Keliling Wisata di Semarang dan Menginap di Airy Rooms #KapanAjaBisa

Keliling Wisata di Semarang dan Menginap di Airy Rooms #KapanAjaBisa

Salah satu problematika yang kerap dan sering banget ditemuin kalau mau liburan, apa lagi kalau bukan masalah biaya. Ada yang bilang, engga ada duit mending engga usah liburan. Memang ada benarnya juga, karena liburan juga butuh biaya hotel, transportasi dan segala tetek-bengeknya. Beda cerita kalau kamu adalah bu Dendy. Duit tinggal nyoh nyoh nyoh langsung holidey.

Kalau lagi bokek tapi pengen jalan-jalan? Bisa banget, kok. Solusi hematnya adalah jalan-jalan ke suatu tempat yang ada di tempat tinggalmu dan sekitarnya. Biaya yang perlu dikeluarin? Pasti lebih sedikit dan lebih hemat dong. Liburan dapet, have fun dapet dan tentu, dompet terselamatkan.

Mungkin kalian bakal mikir, "ah elah liburan di kota sendiri mah mana enaknya". Padahal, liburan itu kan bukan tentang seberapa mahal tiket wisata atau hotel yang kamu inap. Liburan mah yang penting happy dan bikin bahagia aja. Percuma juga kan, holidey mihil namun hati tidak senang?

Oke, dalam postingan ini aku mau sharing ceritaku jalan-jalan di kota tercinta lalu menginap di salah satu hotel yang menurutku oke dari segi budget dan fasilitas. Sebelumnya, simak video perjalananku dari pagi sampai sore di bawah ini ya. Maafkan muka kucel, yang penting bahagia~



Sebagai anak Semarang yang lahir dan besar di kota ini, ada perasaan senang dan bangga karena kota ini selalu menghadirkan cerita baru di setiap sudutnya. Tentang budaya dan toleransi antar agama, tentang berbagai wisatanya, tentang masyarakatnya yang ramah dan masih banyak lagi. 

Itulah kenapa diriku ini paling heboh sendiri kalau ada teman dari luar kota datang ke Semarang, karena pengen ngenalin ke mereka kalau Semarang itu asyik buat liburan dan banyak hal yang bisa di-explore. Semoga dengan tulisan ini, kalian mau mampir juga ya. :D



Tujuan pertama adalah wisata ikonik Semarang. Berada di daerah tugu muda, berdiri sebuah bangunan megah berlantai dua bernama Lawang Sewu. Dengan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja, kita sudah bisa menikmati keindahan dari bangunan yang memiliki nilai historis tinggi ini. Kebetulan pagi itu cuaca Semarang sedang bersahabat, jadi makin maksimal untuk mengeksplore tempat wisata ini. :D

Bangunan Lawang Sewu menjadi saksi bisu tentang peristiwa pertempuran lima hari di Semarang, dimana rakyat Indonesia berjuang sampai titik darah penghabisan melawan tentara Jepang selama lima hari. Setelah merdeka, Lawang Sewu dialih-fungsikan menjadi perusahaan kereta api swasta di masa pemerintahan Hindia Belanda yang pertama kali membangun jalur kereta api di Indonesia (Itulah kenapa di dalam sana ada banyak kereta bekas).


Coba tebak, ada berapa jumlah pintu di Lawang Sewu? Apakah berjumlah seperti namanya yaitu seribu pintu? Sebenarnya, bangunan ini hanya memiliki 429 pintu saja. Nah, karena saking banyaknya pintu maka dinamakan seribu pintu atau Lawang Sewu. Semoga menjawab rasa penasaran kalian ya~

Masih banyak orang yang berpikir kalau Lawang Sewu itu mistis dan horor. Balik lagi ke mindset masing-masing orang, tujuan Lawang Sewu dijadikan tempat wisata ya karena sejarah yang bisa kita pelajari, bukan untuk hal-hal yang horor. Kalau tujuannya baik, pasti hasilnya bakal baik juga kok. Jadi, kalau kamu mampir sini jangan takut ya. Banyak kok sejarah baru yang bisa kita pelajari di Lawang Sewu. :D


Sekitar 10 menit dari Lawang sewu, aku sampai di wisata kedua yaitu Kota Lama. Lokasi ini sering disebut Litte Netherland lho karena memang banyak bangunan megah berkonsep Belanda yang dikelilingi kanal. Siapkan kamera ya, karena banyak spot-spot yang instagramable!

Di kawasan kota lama ini terdapat tempat peribadatan seperti Gereja Blenduk dan Gereja Gedangan. Selain itu ada juga taman terbuka yaitu Taman Srigunting. Ada juga museum Art Gallery yang berisi hasil karya seni yang dipamerkan, museum 3D trick juga dengan poto-poto ilusi yang seru. Sepanjang aku berjalan, satu yang selalu memikat adalah : cafe dan gedung-gedung dengan desain belanda tempoe doeloe yang cantik. Beberapa gedung sudah dipugar, beberapa masih belum direnovasi.

