Moto G5s Plus, Smartphone Elegan dengan Dual Kamera!


Sampai sekarang, perkembangan smartphone semakin kompetitif dan makin banyak pilihannya, makin bingung pula pembeli mau milih yang mana. Para produsen saling berlomba untuk menciptakan telepon genggam dengan spesifikasi canggih serta inovasi-inovasi terbaru untuk memikat perhatian publik. Apa jadinya kalau smartphone-nya biasa-biasa aja dan nggak ada yang spesial? siap-siap aja nggak bakal dilirik! 

Karena kita, sebagai pembeli, butuh smartphone yang bukan cuma memenuhi kebutuhan aja, namun juga kebutuhan dari sisi lifestyle. Ya, semua sisi harus diperhitungkan untuk mencari smartphone yang pas. Intinya mah : Smartphone-nya harus serba keren. Setuju nggak, guys?

Semua terjawab ketika Motorola baru-baru ini resmi memperkenalkan Moto G5S Plus di Indonesia, sebuah smartphone kelas menengah dengan fitur high-end dan harga yang bersahabat. Oke, kombinasi spesifikasi keren ditambah harga yang ngga bikin bokek, siapa yang nggak tertarik?


"Ah elah, paling spesifikasinya standar 
sama smartphone lain, gitu-gitu aja bro"


Siapa bilang bro? Walaupun menyasar kelas menengah, spesifikasi Moto G5S Plus ini rasa kelas smartphone sultan alias kelas high-end. Nggak percaya? Monggo simak spesifikasi di bawah ini :

Keren ya kalo diliat dari sisi spesifikasi sama desainnya. Oh iya, Moto G5S Plus ini ponsel cerdas pertama Motorola yang dilengkapi dengan dukungan kamera belakang ganda loh! Dual kamera inilah yang menjadi nilai plus dari smartphone ini. Makin penasaran? Yuk kita bahas bareng-bareng performa yang ditawarkan dari Moto G5S Plus ini. Here we go!




First impression dari smartphone ini adalah : gile, desainnya elegan banget! Ya, Moto G5S Plus dibalut dengan bahan metal logam dengan cekungan melingkar pada logo M di bagian punggung khas smartphone Motorola. Karena terbuat dari metal, body tidak meninggalkan sidik jari ketika digenggam. Satu yang bikin aku terkesan adalah : desain smartphone ini enggak mainstream dan tetap mempunyai karakter "Motorola" nya.

Motorola menyematkan fingerprint di bagian bawah yang terintergasi dengan tombol home. Sensor sidik jari ini menurutku simpel, namun cukup berguna saat membuka smartphone secara praktis. Ngga perlu lagi tuh capek-capek nulis password. :D

Nah, sekarang waktunya voting! Kamu termasuk #TimGrey atau #TimEmas nih? Moto G5S Plus hadir dengan dua pilihan warna, yaitu abu-abu "lunar" dan juga emas "merona". Kalau aku lebih suka warna abu-abu karena keliatan mewah dan elegan.

Sekilas, Moto G5S Plus terlihat bongsor. Nyatanya ngga bongsor-bongsor amat, kok.  Beratnya cuma 168 gram dengan ketebalan 8 mm, terasa pas saat digenggam. Satu lagi nilai plus dari sisi desain adalah : tahan cipratan air! Moto G5S Plus sudah menyematkan teknologi P2i yang melindungi smartphone dari air. Remeh sih kedengerannya, tapi berguna banget kalo lagi kehujanan, nggak perlu takut mesin rusak.


Dengan embel-embel Plus, maka tak heran kalau Moto G5S Plus terkesan jumbo dan lebar dari segi layarnya. Ya, layarnya membentang sebesar 5,5 inci dengan resolusi Full HD yang dijamin visual makin jernih dan tajam. Adanya teknologi IPS juga bikin tambah asyik waktu nonton video dari angle manapun. Dari segi ketahanan, Moto G5S Plus sudah disematkan Gorilla Glass 3 yang melindungi layar dari goresan atau saat smartphone terjatuh.
Anyway, layar lebar dan jernih gini, paling enak baca-baca berita dan info-info menarik di internet. Kalo aku suka baca di Jalan Tikus, abis asyik sih isinya! Semuanya ada hihi. Kamu pernah baca disitu juga nggak?


Sampai juga pada topik kamera yang menjadi daya tarik smartphone ini!  Ya, kalau kalian lihat di kamera belakang ada dua sensor yang menyerupai bentuk wajah. Itulah dual kamera, dengan dua sensor yaitu sensor RGB yang bertugas mengumpulkan warna, sedangkan sensor monokromatis bertanggung jawab untuk menangkap detail. Keduanya mempunyai lensa bukaan (aperture) f/2.0, didukung kemampuan digital zoom 8x dan flash dual LED.

Sedangkan untuk urusan ber-selfie ria, Moto G5S Plus dibekali kamera 8 MP dengan lensa bukaan f/2.0 dan dukungan fitur LED flash, fitur beautify dan panorama (nggak perlu pakai tongsis lagi cuy). Selfie sendirian atau seru-seruan bareng temen jadi seru~

Ngomongin tentang kamera dengan dual sensor, memungkinkan kita untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh loh guys. Apa itu bokeh? Jadi semisal mau foto makanan, lalu kamera akan fokus ke objek makanan dengan background yang ngeblur. Asyiknya, level blur bisa kita tentukan sendiri mau seberapa bokeh efeknya. Bebas berkreasi pokoknya mah.

