January 31, 2019

ASUS Zenfone Max M2 : Smartphone Gaming Impianku!

"Sek, sek, hapeku mau mati. Aku charge dulu yo"

Dengan sigap, tangan kanan merogoh charger di dalam tas. Indikator baterai semakin tak berdaya, tertulis 5 persen dengan warna merah. Perasaan, baru tadi pagi diisi sampai penuh, kenapa siang ini udah sekarat?, batinku sambil tetap mencari-cari charger.

Sementara itu, teman-temanku yang duduk bersebelahan di depanku mulai panik. Sabtu siang itu, aku dan dua sahabatku sedang nongkrong asyik di sebuah kafe dekat rumah. Asyik bagi kami itu : push rank mobile legend! bisa nge-game bareng sambil guyonan dan saling ledek.

"Buruan di-charge, dodol! Tim kita mau mati ini kalo lo enggak main..."

Pet! smartphone milikku langsung tewas. Mereka langsung menatapku tajam. Aku balas senyum pasrah siap kena semprot. Semua gara-gara baterai smartphone yang kupakai ini : boros baterai dan sering nge-lag. Sejak itu, mereka selalu manggilku dengan julukan : Diko si tukang AFK! (singkatan dari away from keyboard, istilah di dunia gamer untuk pemain yang tiba-tiba keluar permainan)

***
Memilih smartphone itu tricky, alias gampang-gampang susah. Apalagi untuk seorang gamer yang butuh gawai dengan spesifikasi yang mumpuni. Jaman now, mobile game makin berkembang. Kalo dibandingkan dengan jaman dulu, perbedaan paling jelas terasa : kualitas grafis makin high definition!

Nah, dengan game-game yang berat itu, kalau enggak diimbangi dengan smartphone yang mumpuni, bisa-bisa pengalaman nge-game jadi momen yang ngeselin. Asli!

Seperti beberapa waktu lalu, aku punya smartphone terbilang "jadul" dari segi spesifikasi. Karena waktu itu mobile legend sedang ngetren, akhirnya aku coba unduh di smartphone itu. Lima menit awal masih berjalan lancar, lalu berakhir nge-lag dan gerakan patah-patah.

Seperti membaca keresahan itu, ASUS meluncurkan lini "smartphone gaming" untuk penggemar mobile game. Setelah heboh dengan seri Zenfone Max Pro M1 pada tahun 2017 lalu, sekarang ASUS merilis dua produk sekaligus yaitu ASUS Zenfone Max M2 dan Max Pro M2 di penghujung tahun 2018.

Tentu, karena smartphone gaming, dua-duanya hadir dengan kombinasi yang aku sebut dengan triple perfect combination : layar lega dan tajam, prosesor kencang serta daya baterai jumbo. Mari aku kupas lebih dalam tentang Zenfone Max M2, smartphone gaming dengan budget bersahabat!

Nama
Asus Zenfone Max M2
Rilis
Desember 2018
Dimensi
158.4 x 76.3 x 7.7 mm (6.24 x 3.00 x 0.30 in)
Berat
160 g (5.64 oz)
Material
Logam
Jenis Layar
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran
6.3 inci (rasio layar ke bodi ~88%)
Resolusi
720 x 1520 piksel, rasio 19:9 (~269 piksel per inci)
Proteksi
Coring Glass Gorilla 6
OS
Android 8.1 (Oreo)
Chipset
Qualcomm Snapdragon 632
Inti
Octa core (delapan inti)
Clockspeed
4×1.8 GHz Kryo 250 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 250 Silver
Internal
64 GB, 4 GB RAM atau 32 GB, 3 GB RAM
Eksternal
microSD, up to 512 GB (dedicated slot)
Kamera Belakang
13 MP, f/1.8, 1.12µm, PDAF2 MP, depth sensor
LED flash, HDR, panorama, 2160p@30fps, 1080p@30fps
Kamera Depan
8 MP, f/2.0, 1.12µmLED flash
HDR1080p@30fps
Bluetooth
4.2, A2DP, LE
GPS
Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
USB
microUSB 2.0, USB On-The-Go
Sensor
Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
Baterai
4.000 mAh (non-removable)
Harga
Mulai dari Rp 2.300.000

***
Hal penting pertama tentang smartphone gaming adalah prosesor. Ibarat mesin, kalo tenaganya kurang kuat bakal berpengaruh sama kinerja dan performa yang lemah. Sama halnya dengan smartphone. Tanpa prosesor yang bagus, aku yakin main game jadi nge-lag dan patah-patah!
Beruntung Max M2 ini mengalami peningkatan dari adiknya, Max M1. ASUS membenamkan chipset Snapdragon 632 besutan Qualcomm yang diklaim menjadi smartphone pertama yang memakai seri terbaru ini. Sebagai informasi, prosesor ini merupakan upgrade dari Qualcomm Snapdragon 625 yang terkenal punya performa tinggi tapi hemat daya dan enggak panas.

Nah, prosesor Max M2 yang memakai chipset terbaru ini mengalami peningkatan 1,75x dibanding seri terdahulunya. Bisa dipastikan, Zenfone Max M2 punya performa lebih kencang namun tetap hemat daya.

