Gochiland, Sebuah Mimpi Punya Website Toko Online dengan DomaiNesia

Hidup di jaman milenial seperti sekarang, membuatku sadar akan satu hal : apa-apa jadi serba gampang. Berterimakasih kepada teknologi serta inovasi-inovasi di dalamnya, aktifitas manusia menjadi lebih gampang dan efisien, yang berimbas pada gaya hidup yang bergeser menjadi lebih praktis. Salah satunya adalah : kegiatan jual beli.

Mari kita sedikit flashback sekitar 20 tahun yang lalu. Dulu, untuk belanja atau membeli sesuatu hanya ada satu cara : datang ke penjual - kasih uang - ambil barang - pulang. Atau paling mentok, minta tolong teman nitip kalau dia sedang belanja. Mari kembali ke masa sekarang. Banyak sekali cara yang bisa kita pilih. Pakai jasa pengiriman? Belanja lewat aplikasi online? Bisa. Tebak, berapa banyak perbedaan yang terjadi?

Banyak. Tenaga, waktu serta uang lebih hemat.

Seperti inilah, hal-hal positif yang bisa kita rasakan tentang teknologi yang canggih. Dari pemikiran ini, seakan aku tergugah kembali ke mimpi yang lama telah aku kubur dalam-dalam. Bagaimana kalau aku menjual apa yang aku suka? Dengan teknologi yang sudah maju seperti sekarang? Mungkinkah?


Desain grafis. Satu kata yang menggambarkan kegiatan yang paling aku suka. Berawal dari asal coret-coret di program desain, berakhir dengan passion. Gochi ini adalah projek mendesain orang menjadi karakter kartun grafis seperti ini. Awalnya, cuma bikin satu karakter saja, namun karena banyak teman-teman yang suka, mereka minta order karakter versi mereka. Rasanya senang sekali~

Lalu tiba-tiba muncul sebuah ide, gimana kalau karakter itu dijadikan merchandise?


Banyak orang ingin mempunyai barang-barang mereka sendiri secara ekslusif, salah satunya dengan desain "khas" orang tersebut. Inilah pemikiran yang terus-menerus ada di benak, sampai akhirnya muncul lagi ide-ide tentang merchandise yang cocok untuk Gochi. Salah satunya seperti mug, buku, bantal, totebag serta pin. Aku menamakan projek ini dengan Gochiland, alias sekumpulan gochi-gochi dalam bentuk barang (merchandise). 

Seolah kembali ke masa kuliah dulu, aku punya satu mimpi yang belum terwujud sampai sekarang yaitu punya toko online yang menjual barang-barang karyaku.




Ya, sebuah website toko online yang bisa diakses siapa saja, dimana saja pun kapan saja. Dengan sistem yang terintegrasi secara aman, baik dari pihak penjual maupun pihak pembeli. Dengan tampilan interface yang bisa diakses melalui PC maupun secara mobile. Kira-kira seperti ini tampilannya :

Namun satu hal yang sampai sekarang enggan membuat website sendiri adalah : keraguan. Ada kalanya selalu muncul keraguan seperti, "Aduh, kayaknya bakal ribet deh bikin website sendiri, mana ngga mudeng koding lagi" atau seperti, "Bikin website toko online pasti biayanya gede nih!"

Percaya sama yang namanya kebetulan yang manis? Seminggu yang lalu ada teman yang mengenalkan tentang sebuah jasa penyedia layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web terpercaya. Perkenalkan teman-teman, namanya adalah DomaiNesia.


DomaiNesia adalah layanan yang menawarkan pelayanan web hosting, registrasi nama domain dan masih banyak lagi. DomaiNesia juga selalu mengutamakan kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Satu yang menarik bagiku adalah harga yang ditawarkan relatif murah tanpa biaya yang "tersembunyi".

Walaupun terbilang murah, namun tidak membuat DomaiNesia terkesan "murahan" dengan pelayanan serta fitur-fitur yang diberikan. Kombinasi harga yang bersahabat serta kualitas yang bagus, itulah alasan utama mengapa aku tertarik memilih DomaiNesia.

Selain itu, DomaiNesia juga selalu hadir untuk memberikan layanan terbaik serta membangun sistem automasi yang efektif dan efisien. Jadi jangan kaget karena DomaiNesia yang telah berdiri dari tahun 2009 sudah melayani lebih dari 20.000 customer dari seluruh penjuru Indonesia bahkan mancanegara. 9 tahun perjalanan mereka sudah membuktikan seberapa profesional jasa layanan mereka.

Maksudnya layanan hosting, domain dan lainnya itu apa sih bro?

Well, let me explain those questions. Mari ibaratkan kita sedang membuat sebuah rumah. Pasti butuh tanah, jalan, pagar serta bangunannya kan? Nah, seperti itulah ibaratnya istilah tersebut. Penjelasannya seperti ini :
  • Domain merupakan alamat dari bangunan kamu. Secara teknis, domain merupakan alamat yang menuju ke lokasi hosting. Sebagai contoh : www.Handikoo.com
  • Hosting merupakan suatu tempat untuk menyimpan data. Dalam bentuk tulisan, gambar atau video yang nantinya akan dikemas dalam suatu bentuk yang dinamakan website. Ibarat kapling yang merupakan suatu bagian tanah yang sudah dipetak-petak dengan ukuran tertentu yang akan dijadikan bangunan atau tempat tinggal.
  • SSL atau Secure Socket Layer merupakan jalur yang berfungsi sebagai pengaman website. SSL akan membuat suatu jalur yang terenkripsi antara server dan web browser pada sisi user. Sehingga, pada saat user mengakses website, maka data dapat terkirim dengan aman.
  • Website diibaratkan seperti bangunan yang berdiri di atas kapling (hosting). Website merupakan suatu bentuk tampilan atau halaman yang berisikan informasi data dalam bentuk tulisan, gambar atau video.

