December 20, 2018

5 Kesalahan saat Berkendara Naik Motor


Spion motor adalah salah satu komponen dari motor yang memiliki peran penting. Spion digunakan untuk melihat kondisi sekitar kamu, apakah kendaraan melaju di dekatmu atau tidak. Keberadaan spion motor bisa membantu memperkecil resiko terjadinya kecelakaan maupun hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

Keamanan menjadi perhatian utama ketika kita berkendara naik sepeda motor. Jika kamu ingin sampai di tempat tujuan dengan selamat, maka kamu harus memastikan keamanan sepeda motor dan membiasakan untuk berhati-hati selama berkendara.

Sayangnya, banyak orang di luar sana yang masih mengabaikan keselamatan mereka ketika berkendara hingga membahayakan orang lain yang ada di sekitarnya. Pengguna sepeda motor di Indonesia ada begitu banyak. Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan sepeda motor untuk berkendara sehari-hari. 

Jika kamu juga termasuk pengguna sepeda motor, maka sebaiknya kamu memastikan diri untuk selalu berhati-hati saat berkendara. Jangan melakukan kesalahan dan kebiasaan buruk yang bisa membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Kesalahan Naik Sepeda Motor

Sebenarnya setiap orang bertanggung jawab atas keselamatan dirinya sendiri. Hanya saja masih banyak yang bertingkah seenaknya sendiri. Ketika berkendara naik sepeda motor misalnya. Ada banyak orang yang ternyata masih melakukan kebiasaan buruk dan kesalahan-kesalahan saat berkendara. Apa saja itu?

Berikut adalah beberapa jenis kesalahan yang biasa dilakukan orang saat berkendara : 

1. Tidak Memeriksa Kondisi Kendaraan
Tidak melakukan pemeriksaan kendaraan saat akan berpergian adalah sebuah kesalahan yang tidak seharusnya kamu lakukan. Pastikan motormu dalam kondisi prima agar tidak membahayakan keselamatanmu ketika berkendara. Periksalah kondisi ban, rem, spion motor, bensin, dan lain sebagainya. Pastikan semua dalam kondisi baik dan aman.

2. Tidak Memakai Perlengkapan Keamanan Diri
Ini adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pengendara sepeda motor ketika melaju di jalanan. Banyak yang tidak memakai perlengkapan keamanan diri seperti helm, jaket, dan sarung tangan. Terutama helm, banyak orang melaju dengan penuh percaya diri tanpa memakai helm. Buanglah kebiasaan ini jauh-jauh karena bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. 

3. Melaju Sesuka Hati
Melaju sesuka hati tanpa memperhatikan batas kecepatan kendaraan adalah sebuah kesalahan besar. Pastikan kamu melaju pada batas kecepatan yang normal. Walaupun dalam situasi buru-buru, keselamatan harus tetap diutamakan. Tetaplah melaju dengan aman pada batas kecepatan yang wajar. 

4. Tidak Mematuhi Peraturan Lalu Lintas
Tidak mematuhi peraturan lalu lintas juga menjadi sebuah kesalahan yang sering dilakukan para pengendara sepeda motor. Peraturan lalu lintas ada untuk ditaati bukannya dilanggar. Mematuhi peraturan lalu lintas juga akan berpengaruh pada keamanan dirimu sendiri dan orang lain yang ada di sekitarmu. 

5. Tidak Berkendara dengan Benar

Kamu bersikap egois di jalanan dan tidak berkendara dengan benar. Misalnya, kamu ingin belok ke kanan tapi tidak memberi isyarat melalui lampu sein. Akhirnya, terjadilah kecelakaan. Hal-hal seperti ini adalah kesalahan yang seharusnya dihindari oleh para pengendara sepeda motor. Pastikan kamu tidak melakukan kesalahan seperti ini ketika berkendara di jalan raya. 

Itulah tadi 5 jenis kesalahan yang biasa dilakukan oleh para pengendara sepeda motor. Bagi kamu pengendara sepeda motor, ada baiknya kamu memeriksa kelengkapan sepeda motor sebelum berkendara. Jika ada bagian yang rusak, coba cari di toko online Bukalapak. Bukalapak menyediakan produk spare part dan aksesoris motor yang beragam seperti ban, spion motor, stiker motor, dan lain
sebagainya.

Post a Comment

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search