Tentang Matic, Prajurit Oli dan Federal Oil



Halo!

Kali ini aku mau cerita tentang otomotif. Tolong, jangan langsung skip dan scroll ke bawah ya karena aku mau cerita dalam bahasaku sendiri alias bukan pakai istilah-istilah dunia per-otomotif-an. Karena enggak semua pembaca paham dengan topik seperti ini, apalagi perempuan yang masa bodo sama tetek-bengek mesin-mesin motor (sebagian, in fact banyak juga perempuan yang jago otomotif). Sama seperti laki-laki yang sampai sekarang nggak paham sama bedanya bedak, foundation, eyeliner, maskara dan dunia per-gincu-an.  Jadi, mari belajar bersama-sama~

Motor, adalah satu alat transportasi pribadi yang masih dianggap penting bagi masyarakat Indonesia. Buktinya, ketika pergi kemanapun selalu ada minimal satu motor terparkir di setiap rumah penduduk. Alasan utama karena kebutuhan transportasi yang lebih praktis dan efisien dibanding transportasi umum. Kebanyakan dari kamu pasti punya satu motor di rumah, pertanyaannya, sudahkah kamu tahu seluk beluk tentang motor?

 


Tahukah kamu, kalau motor yang sering kita jumpai memiliki perbedaan pada jenisnya, yaitu : motor bebek, motor matic dan motor sport. Perhatikan infografis perbedaan motor matic dibanding dengan motor bebek berikut ini :



.
Perbedaan paling mencolok adalah : rantai. Pada motor bebek bisa dilihat ada rantai yang menghubungkan motor belakang dengan mesin, seperti pada rantai di sepeda. Sedangkan motor matic, tidak ada alias otomatis.  Proses mengubah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah tetapi lebih bertenaga, atau sebaliknya disebut : sistem transmisi
.
Motor bebek hampir semuanya menggunakan transmisi manual yang menggunakan gear atau mengoper “gigi”. Sedangkan untuk motor matic transmisinya menggunakan sistem otomatis. Itulah kenapa kalau naik matic, kamu cuma perlu gas motor dan langsung melaju lancar. Beda sama motor bebek yang harus oper ganti gigi satu ke gigi lain apabila kondisi jalan menanjak, jalan datar, atau jalan menurun. Cukup mudah dipahami, bukan?

Terus, kenapa sih orang-orang kebanyakan lebih memilih motor matic dibanding motor bebek? Berdasarkan pengalamanku selama memakai motor matic, ini dia alasannya :






Paling utama dan umum yaitu : "Gampang dan enggak ribet, cuy!". Seperti yang sudah aku jelaskan, sistem transmisi motor matic menggunakan sistem otomatis jadi enggak perlu capek-capek pindah oper "gigi". Selain itu karena body yang enteng, ramping dan muat banyak barang inilah yang membuat kaum perempuan lebih suka memakai matic, walaupun sekarang banyak juga pria yang memakai matic, temasuk aku dan matic kesayanganku. :3

Tapi, tidak selamanya motor matic itu enak dipakai. Kita sebagai pengguna matic, juga harus merawat baik-baik komponen matic di dalamnya termasuk merawat mesinnya juga. Memang, matic engga ada rantai dan kita engga butuh perawatan rantai, but still, kita harus lebih ekstra perawatan.

Karena otomatis, sistem transmisi akan membuat mesin bekerja 2 kali (mesin untuk sistem pembakaran dan mesin untuk sistem transmisi dikendalikan satu putaran gas), yang pastinya akan mengakibatkan mesin cepat panas atau overheat. Dan disinilah, teman-teman, peran sebuah Oli menjadi sangat penting dan krusial.

Bento, matic kesayanganku :3
.

Ibarat pertempuran, oli motor itu seperti para prajurit yang sedang bertempur sekaligus melindungi benteng pertahanan, agar selalu kokoh dan terjaga. Oli motor berperan sebagai pelumas sekaligus pendingin pada sepeda motor. Apa jadinya kalau engga ada oli di sebuah motor? Tidak menutup kemungkinan motor akan mengalami kerusakan parah dan tidak bisa digunakan lagi.

Selain sebagai pelumas dan pendingin, ada peran lain yang tak kalah penting dari oli motor. Simak infografis para prajurit oli berikut ini :

Mengurangi gesekan pada mesin motor. Cara kerja mesin pada motor saling bergesekan antar komponen satu ke komponen lainnya. Nah, kalau mesin saling bergesekan enggak dikasih oli, maka akan mengalami keausan dan mengurangi tenaga kerja motor. Inilah yang sering kita dengar "Pelumas" di botol-botol oli motor, tugasnya seperti itu.
Sebagai pendingin. Ketika bekerja lama, suhu mesin motor akan meningkat panas akibat pembakaran pada mesin tersebut. Juga saat komponen saling bergesekan, muncul percikan panas yang apabila tidak ada oli yang berperan sebagai pendingin, akan berbahaya.