Oh iya, untuk urusan video, Moto G5S Plus sudah mendukung format 4K atau Ultra HD yang artinya video terlihat jelas, jernih dan berwarna. Wih!



Moto G5S Plus datang bukan untuk main-main. Dipersenjatai dengan Snapdragon 625 yang menyimpan CPU Octa-Core 2 Ghz dan GPU Adreno 506 yang membuat kinerja smartphone ngebut. Ditunjang dengan RAM 4GB serta memori internal sebesar 32GB, aktifitas multitasking dipastikan akan smooth dan mulus.
Dari segi sistem operasi, Moto G5S Plus menyematkan Android 7.1.1 Nougat yang nantinya akan mendapat pembaruan ke Android 8.0 Oreo. Satu yang menarik adalah dari segi interface, yaitu pure android yang menyuguhkan pengalaman tampilan Android yang murni tanpa kehadiran overlay UI. Dengan Interface pure Android ini pengguna bisa merasakan tampilan yang ringan dan mulus.



Untuk urusan baterai, Moto G5S Plus ini terbenam baterai berkapasitas 3.000 mAh yang mampu bertahan setidaknya selama lebih 11 jam dengan penggunaan wajar. Menariknya, smartphone ini memiliki teknologi Turbo-change yang dapat mengisi baterai dari kondisi kosong sampai penuh dalam waktu kurang lebih satu jam. Apa berguna? BANGET! Apalagi orang yang kerjanya outdoor dan suka jalan-jalan, cukup colokin ke charger bentar sudah terisi penuh. :D


Fitur lain yang menarik adalah adanya NFC yang tidak ada di smartphone keluaran terbaru. Selain itu adanya fitur khas motorola yaitu Moto Actions yang bisa melakukan perintah dengan cara-cara tertentu seperti berikut ini :

Memang kalau diliat kesannya sepele dan remeh, tapi kalau udah terbiasa memakai fitur ini jadi lebih gampang dan cepat. Ambil contoh waktu kita pengen memfoto objek bergerak, cukup di twist maka otomatis ada di menu kamera. Lebih efisien daripada harus buka kunci, lalu pilih menu kamera. Sama dengan action-action lainnya seperti saat mengaktifkan senter LED atau menonaktifkan notifikasi smartphone. Jangan lupakan fitur One Button Navigation yang unik dan praktis.


Dengan spesifikasi tinggi dan fitur-fitur yang ditawarkan, dengan harga yang bersahabat pula, kombinasi ini paling tepat apabila kita ingin mencari smartphone dengan kelas menengah. Lebih tepatnya, kelas menengah, namun rasanya kayak kelas high-end.

Dengan beberapa aspek yang masih mempertahankan karakter "Motorola" tanpa mengikuti arus smartphone lain, Motorola patut diacungkan jempol. Dengan desain anti-mainstream yang terkesan mewah, dengan dual kamera yang jernih dan lebih berwarna, dengan segala keunggulan yang ada di Moto G5S Plus ini, maka nggak heran kalau smartphone ini pilihan yang tepat ketika mencari smartphone. Kalo kamu, tertarik dari segi apanya nih?


 Cheers,
Handiko Rahman Pebrianto
Sumber : Website Resmi Moto G5S Plus

CONVERSATION

20 komentar:

  1. Smartphone ini emang jos pokonya lah! Kamera jernih, fiturnya juga canggih!

    -handayat

    ReplyDelete
  2. Lama ngga denger motorola, pas baca tulisanmu jadi kaget bro. Dulu punya hape jadul flip flop motorola yang gamenya cuma ada snake-snakean itu.

    Sekarang canggih bener ya. Masih ada unsur motorolanya nih moto G5S keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaman telah berubah, iya inget dulu hape motorola yang jadul. Dulu punya yg monochrome. Motorola jaman now udah canggih :D

      Iyak keren mas

      Delete
  3. Yawla keren desainnya, ga ala-ala desain aipun yg lagi ngetren dipake brand brand lain. Bagus kalo masih setia sm karakter motorola 😎

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak anti mainstream desainnya, ada khas khas motorolanya

      Delete
  4. Kemajuan yang sangat baik dari Motorola, tiba2 bikin gebrakan dengan harga yang ((main-main)) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inovasi yang nggak main-main dengan harga yang main-main alias murah :D

      Delete
  5. Wow, motorolaaa. hape nyokap jaman dulu, masih ada kenangan loh. Keren sekarang motorola punya gadget jaman now :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaak nyokap bokap dulu juga punya. Motorola jaman now sudah berubah dan canggih :D

      Delete
  6. Wah ikutan juga. Di perpanjang sebulan lagi Diko, saya kejar DL nya sampe ke wifi corner lembur, eh malah di perpanjang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas hihi. Gapapa ditunggu aja, kalo dah rejeki ngga bakal lari :D

      Delete
  7. Motorola is coming! Image brand motorola entah kenapa kalo aku selalu mikir hape-hape yg jadoel wkwk. Sekarang udah canggih gini aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jaman sudah berubah begitu pula teknologi yang makin canggih hihi

      Delete
  8. Welewh-welwh keren tenan iki yo hape nya!
    Aku paling suka ini kameranya, spesifikasinya apek tenan!

    Wes melu lah nek tuku hape koyok iki!

    ReplyDelete
    Replies
    1. apik tenan iki haha, tukoke ya mas buat aku :DD

      Delete
  9. tidak bosan-bosan baca sampai akhir, banyak desainnya euy. Hapenya keren iki

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)