Sebagai anak yang suka hal-hal berbau vintage, aku girang banget dong waktu nemu ada toko-toko barang antik yang berjejeran. Asli, banyak stuff yang lucu dan masih terawat gitu, bukan cuma barang "bekas" aja. Harganya pun terjangkau, masih bisa ditawar pula. Ada pula jasa sketsa wajah, jasa sewa sepeda dan lain sebagainya. Kalau kamu mau ke Semarang, mampirlah ke tempat ini. Pasti kamu suka!

Setelah puas mengitari Kota Lama, aku beranjak menuju ke China! Eh kok gitu? Karena tempat wisata ini bernuansa China dengan bangunan arsitek bergaya Tiongkok. Perkenalkan, teman-teman namanya adalah Klenteng Sam Poo Kong. Saat menginjakkan kaki di sini, refleks langsung teringat aksi di film-film China. So stunning!
Selain sebagai wisata sejarah, klenteng Sam Poo Kong juga digunakan sebagai tempat ibadah bagi penganut agama Budha, Kong hu cu dan Taoisme. Tenang, pengunjung beragama lain pun tetap bisa menikmati wisata ini. Bahkan di dalam klenteng ini ada mushola untuk ibadah orang Islam. Sungguh indahnya toleransi kebersamaan seperti ini. :')
Oh iya, tiket masuk ke klenteng ini sebesar 3 ribu rupiah saja. Namun apabila kamu pengen memakai baju ala-ala China lengkap dengan aksesorisnya, kamu dikenakan biaya 60 ribu rupiah termasuk jasa poto. Karena bawa uang pas, jadi aku urungkan niat. Tenang, masih bisa poto-poto di banyak spot kok. :D
Menurut cerita, pada jaman dahulu ada Laksamana muda bernama Laksamana Cheng Ho yang sedang berlayar melewati Laut Jawa. Namun di tengah perjalanan, banyak awak kapalnya yang jatuh sakit. Karena khawatir, Laksamana Cheng Ho memerintahkan anak buahnya untuk membuang sauh, agar kapal bisa berlabuh dan awak kapalnya bisa beristirahat.

Kemudian kapal Laksamana Cheng Ho merapat ke pantai utara Semarang dan mendirikan sebuah masjid di tepi pantai yang sekarang telah berubah menjadi sebuah klenteng yang menjadi seperti sekarang ini, klenteng Sam Poo Kong.

Menurut penjaga tempat wisata disini, banyak festival-festival serta acara agama yang hadir untuk menghibur pengunjung loh. Seperti tarian barongsai dan lain sebagainya. Sayang saat saya kesana sedang tidak ada acara apapun. Tips saya, kalau teman-teman ingin berkunjung ke tempat ini, pastikan cari tahu dahulu kapan acara tersebut berlangsung.


Setelah puas jalan-jalan wisata di Semarang dari pagi sampai sore, akhirnya aku memutuskan untuk istirahat satu malam di hotel. Memang capeknya luar biasa, tapi sepadan sama senengnya. Bahagia bisa dapet pengalaman dan ilmu baru hari itu. Misi jalan-jalan dan bahagia : berhasil!

Untuk urusan menginap, aku memakai Airy Rooms. Sebelumnya, banyak yang salah kaprah kalau Airy itu cuma sebatas aplikasi untuk mencari kamar inap, bukan menyediakan kamar inap. Let me tell you, jadi Airy Rooms itu bekerjasama dengan hotel-hotel budget terbaik di seluruh Indonesia yang menyediakan kamar terbaik dengan ciri khas Airy Rooms. Jadi jangan bingung ya, kalau Airy Rooms kok ada di banyak hotel, karena mereka saling bermitra kok. Selain hotel, ada juga tiket pesawat. #KapanAjaBisa

Dua hari yang lalu aku udah pesan kamar terlebih dahulu lewat aplikasi Airy Rooms yang ada di smartphone. Kira-kira penampakan interface seperti di bawah ini :


Karena lagi bokek, makanya milih filter yang termurah HAHA ya gapapa lah ya namanya juga kan liburan versi hemat. Lagian kalau diliat, yang murah udah ada fasilitas yang komplit. Setelah proses mengisi data diri, lalu proses transfer biaya sampai akhirnya e-voucher terbit dikirim lewat email. Cepet, praktis dan engga banyak ini-itu.

Pertama, first impression saat masuk ke kamar Airy Rooms ini adalah kamarnya yang luas dan bersih. Tidak ada sisa kotoran ataupun debu di lantai. Desain interiornya juga unik, ada perpaduan antara modern dan vintage, memberikan kesan yang nyaman dan homey.