Sebagai alat peredam. Saat terjadi gesekan mesin bekerja, akan timbul suara getaran dan benturan. Oli berperan sebagai peredam agar suara yang dikeluarkan lebih halus dan enggak kasar. Suara mesin berisik ganggu banget, setuju nggak?

Sebagai pembersih. Selain itu, oli mesin dipakai untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada mesin motor. Kotoran ini dikeluarkan bersamaan dengan gesekan yang terjadi saat mesin motor bekerja.

Mengilangkan karatan pada sepeda motor. Tentu, semua komponen mesin pasti akan mengalami fase karatan, dan disinilah oli berperan untuk menghilangkan karatan tersebut yang apabila dibiarkan saja, akan mengalami masalah bahkan kerusakan parah


***

Setelah baca tugas oli motor di atas, sekarang kita jadi tahu kalo oli motor itu sangat penting. Terus, sudahkah kamu rutin mengganti oli motor? Kalau jawaban belum, apakah alasannya seperti di bawah ini?



Banyak yang beralasan ribet ngurusin tetek-bengek otomotif di bengkel. Padahal mah, kamu tinggal ke bengkel, bilang ke mas-mas nya mau ganti oli dan tunggu aja. Kalau engga mau nunggu lama, bisa banget botol olinya kamu bawa pulang dan ganti sendiri di rumah. Masih alasan bengkel jauh? Well, sekarang kamu bisa beli oli secara online.

Sampai ketika pertanyaan, "nggak tau oli yang bagus itu yang mana bro". Nah, ini juga yang harus diperhatikan. Banyak oli beredar di pasaran, tapi apakah kualitas oli tersebut terpercaya? Saat kita salah memilih oli yang salah, maka berpengaruh ke kinerja mesin motor matic kita. Terus apa jawabannya? Federal Oil.





Honestly, baru 2 kali coba ganti oli langganan dengan Federal Oil dan aku merasa puas. Ada perubahan yang aku rasakan setelah sekian lama pakai motor matic selama bertahun-tahun. Apa yang beda? Pertama dari segi tarikan gas lebih enteng dan mulus, konsumsi BBM pun lebih irit dari biasanya. Dompet lebih bersahabat ~

Kedua, yang paling terasa itu mesin motor enggak berisik dan enggak panas. Ini perbedaannya terasa sampai sekarang. Dulu waktu pakai oli langganan, mesin agak berisik dan cepat panas (terasa saat kaki dekat sama mesin). Sekarang, pakai Federal Oil mesin jadi lebih halus dan tenang, enggak seberisik sebelumnya. Mesin pun jadi lebih adem. Anyway, terimakasih mas-mas bengkel yang merekomendasikan oli motor terbaik ini~


Federal Oil yang aku pakai mempunyai keunggulan di bagian "Heat Protection Formula" dengan logo tameng seperti di atas. Dikutip dari website resmi Federal Oil, gunanya untuk melindungi gesekan antar komponen mesin berbahan dasar logam secara aktif sehingga suhu dalam mesin terjaga tetap dingin dan menghasilkan suara lebih halus. Approved, terbukti benar dari apa yang udah aku alami.

Soal harga, Federal Oil Matic termasuk terjangkau. Federal Oil Matic 30 yang aku pakai seharga 33 ribu dengan botol warna orange ber-tagline "Spesialis Dingin". Memang, Federal Oil Matic 2x Lebih Efektif, 2x Lebih Kencang, 2x Lebih Bandel. Kalau satu botol oli udah bisa dapetin 2 kali semuanya, kenapa pilih yang lain?

Tampilan Federal Oil yang aku pakai

.


"Terus kalau motorku, pake oli federal apa bro? Bingung nih"

Nah, ini juga yang harus kamu ketahui. Oli mesin berkualitas tinggi seperti Federal Oil punya berbagai jenis oli yang berbeda-beda untuk jenis motor tertentu. Misalnya, ada perbedaan antara oli yang bertuliskan 10W-30 dengan 10W-40. Angka di sebelah kiri tanda W adalah nilai kekentalan oli ketika mesin dingin, kemudian angka di sebelah kanan W adalah nilai kekentalan oli ketika mesin beroperasi pada suhu kerjanya. Cukup mudah dipahami, kan?



Tidak semua motor menggunakan oli dengan kekentalan yang sama. Untuk mengetahui oli apa yang paling cocok buat motor matic kamu, klik disini dan cocokkan motormu dengan pilihan yang disediakan seperti di atas. Laman bisa diakses melalui komputer ataupun smartphone.