Oh iya, jangan lupakan sistem operasi di smartphone ini yang mengusung pure Android Oreo 8.0 yang sangat ringan untuk main game. Mau main PUBG, Mobile Legend, Ragnarok atau game-game "berat" lainnya, hajar bang!

Kedua, pengalaman main game terasa kurang maksimal kalo layar smartphone sempit ataupun warna kurang tajam. Kebanyakan game online sekarang punya pengaturan "tampilan high quality" dan "Mode high frame rate" yang bisa kita atur sendiri seperti mobile legend atau PUBG.

Ketika mode-mode tersebut diaktifkan, maka grafis yang akan ditampilkan warnanya tajam dan berwarna. Gerakan hero juga akan terasa lebih mulus.
Asiknya, layar Zenfone Max M2 berukuran 6,3 inci ini memangkas kehadiran tombol kapasitif dibawah layar (all screen display). Efeknya terasa lebar dan enak dipandang saat main game. Adanya "poni" serta lengkukan 2.5D terlihat futuristik dan kekinian sekali. Rasio layarnya 19:9 dengan resolusi HD+ membuat warna yang ditampilkan semakin hidup.

ASUS datang enggak buat main-main, terbukti dengan dibenamkan Corning Gorilla Glass 6 yang melapisi layar Max M2 ini. ASUS sendiri mengklaim kalo layar smartphone ini punya kualitas tinggi dan lebih tahan goresan.

Mungkin maksudnya gini : saat main game terus kamu kalah, hapenya bisa dibanting untuk meluapkan emosi. Toh, tahan banting bang!

Terakhir adalah : jangan sampai lowbat waktu push rank!
Inilah kenapa Zenfone Max M2 aku sebut sebagai smartphone gaming idaman : daya baterai yang dahsyat! Baterai lithium-polymer dengan kapasitas 4000 mAh ini sanggup memainkan game selama 8 jam non-stop. Selain game, smartphone ini juga bisa bertahan lama juga. Jangan lupakan fast charging yang bisa mengisi baterai dengan waktu yang singkat.

Seperti yang aku bilang sebelumnya, ASUS datang bukan untuk main-main. Brand ini tampak serius menguatkan seri "smartphone gaming" dengan kehadiran penerus pendahulunya, Zenfone Max M2. Bisa dibilang, seri ini sukses memikat hatiku walaupun tanpa embel-embel Pro dibelakangnya.

Budget yang bersahabat, inilah yang menjadi keunggulan Max M2 dibanding dengan smartphone sekelasnya. Kalo kamu pikir harga yang murah bakal dapat smartphone yang biasa aja, salah besar. Smartphone ini punya 3 kombinasi yang cocok untuk para gamers : layar luas, baterai jumbo dan prosesor kencang.
Tahun sebelumnya, aku pernah memakai pendahulunya yaitu Max Pro M1. Aku akui, smartphone ini sangat memuaskan untuk kebutuhan gaming. Jos banget! Semoga tahun ini bisa meminang kakaknya, Zenfone Max M2. Biar apa? Biar nge-game semakin puas dong! (Aamiin)

Kalo kamu, smartphone gaming impianmu kayak apa sih? Tulis komen yaa~



31 Januari 2019
Pukul 10:30 PM
Di suatu kafe kopi dekat rumah

14 comments:

  1. Keren HPnya murah menneh. Ngakak baca awal2 paragraf rodok mendramatisir aku bayangke ne hahaha. BTW Ampun lah aku ini klo urusan grafis mah Handikooooooo da bessst :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe kejadian nyata itu bang, sering dimarahin gara2 hape suka ngelag sama cepet mati haha. Terimakasih mas joe

      Delete
  2. Mantep banget ya kalo punya Zenfone Max M2 ini. Pengen banget ngerasain ngegame lama2 di Max M2 :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak mantap jiwa, tenang ngegame lama soalnya baterai gedee

      Delete
  3. mantap mas,
    Zenfone MAx M2 memang andalan kl buat performa sama baterai. SNapdragin bkin adem
    btw ulasannya padat jelas, mantapp
    sukses mas:)
    salam knenal hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mas, salam kenal ya
      Iya mas, snapdragon seri ini bikin adem nggak ceppet panas jadi enak buat ngegame lama

      Delete
  4. Keren dek, beliin buat dek nuril ya, biar bisa main game hehe

    ReplyDelete
  5. HP anti AFK saat push rank ini. . .asal kuota masih mencukupi aja sih

    ReplyDelete
  6. Wah keren banget ya Zenfone Max M2, memang cocok buat yang suka game tuh hehe

    ReplyDelete
  7. Wah seru banget ya bisa main game sama Zenfone Max M2

    ReplyDelete
  8. Ayo yang suka nge game buruan ganti sama Zenfone Max M2 :D

    ReplyDelete
  9. Keren banget, desainnya juga. Spesifikasinya juga oke wah canggih ya

    ReplyDelete
  10. Wah bagus banget tuh, harganya juga terjangkau dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan :D

    ReplyDelete
  11. Pastinya yang baterainya besar dan fast charging, sama internalnya yang lega.
    Terus harga juga terjangkau di kantong, mas hhehehee
    Sukses Mas Dikoo ^_^

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search