Tata letak interiornya pun menurutku pas, dalam artian tidak berantakan dan tertata rapi. Dari segi kenyamanan untuk istirahat, jelas nyaman karena kasurnya empuk dan lebar. Jangan tanya gimana boboknya, sampai ngiler karena saking empuk tuh kasur. But wait, mungkin karena pengaruh capek juga sih jalan-jalan seharian, sampai boboknya pules bener HAHA.
Kedua, surprisingly fasilitas yang diberikan oleh Airy Rooms terbilang komplit lho untuk ukuran hotel budget. Sudah ada AC pendingin ruangan yang bikin sejuk dan nyaman, ada juga TV kabel layar datar untuk segi hiburan. Dua fasilitas ini ada di hotel budget menurutku udah termasuk mewah.

Untuk urusan mandi, tersedia hot shower dan sudah disediakan perlengkapan alat mandi berupa handuk, sikat gigi, odol, shampo, sabun cair dan handuk. Semua dikemas dalam satu pouche warna biru yang lucu dan bisa dibawa pulang. Jadi, kalau misal kamu mau keluar kota ngga perlu bawa perlengkapan mandi karena udah disediakan komplit di Airy. :D



Ini sih yang lucu banget. Jadi ada kotak box warna biru, namanya meal box. Isinya snack-snack yang cukup buat ganjal perut dikala kelaperan melanda malam-malam di hotel. Ada juga air mineral di sebelahnya. Uniknya, semua dikemas dalam kemasan warna biru-biru khas Airy Rooms.

Karena kepo ya kan, akhirnya aku nyobain browsing website Airy Rooms dan baru tahu kalau memang ada 7 jaminan kenyamanan Airy Rooms di setiap kamarnya. Kira-kira seperti ini : 
Sekali lagi, untuk ukuran hotel budget dengan fasilitas utama seperti di atas, bisa dibilang ini lengkap dan komplit. Apalagi fasilitas tersebut juga membantu sekali bagi wisatawan luar kota yang butuh tempat istirahat nyaman dan peralatan yang memadai. Kalo boleh usul, bisa ditambah sandal khas Airy Rooms dengan warna biru yang lucu (dan tentu bisa dibawa pulang) sehingga orang yang suka gratisan macem saya ini makin cintaaa HAHA.

Ketiga, ini pamungkasnya sih karena ya namanya liburan hemat maka biayanya haruslah hemat. Jadi pasti kalian bertanya-tanya berapa sih biaya semalam di hotel tersebut? Jawabannya adalah 97 ribu rupiah saja teman-teman, engga sampai 100 ribuan loh!

Kenapa bisa gitu? Airy Rooms selalu rajin memberikan voucher, diskon maupun kupon dengan syarat dan ketentuan tertentu, yang mana inilah rahasianya. Memang tanpa diskon pun sebenarnya udah murah, tapi dengan diskon jauhhh lebih bisa murah lagi. #PemburuDiskon

Menurutku, dengan harga yang sangat terjangkau dan fasilitas yang lengkap, aku bakal kasih bintang 10 alias rekomendasi buat kalian yang lagi nyari hotel dengan budget murah tapi enggak "murahan".

Sebenarnya, sebelum menginap di Airy Rooms hari itu, aku sudah beberapa kali "langganan" hotel Airy Rooms. Mulai dari kerjaan yang mengharuskan keluar kota, pasti milih Airy buat menginap. Traveling? Tetep Airy Rooms dong. Karena memang, menginap di sini enggak pernah dikecewakan dan selalu puas. Sekarang, aku mau memberikan beberapa tips sebelum kalian booking kamar di Airy Rooms. Pastikan kamu membaca semuanya ya~

1. Sesuaikan Kebutuhan dan Budget
Ada 3 tipe kamar yang ditawarkan Airy Rooms yaitu Airy Premier, Airy Standard dan Airy Eco. Masing-masing dibedakan dari tipe properti kamar. Catatan, meskipun tipe berbeda-beda namun kenyamanan dan kualitas sama-sama tinggi kok.

Airy Premier terdiri dari hotel bintang 4 ke atas, Airy Standard dimulai dengan hotel bintang 1 sampai bintang 3, sedangkan Airy Eco menawarkan kamar berkualitas dari penginapan, residence dan guest house. Mau pilih mana? Sesuaikan kebutuhan dan budget saja.

Airy Eco dimulai dari harga Rp. 150.000 per malam
Airy Standard dimulai dari harga Rp. 200.000 per malam
Airy Premier dimulai dari harga Rp. 400.000 per malam

2. Rajin Cek Promo
Karena seperti yang udah aku bilang sebelumnya, Airy rajin memberikan kupon maupun diskon. Kamu harus rajin juga cek apakah ada diskon yang oke, tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Seperti contoh diskon 50% namun dengan syarat harus pesan hari rabu, atau diskon 20% dengan memasukan kode tertentu.

