April 24, 2019

4 Wisata Kota Semarang Rekomendasi!


Halo, teman-teman. Apa kabar?

Posting kali ini aku mau cerita tentang tempat wisata terkenal di kota kelahiranku, kota Semarang. Ingat, sebentar lagi lebaran dan pastinya bakal libur panjaaaang. Semoga rekomendasi wisataku bisa jadi pilihan liburanmu besok ya~

Orang bilang Semarang itu kota lumpia alias jajanan pasaran yang berisi rebung. Yap, di Kota ini banyak sekali kuliner khas Semarang, salah satunya lumpia yang rasanya enak. Kalo kamu belum makan lumpia di Semarang, itu artinya kamu belum ke Semarang!

Selain itu, Semarang juga sering dijuluki sebagai kota toleransi. Karena di Kota ini, banyak budaya dan kepercayaan yang beragam. Mereka saling menghormati dan bertoleransi. Aku sebagai orang Semarang juga merasa selalu aman dan damai-damai saja tinggal di sini.

Kota Semarang punya banyak tempat wisata, baik dari segi wisata kuliner maupun wisata religius. Berikut aku ceritakan 4 tempat wisata yang wajib kamu kunjungi saat kamu di Semarang. Check it out!



1. LAWANG SEWU
Wisata ikonik Semarang, dimana lagi kalau bukan Lawang Sewu. Berada di daerah Tugu Muda, berdiri sebuah bangunan megah berlantai dua dengan arsitektur gaya Belanda. Dengan tiket masuk sebesar 5 ribu rupiah saja, kita sudah bisa menikmati keindahan dari bangunan yang memiliki nilai historis tinggi ini.

Dulu, Lawang Sewu menjadi saksi bisu tentang peristiwa pertempuran lima hari di Semarang. Sekarang, bangunan cagar budaya ini dialihfungsikan sebagai museum perusahaan kereta api swasta. Banyak rel kereta api dan informasi di dalam sana.

Karena Lawang Sewu selalu ramai, kalau misal kamu tidak mendapat spot yang bagus karena ramai orang, bisa pakai cara di postingan ini.



2. KAWASAN KOTA LAMA
Sekitar 10 menit dari Lawang Sewu, tiba juga di tempat wisata bernama Kota Lama. Lokasi ini sering disebut Little Nitherland lho karena memang banyak bangunan megah berkonsep Belanda yang dikelilingi kanal. Siapkan kamera ya, karena banyak spot-spot yang instagramable abis!

Di kawasan kota lama ini terdapat tempat peribadatan seperto Gereja Blenduk dan Gereja Gedangan. Selain itu ada juga taman terbuka yaitu Taman Srigunting. Ada juga museum Art Gallery yang berisi hasil karya seni yang dipamerkan, museum 3D trick juga dengan poto-poto ilusi yang seru. Sepanjang aku berjalan, satu yang selalu memikat adalah : cafe dan gedung-gedung dengan desain belanda tempoe doeloe yang cantik. Beberapa gedung sudah dipugar, beberapa masih belum direnovasi.

Satu kata untuk tempat ini adalah : one stop wisata!

Baca juga : Menguji Adrenalin di D'Pongs, Desa Wisata Baru di Semarang 



3. KLENTENG SAM POO KONG
Wisata selanjutnya adalah ke China! Eh kok gitu? karena tempat wisata ini bernuansa China dengan bangunan arsitek bergaya Tiongkok. Perkenalkan teman-teman, namanya adalah Klenteng Sam Poo Kong. Saat menginjakkan kaki di sini, refleks langsung teringat aksi di film-film China. So stunning!

 Selain sebagai wisata sejarah, klenteng Sam Poo Kong juga digunakan sebagai tempat ibadah bagi penganut agama Budha, Kong hu cu dan Taoisme. Tenang, pengunjung beragama lain pun tetap bisa menikmati wisata ini. Bahkan di dalam klenteng ini ada mushola untuk ibadah orang Islam. Sungguh indahnya toleransi kebersamaan seperti ini. :')

Oh iya, tiket masuk ke klenteng ini sebesar 3 ribu rupiah saja. Namun apabila kamu pengen memakai baju ala-ala China lengkap dengan aksesorisnya, kamu dikenakan biaya 60 ribu rupiah termasuk jasa poto. Karena bawa uang pas, jadi aku urungkan niat. Tenang, masih bisa poto-poto di banyak spot kok. :D

Tidak jauh dari situ, ada cafe yang bisa kamu kunjungi untuk melepas dahaga dan lapar setelah puas muter Sam Poo Kong. Baca di postingan ini.



4. VIHARA BUDDHAGAYA WATUGONG
Dari pusat Kota Semarang, Anda dapat mencapai Vihara Buddhagaya dengan perjalanan selama 45 menit dengan mobil ke arah Ungaran, atau jalan menuju Solo – Jogja. Tempatnya mudah diakses, karena berada persis di pinggir jalan raya.

Ikon paling terkenal dari Vihara Buddhagaya ini adalah Pagoda Avalokitesvara atau biasa disebut Pagoda Metakaruna yang berarti pagoda cinta dan kasih sayang. Pagoda ini didirikan untuk menghormati Dewi Kwan Sie Im Po Sat yang dipercaya oleh umat Buddha sebagai dewi kasih sayang. Pagoda Avalokitesvara mempunyai tinggi 45 meter dan terdiri dari 7 tingkat yang menyempit ke atasujuh tingkat ini dimaknakan sebagai kesucian yang akan dicapai oleh pertapa setelah mencapai tingkat ke tujuh. Pagoda Avalokitesvara yang identik dengan perpaduan warna merah dan kuning khas bangunan Tiongkok ini diresmikan oleh MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia pada tahun 2006.

----

Itulah 4 wisata di Kota Semarang yang harus kalian kunjungi kalau mampir di kota ini. Jangan lupa liburan dan piknik, melepas semua beban pikiran dan stres. Oh iya, untuk kamu yang di Jakarta, jangan lupa cek tiket bus Jakarta Semarang dulu. Karena armada bis sekarang sudah nyaman. Selamat berlibur!

8 comments:

  1. Mungkin karena senang sama film Cina klasik bunda pengen bngt mengunjungi klenteng Sam Poo Kong kl ke Semarang. Btw lumpia isi rebung khas Semarang, bukan jajanan "pasaran" tp jajanan pasar elite karena hrgnya agak mahal disebabkan isinya rebung yg memang agak mahal hrgnya.

    ReplyDelete
  2. kota semarang ternyata kental dengan budaya chinese yah, ke semarang beberapa kali tapi belum pernah ke 4 tempat wisata tersebut, next liburan ke semarang lagi pengen kesini jadinya

    ReplyDelete
  3. Wah bagus banget ya tempat wisata yang ada di Kota Semarang. Keren :D

    ReplyDelete
  4. Ternyata di Semarang banyak tempat yang keren ya untuk dikunjungi

    ReplyDelete
  5. Wah ntar kalau ada waktu ke Semarang, kalau bisa mampir nih ke salah satu tempat yang ada di atas

    ReplyDelete
  6. Wah keren kak tempatnya. Foto yang ada juga keren banget

    ReplyDelete
  7. Lawang seru nih bagus banget. Lainnya juga nggak kalah bagusnya kok. Terima kasih informasinya kak

    ReplyDelete
  8. Emang keren banget tulisan Bang Diko, Ilustrasinya juga mantullll

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search