Gimana, sudah ada gambaran kan gimana prosesnya kalo mau bikin website? Inilah yang aku butuhkan ketika ingin membuat website Gochiland. Semua telah disediakan di DomaiNesia. Pertanyaan berikutnya, bikinnya gimana yak?

Inilah tantangan serta rintangan saat membuat website sendiri. Gimana caranya? Untung di DomaiNesia ini punya layanan custom service khusus yang menanggapi apa yang kamu keluhkan. Satu yang aku suka dari layanan ini adalah responnya yang sangat cepat, ramah dan membantu.

Setelah ngobrol lama melalui chat tentang website toko online, CS menjelaskan kalau di DomaiNesia ada Web Apps yang berisi banyak pilihan jenis website lengkap dengan domain dan hosting yang sekaligus akan aktif ketika kita memilih salah satu web apps tersebut. Pembuatannya pun mudah, sangat mudah malah, karena kita tinggal memilih lalu masukkan username dan password. Lalu detail login akan dikirim melalui email. Tada! Kita sudah punya website sendiri.

Karena Gochiland akan dirancang seperti toko online, maka aku memilih PrestaShop sebagai website yang tepat. Di bagian ini juga ada panduan seperti menambah produk, mengelola customer, mengelola pesanan, membuat diskon, mengatur tampilan toko online, mengatur pengiriman barang dan lainnya. Lengkap dan mudah untuk diikuti.

Setelah mantap dengan website, maka aku coba tekan tombol pesan. Awalnya kaget juga, beneran nih harganya cuma segini? Ya, seperti yang dikatakan CS di chat, hosting dan domain akan sepaket dengan web apps. Biaya hanya dikenakan dari hosting dengan sebulan 33 ribu saja atau setahun 396 ribu. Untuk domain, cukup membayar 79 ribu untuk keamanan ekstra. Bahagia juga karena belum ada yang mengambil domain Gochiland.com. Yeah!



SSD Super Cepat
Teknologi SSD dapat mempercepat proses pengambilan informasi dari database dan sistem file, juga mempercepat situs website. Imbasnya, performa website menjadi kencang tanpa lemot. Pelayanan SSD yang ditawarkan DomaiNesia dengan harga yang terjangkau menurut saya menarik. Karena tidak semua penyedia jasa memberikan layanan seperti ini.

Unlimited Bandwitch
Suka bete kalo lagi buka website tapi sering gangguan seperti hang dan down karena kuota website itu bandwitchnya sudah habis? Ya, ngeselin! Di DomaiNesia ini ada fitur Bandwitch tanpa batas yang membuat website tetap stabil dan lancar walaupun pengunjung membludak banyak.

Cloud Backup
Satu lagi fitur oke yang ada di DomaiNesia, yaitu Cloud Backup. Dengan fitur ini kita dapat mem-backup semua data yang ada di website setiap haru, sehingga menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan seperti tidak dapat mengakses ataupun kehilangan data-data penting pada website.

Garansi uang kembali
Asyiknya, DomaiNesia memberikan garansi penuh ketika terjadi gangguan pada website kita. Pihak DomaiNesia pun mengatakan akan mengembalikan uang kita apabila ada pelayanan yang kurang memuaskan.

Passionate Support
Ini dia yang sudah aku rasakan, fitur customer service yang fast respond, ramah dan bersahabat. Mereka akan membantu kita ketika kita bingung tentang website. Tanyakan saja pada mereka, pasti dibantu kok!

Instan Deploy
Terakhir adalah fitur Instant Deploy, yang dapat membuat website hanya dengan sekali klik saja. Seperti yang aku lakukan sebelumnya, kita cuma memilih web apps, kemudian masukkan domain dan hosting yang kita inginkan, laly masukkan emailserta pasword. Selesai, maka website akan siap digunakan.

https://www.domainesia.com/apps/
https://www.domainesia.com/apps/

Satu yang pasti adalah, untuk kamu yang kurang mengerti tentang koding maupun bahasa pemograman, dengan fitur ini kita bisa membuat website sendiri dari nol tanpa ribet. Fitur ini cocok untuk orang awam, pun untuk orang yang ingin membuat hosting untuk pemula.


Inilah apa yang aku butuhkan untuk mewujudkan mimpiku, sebuah layanan membuat website secara mudah dan praktis, DomaiNesia. Dengan menggunakan layanan serta fitur-fitur yang ada di DomaiNesia, toko online Gochiland akan menjadi kenyataan dan menjadi sebuah tempatku untuk berkreasi mengasah kreatifitas, pun mencari rejeki. Mari sikapi kemajuan jaman dengan hal-hal yang positif.

Inilah seribu cerita dibalik satu mimpiku, 
terimakasih DomaiNesia.


CONVERSATION

2 komentar:

  1. Diko...mau pesen gochinya donkkkk

    ReplyDelete
  2. waaaaa,,,, seru banget infonya,, bisa untuk bahan pertimbangan bikin web untuk toko baju aku. Btw,, gochiland sudah buka kah?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)