Tenang, masa booking bisa lama kok. Misal kamu ingin menginap bulan depan, tapi kamu bisa booking dulu dari sekarang. Untuk update selalu tentang diskon dan kupon, bisa kamu cek di sosial media di sini :
Facebook : Airy Indonesia
Twitter : @AiryIndonesia
Instagram : @AiryIndonesia

3. Cek Fasilitas
Memang benar, setiap kamar selalu ada 7 fasilitas kenyamanan. Namun selain itu, masih ada fasilitas lain seperti kolam renang ataupun sarapan gratis yang tidak semua hotel punya. Jadi, misal kamu sedang family trip, lebih oke memilih Airy yang ada kolam renang serta sarapan gratis.

Fasilitas-fasilitas tersebut bisa dilihat di aplikasi Airy Rooms.


Tentu, sangat rekomendasi buat kamu yang butuh hotel terjangkau namun dengan fasilitas yang lengkap. Sudah berkali-kali aku menginap di Airy, sudah berkali-kali pula merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. So far, Airy selalu menjadi pilihan tepat bagiku ketika butuh hotel yang terjangkau. Aku berharap Airy Rooms tersedia di semua penjuru Indonesia. Bukan hanya di kota/kabupaten besar saja tetapi di berbagai lokasi daerah. Bahkan, semoga bisa sampai luar negeri.

Akhir kata, semoga artikel dan video dariku bisa memberikan manfaat buat kalian. Tulis di kolom komentar dong, menurutmu wisata di Semarang itu gimana? Lalu apa pendapatmu tentang Airy? Terimakasih~


Sumber :
Website Airy Rooms https://www.airyrooms.com/
Beberapa informasi Wisata dari Wikipedia.com
Semua foto hasil dokumentasi pribadi 

Post a Comment

  1. Kami juga suka menginap di Airy Rooms, so far selalu puas dengan kualitas pelayanannya. Apalagi Airy Rooms punya sentuhan khas di tiap kamarnya yang berwarna biru muda, warna favorit kami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, Keluarga Biru nginep di kamar dengan ciri khas Biru, hihi. kebetulan itu juga wanra favoritku :D

      Delete
  2. wow mantep banget videografinya gan, btw aku pernah nginep di airy juga pas waktu ke surabaya kmrn, bagussss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe makasih mas, tapi muka saya keliatan kucel. Aku pernah ke airy sby juga, tempatnya unik

      Delete
  3. Pingin ke Semarang lagiii.. Waktu itu pernah ke kana pas anakku masih bayi, jadi gak berani masuk Lawang Sewu.. Hihi.. Nah, kalo nginap di Airy aku belun pernah tapi kalo dari filter termurah aja dapetnya kayak gitu bagus juga ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo mampir semarang, ke lawang sewu bareng dedeknya udah gede pasti sekarang. Iya nih, kalo di range berdasarkan filter termurah bisa dapet yang murah :D

      Delete
  4. Dikooo... thanks yaa udah berbagi...aku mau jalan-jalan ke Semarang... membantu banget nih... hehe

    ReplyDelete
  5. Postingan ini sukses bikin aku pengen jelajah semarang.
    Airy room itu memang recomended banget ya, kamarnya rapi dan bersih. Fasilitasnya juga oke punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo jelajah semarang, ayoooo~
      Iya rekomended :)

      Delete
  6. aku juga pernah nginep di airyroom nyaman dan yang pasti terjangkauuuuu, yes!

    ReplyDelete
  7. Coba airy ah...
    Btw itu kota lama mirip2 kota tua klo di jkrt ya? Aku juga suka sama wisata sejarah :)
    Tulisannya informatif bangeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan coba :)
      Iya mirip-mirip gitu lah, kota tua versi semarang.
      Terimakasih, semoga membantu

      Delete
  8. Kemarin baru coba airy room, ada kolam renangnya, horee

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku belooom pernah dapet airy yang ada kolam renangnya huhu

      Delete
  9. Wah murah ya, 150rb permalan. Saya punya sodara di Semarang, tapi sayang saya belum explore wisatanya, paling cuma ke mesjid agung saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas itu pun kadang ada diskon dan promo. Aku pernah loh dapet permalam cuma 40 ribu :D
      ayo explore lagi mas, saya temenin

      Delete
  10. Berkali-kali nginep di airy selalu puas aku, emang komplit layanannya dan harga terjangkau pula

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Author

Handikoo

Hello there!

I'm Handiko Rahman Pebrianto and just call me Diko. Absolutely awkward, proudest of nerd and geek. Serious Blogger.

Semarang, Indonesia.
click here to know more about me (also for partnership)
Contact : Handikorp@gmail.com

Subscribe

Terbaru

Followers