Ukurannya 36% lebih besar dibanding touchpad pada laptop sejenis yang berukuran 11.6 inci. Selama ini aku lebih suka desain pakai touchpad dibanding pakai mouse, karena desain jadi lebih presisi. Ada juga fitur Asus Smart Gesture seperti Zoom in/out, Drag, Page Scrolling dan Execute Cortana yang bikin aktifitas ngedesain makin gampang.

Makin Kreatif?
Of course, yes! Baterai tahan lama, enggak berisik dan touchpad nyaman : kombinasi sempurna bagiku yang suka desain grafis kemana-mana. Hayuk, siapa yang mau didesainin gratisan lagi? 








Setelah desain grafis, aku menemukan passion baru : dunia cinematography dan photography. Dan lebih asyiknya, aku menemukan temen-temen baru yang sealiran dan se-passion sepertiku. Walaupun masih pemula, sedikit demi sedikit aku belajar dari tutorial di youtube atau advice dari temen-temen. Beberapa portofolio video bisa kamu lihat disini dan portofolio poto ada di instagramku disini. Jangan lupa follow dan subscribe ya, saran dan kritik ditunggu dari temen-temen. :D

Lalu, program apa sih yang dipakai? Untuk editing video aku lebih nyaman pakai Sony Vegas dan untuk editing poto aku pakai Adobe Photoshop. Semua program itu berjalan mulus di notebook Asus E202. Walaupun mungil, notebook ini dipersenjatai dengan jeroan yang powerful. Sebut saja seperti Intel Prosesor Dual Core 2,16 GHz serta RAM 2GB dan ditambah Graphic Intel.

Makin kreatif?
Untuk ukuran notebook seharga 3,5 jutaan, notebook ini sudah mumpuni dari aspek kinerja yang diberikan. Aktifitas untuk membuat konten kreatif seperti editing video dan poto bagiku sudah baik. Apakah makin kreatif? Tentu! Makin bisa berkreasi dan berkarya melalui notebook mungil ini. Banyak yang beranggapan bila notebook ini cuma untuk menulis saja, dan notebook Asus E202 ini mematahkan stigma tersebut, karena sampai sekarang aku udah buktiin. :)






Ini dia alasan lain kenapa aku memilih notebook : Multimedia! Buat nonton film drama korea-korea, buat streaming musik favorit, sampai baca-baca e-book. Mengingat ukuran yang kecil dan bobot yang enteng, notebook ini pas banget buat dibawa kemana-mana kalau kita lagi butuh hiburan. Misal saat di kereta api menunggu perjalanan yang panjang. Tinggal buka notebook Asus E202 ini terus nonton film deh!

Asyiknya, dari sisi penyimpanan terbilang luas. HDD sebesar 500GB tersemat di notebook mungil ini. Sangat cukup buat aku yang suka koleksi film dan lagu-lagu yang jumlahnya banyak. Selain itu, didukung beberapa USB Port, sebuah micro HDMI port dan slot MicroSD yang bisa digunakan saat transfer-transfer data. USB 3.1 tipe C ini sangat menghemat waktu, karena kecepatan transfer bisa sampai 5Gbps. Lebih asyik, bener kan?


Untuk urusan berselancar di dunia maya, Asus Notebook E202 ini menggunakan teknologi Wi-Fi terbaru 802.11ac yang memiliki kecepatan hampir tiga kali lipat dari biasanya. Dalam urusan audio, notebook ini memiliki speaker yang menghadap depan dengan teknologi Asus Sonicmaster yang mengantar suara berbeda dari kebanyakan laptop, dengan suara yang lebih dalam dan bersih, walau di volume suara yang tinggi.

Lebih kreatif?
Dengan segala kelebihan yang diberikan untuk memberikan sensasi dalam segi multimedia, Ya, notebook ini membuatku lebih kreatif. Kenapa? Karena kegiatan mulitmedia seperti membaca buku, melihat film dan mendengarkan musik juga menambah ide-ide untuk menciptakan kreasi yang kreatif.



Notebook Asus E202 ini menawarkan banyak keunggulan dan kelebihan untuk aktifitasku sehari-hari dalam berkreasi secara kreatif. Sebut saja seperti desain minimalis yang enak dibawa kemana-mana untuk ngeblog, daya tahan baterai yang besar untuk proses pembuatan desain grafis, kinerja mesin yang mumpuni untuk kegiatan editing video dan poto, dan juga menunjang dari segi multimedia.

Dari pengalamanku menggunakan notebook mungil ini, bisa dikatakan notebook ini lebih praktis dan nyaman digunakan dari laptop sebelumnya yang terbilang bongsor dan berat. Akhir kata, memang benar, Notebook Asus E202 ini bisa membuat aktifitasku lebih produktif dan kreatif.


Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

CONVERSATION

21 komentar:

  1. Yang mungil-mungil seperti notebook ASUS E202 ini pas utk emak2 yang isi tasnya isinya printilan semua, hihihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak hihi, mungil gini cocok buat emak emak yang tas nya penuh biasanya :D

      Delete
  2. Laptopnya praktis dibawa ke mana-mana ya Diko, harganya juga terjangkau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak praktis, enak ditenteng kemana-mana. harganya pun pas dikantong :)

      Delete
  3. Dikooooo aku suka nih kamu tetap jadi dirimu sendiri, cakeeeep dengan design mu seperti biasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya mbak aku suka jadi diri sendiri aja, terimakasihhh

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mas Handiko ikutan juga, nice post kak!

      Ngomong-ngomong, seri Eeebook E202 ini memang "gue banget" ya kak, cocok buat blogger hehehe

      Delete
    2. Terimakasih sudah berkunjung

      iya cocok buat blogger, enak dibawa kemana mana

      Delete
  5. Siapa sih yang ga mupeng dengan Asus E202 inii, si mungil yang bandel. Makin yakin pengin punya setelah baca pengalamanmu ini Ko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kecil kecil cabe rawit mas hihi. Selama aku pake nggak ada kendala kok, kecuali waktu rendering video itu yg cukup memakan waktu lama

      Delete
  6. Kecilnya bikin semangat buat emak emak eksis tapi pengen sambilan kerja juga hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa kecil kecil cabe rawit, pas bvuat eksis sambil kerja hihi

      Delete
  7. produk asus emang keren nih, desain minimalis kualitas maximalis harganya juga ekonomis

    ReplyDelete
  8. Asus E202 memang keren, spesifikasi lengkap, warna mempesona dan harga pas di dompet. Kalau saya senang banget sama warna putih, kece abis.... semoga kita dapat satu2 ya...

    ReplyDelete
  9. Kenal Diko dari status blogger-blogger senior. Begitu blogwalking aku terpesona ama blognya.
    Good luck ya Diko. Suka sama tulisan dan desainnya.

    ReplyDelete
  10. Wah reviewnya luar biasa nih, semoga sukses ya kontesnya..

    Mampir ya ke BlogTyo - Rekomendasi Laptop untuk Skripsi

    ReplyDelete
  11. Mantep ini asus e202 buat dibawa ke mana-mana. mungil tapi kuat banget. stylist pula. dari dulu, brand asus emang udah keuji banget kualitasnya yak..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)