Sekarang, mari kita bahas tentang konsekuensi kalau kamu telat mengganti oli yang sudah lama. Banyak sekali kemungkinan-kemungkinan, pertama mesin menjadi kasar. Kedua overheating atau mesin kepanasan. Ketiga boros BBM. Keempat menurunnya kinerja mesin. Kelima usia mesin menjadi pendek bahkan kerusakan parah pada komponen mesin. Ngeri, ya? Makanya, mengganti oli secara rajin itu hukumnya : wajib.

Lalu apa nih tips pengingat biar rajin ganti oli motor matic? Well, cukup sederhana. Simak poto di bawah :


Cukup tempelkan sticky notes yang berisi angka kilometer saat terakhir kamu ganti oli dan angka kilometer berikutnya (Angka bisa kamu lihat di speedometer motor). Setiap motor punya standar pabrikan sendiri-sendiri, untuk motor maticku setiap 4.000 kilometer harus ganti baru. Sticky notes bisa kamu tempel dibalik jok motor, misal mau beli bensin dan buka tangki bensin jadi kelihatan dan ini bisa jadi pengingat kita.

Ingat, mending bayar rutin buat ganti oli  daripada bayar konsekuensi motor yang jarang ganti oli. Setuju nggak?




Karena ketika kamu memutuskan untuk membeli sebuah motor atau motor itu hasil pemberian orang lain, kamu bertanggung jawab penuh untuk merawatnya. Karena ketika motor tidak terawat, salah satunya kurang teliti memilih oli berkualitas dan tidak rajin ganti oli, akan membahayakan motor dan keselamatan orang lain ketika di jalan raya. Paling penting : membahayakan nyawamu sendiri.

Oli punya peranan yang krusial dan penting di sepeda motor, dan Federal Oil bisa jadi pilihan yang tepat ketika kamu hendak mencari oli yang berkualitas. Selama menggunakan Federal Oil Matic, motorku jadi lebih kuat tarikannya dan enggak berisik.



Sebagai penutup, ini yang tak kalah penting. SAFETY. Utamakan keselamatan ketika berkendara di jalan raya dengan selalu memakai helm dan menaati peraturan. Memang, emak-emak naik matic tanpa helm itu terlihat seram dan gahar, tapi yakin, kamu lebih keren ketika pakai matic, dengan oli berkualitas, serta selalu pakai helm saat berkendara.


Jangan lupa tonton video berikut ini :


CONVERSATION

24 komentar:

  1. Kereeen saya suka, semoga dapat juara ya mas :D

    ReplyDelete
  2. ceritanya ngalir, enak dibaca masbro. Sayang motorku bebek wkwk bisa pake federal oil tipe apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya artikel otomotif banyak bahasa yg asing, jd dibikin ngalir aja biar nggak bosen dan ngga bingung :)
      Bisa banget mas, motor bebek tipe apa? coba cari tau disini www.federaloil.co.id/oilsuggestion2

      Delete
  3. Apik dek, kangen bento. dirawat yo dek ojo rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyo mbak hehe masih terawat kok sampe sekarang :D

      Delete
  4. Brooooo, aku yakin tulisanmu ini menang, desain juga dukung ceritanya, salut (Y)
    Motorku metic jg tp lum di ganti oli, jadwal tiap 2 bulans ekali patokanku bkn per kilo na

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Ya Allah, desain aku maksimalin biar ga bosen pembaca
      hmm gitu ya, tapi lebih baik dari kilometernya deh bro. Soalnya tiap bulan kan beda-beda pemakaiannya, ada yg sebulan udah abis 4.000 km ada yg abis 1.000 km jd mending patokannya speedometer

      Delete
  5. Wah gue pake oli biasa selama ini buat motor matic kesayangan. Boleh lah coba oli ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maticmu yg biru itu gajadi di jual mam? coba gih

      Delete
  6. Wuihhh ikutann jugaa, serem nih jadi lawannya :v

    ReplyDelete
  7. Aku juga pake matic gak susah ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah susah gampang mbak. Perawatannya harus lebih teliti dan rajin daripada bebek hihi, soalnya otomatis bukan manual mesinnya

      Delete
  8. Sip bro, lanjutkan pake federal oil terus. Good luck

    ReplyDelete
  9. Aku juga butuh oli ini nih, biar vario semok ku larinya kenceng

    ReplyDelete
  10. Samaan beat, warnanya merah juga. Bedanya beat punyaku jarang ganti oli abis baca ini jadi ngeri ya dampakknya. Besok coba ganti federal oil. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya berpengaruh kak antara jarang ganti oli sama yang sering rutin ganti oli
      Sip coba federal oil, coba bedain rasanya gimana

      Delete
  11. kemarin baca ini trs tadi ganti oli federal. tarikan lebih enteng sm g berisik yg berasa beda :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, terimakasih mbak! Semoga artikel ini bisa membantu yang lain juga :')

      Delete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)