Afternoon Tea yang Menyenangkan

Afternoon Tea yang Menyenangkan

Satu fakta menarik tentang teh yang perlu kita tahu adalah teh bisa menurunkan hormon stres. Kenapa bisa gitu? karena dibalik secangkir teh tersimpan senyawa amino thenine yang terbukti dapat menenangkan syaraf dan otak dari tekanan stres. Sudahkah kamu menyeduh teh hari ini? jika belum, monggo baca artikel ini sampai habis dan semoga menambah wawasan seputar dunia teh. Cheers!
 ----


Jujur aku tipe orang yang jarang minum teh, bisa dihitung pakai jari tangan dalam sebulan berapa kali minum teh. Menurutku, teh cuma sekadar minuman basa-basi kalau sedang bertamu dan engga terlalu "perlu" buat kebutuhanku. Namun ternyata aku salah. Banyak sekali khasiat dan manfaat dibalik secangkir teh yang selalu aku anggap remeh. Dimulai dari acara Afternoon Tea hari sabtu kemarin, sampai akhirnya aku tahu tentang teh, dan benakku berkata, "kemana aja lu Diko!"

Afternoon Tea yang aku hadiri adalah acara dari Verve Bistro & Coffe Bar bersama dengan Gryphon Tea Company, dengan dihadiri oleh mayoritas perempuan-perempuan aktif di kota Semarang. Bayanganku sebelum datang ke acara ini adalah, meja-meja panjang dengan ornamen cantik ala british  dengan banyak bunga di setiap sudut meja mirip party tea-nya Alice in Wonderland. Setelah datang ke lokasi acaranya, ternyata mirip seperti bayanganku. Semerbak aroma rempah-rempah langsung menyerbu hidung, membentuk sensasi wangi yang menyenangkan.


Lebih lengkapnya mari simak video footage selama acara ini berlangsung :

A post shared by DIKO 😎 (@handikoo) on



Karena Teh adalah Jawaban

Mari kenalkan Gryphon Tea Company. Brand luxury ini dari perusahaan teh LIM LAM THYE Singapura dengan pengalaman bisnis lebih dari 30 tahun yang berfokus dalam dunia teh, dan Gryhpon Tea hadir dengan mencoba sesuatu yang unik dan baru. Kalau temen-temen dengar kata teh, pasti bakal terbayang green tea, white tea atau teh-teh yang terdengar mainstream. Ada sentuhan tambahan seperti aroma buah, bunga bahkan sayuran yang terdengar asing dan aneh. Tapi inilah memang keunikan dari teh Gryphon. Unique Taste.


Acara Afternoon Tea berlangsung dengan sesi incip-incip 6 varian rasa teh yang terdiri dari Contessa Grey, Marrakesh Mint, Osmanthus Senca, Nymph of The Nile, White Ginger Lily dan Chamomile Dream. Keenam varian tersebut merupakan perpaduan dari jenis white tea, green tea, black tea dan non caffeine tea yang diwakilkan oleh varian Chamomile Dream. Dan kabar baiknya, keenam varian ini sudah tersedia di Verve Bistro!

Baca juga : Seru-seruan di Verve Bistro & Coffe Bar Semarang

Selain itu setiap teh punya keunikan masing-masing yang terletak pada tata cara penyeduhan yang meliputi; lamanya waktu penyeduhan serta temperatur air minimum yang sebaiknya digunakan. Pada varian Nymph of The Nile misalnya, memerlukan waktu penyeduhan 3-4 menit dengan suhu air panas minimum kurang lebih di 80 derajat celcius. Berbeda halnya dengan Chamomile Dream yang memerlukan waktu penyeduhan hingga 8 menit dengan suhu air panas minimum yang dibutuhkan di 100 derajat celcius. Hal-hal tersebut akan berpengaruh terhadap hasil penyeduhan, rasa dan aroma teh yang bisa dinikmati nantinya.


Is that good?

Selama mengincip semua varian teh ini, aku sempat kaget. Rasa tehnya bener-bener beda sama rasa teh yang banyak dijual di warung-warung. Menurutku, tastenya lebih original, aromanya jauh lebih kuat dan wangi, dan badan jadi segar saat diseduh. Entah, mungkin ini yang dinamakan senyawa amino thenine. Bikin goodmood seketika.

Another shock is, semua teh yang disajikan tanpa gula. Ternyata menyeduh teh yang benar memang tanpa adanya tambahan pemanis, jadi benar-benar autentik dari rempah-rempah teh tersebut. Rasanya? Menurutku hambar dan ada sensasi sepet, but surprisingly, nagih!



Loh, minum teh banyak berkali-kali dalam sehari memang boleh? Satu kekhawatiran yang mengganggu selama di acara ini. Faktanya, teh merupakan minuman dengan bahan alami yang tidak mengandung bahan kimia, sehingga tidak berbahaya untuk dikonsumsi setiap hari. Dengan catatan, engga diminum secara berlebihan ya guys. Dari semua varian teh yang udah aku incip, paling suka sama Chamomile Dream. Aroma bunga Chamomilenya bikin relaks.

Acara Afternoon Tea ditutup dengan mini workshop tentang brushing letter yang dibawakan oleh komunitas Semarang Coret. Sebagai orang yang suka desain, sesi ini bener-bener seru dan asyik! Dimulai dengan ilmu dasar yaitu menggores pena dengan bentuk garis lurus, melengkung, dan macam bentuk lainnya, tidak lupa teknik penekanan pena secara keras maupun lembut. Ternyata, brushing letter itu ndak segampang yang dibayangin!


Sudahkah Kamu Menyeduh Teh?


Dalam acara Afternoon Tea ini yang menarik perhatianku adalah, tentang khasiat di balik secangkir teh. Selain untuk menenangkan syaraf dan otak dari tekanan stres, ada juga seperti ini :

  •     Teh mengandung antioksidan, yang melindungi tubuh dari kerusakan akibat penuaan
  •     Teh dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, orang yang minum setidaknya  dua sampai tiga cangkir teh setiap hari beresiko 70% lebih rendah terkena serangan jantung daripada orang yang bukan peminum teh
  •     Teh melindungi terhadap kanker, antioksidan yang ditemukan dalam teh (Polifenol) bermanfaat untuk melawan kanker.

Jadi, sudahkah kamu menyeduh teh hari ini? Untuk kamu yang berlokasi di Semarang, sempatkan mampir ke Verve Bistro & Caffe Bar karena di sini telah tersedia 6 varian teh dari produk Gryphon Tea Company dengan harga yang affordable price. Yuk, kita afternoon tea bareng!

Post a Comment

  1. banyak sih manfaat teh, tapi lebih ketagihan ngopi nih

    ReplyDelete
  2. Yuk curhat mendalam sambil ngeteh di Verve lagi dek Diko.. hihi

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Author

Handikoo

Hello there!

I'm Handiko Rahman Pebrianto and just call me Diko. Absolutely awkward, proudest of nerd and geek. Serious Blogger.

Semarang, Indonesia.
click here to know more about me (also for partnership)
Contact : Handikorp@gmail.com

Subscribe

Terbaru

Followers