April 17, 2019

Seru-seruan di Acara Ulang Tahun BUMN


Hai semua, teman-teman!

Sebagai informasi, tanggal 13 April 2019 kemarin BUMN mengadakan acara di Semarang dalam rangka ulang tahun yang ke-21. Aku dan temen-temen blogger Semarang diundang ikut merasakan kemeriahan acara tersebut. Mau tau cerita serunya? baca terus sampai selesai~

Acara yang dihadiri sekitar 30.000 keluarga karyawan BUMN yang berasal dari 56 BUMN di seluruh Indonesia dan tamu-tamu undangan berkumpul di Marina Convention Center Semarang. Aku ulang, 30.000 orang! Pasti kebayang dong bagaimana crowded acara itu.

Dimulai dari jam 06.30 pagi, aku dan teman-teman otw dari rumah masing-masing. Sampai di lokasi, muaceet banget. Terpaksa aku harus parkir di jalan yang jaraknya 2 km dari lokasi acara. Setelah parkir, dilanjut jalan kaki. hitung-hitung, olahraga pagi!


Well, walaupun suasana sangat crowded, para peserta tampak tertib dan nggak ada ricuh. Ekspresi antusias pun terpancar dari wajah mereka. Dengan outfit baju dan topi warna putih, sepanjang mata memandang dipenuhi pemandangan lautan ombak putih di pagi cerah itu.


Berjoget Bersama

Acara pagi itu diawali dengan kirab budaya yang menghadirkan berbagai budaya di Indonesia. Salah satunya arak-arakan Warak Ngendok khas Semarang. Warak Ngendok ini berbentuk mahluk berkaki empat yang menjadi simbolik di awal bulan Ramadhan di Kota Semarang. Selain itu ada pula penampilan tarian adat Semarang untuk menyambut para undangan.




Selanjutnya, ada pula kirab yang diikuti oleh berbagai anak perusahaan BUMN yang membawa bendera dan atribut masing-masing. Dengan tagline BUMN yaitu "one family, one nation, one vision to excellence", aku merasakan kebersamaan mereka seperti sebuah keluarga besar. Hangat dan menyenangkan.

Acara dilanjut dengan senam lintas generasi diantaranya SKJ 88, senam poco-poco dan zumba. Semua peserta termasuk aku ikut berjoget ria yang dipandu oleh pendari handal di panggung. Mengawali pagi dengan olahraga! Badan langsung fresh hihi.


Sebuah Kerja Keras

Setelah pemanasan selesai, hadir tamu spesial yaitu Menteri BUMN, Bu Rini M. Soemarno beserta jajarannya dan 52 Direksi serta Komisaris BUMN menyampaikan beribu terimakasih atas kerja keras para karyawan BUMN atas kontribusinya terhadap kemajuan BUMN.



Kontribusi BUMN terhadap penerimaan negara bertujuan untuk mendukung pembangunan. Kontribusi BUMN terhadap penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada 2018 mencapai 422 triliun rupiah, baik dalam bentuk dividen, pajak maupun penerimaan negara bukan pajak. Itu artinya terjadi peningkatan sekitar 19% dibandingkan pada 2017 yang mencapai sebesar 354 triliun. Kontribusi BUMN terhadap penerimaan negara terus tumbuh bahkan dalam empat tahun terakhir rata-rata pertumbuhan tersebut sebesar 11,68%.

BUMN sudah banyak melakukan kegiatan untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat di seluruh Indonesia, terutama melaui kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri yang dilakukan untuk dapat lebih mengakrabkan dan menghangatkan hubungan BUMN dengan masyarakat, sehingga BUMN dapat selalu hadir untuk negeri dan memberi manfaat untuk masyarakat.


Tumpeng Raksasa

Acara syukuran nggak afdol rasanya tanpa tumpengan. Oleh karena itu, di syukuran ulang tahun BUMN menghadirkan tumpeng khusus berbentuk stupa. Bukan tumpeng biasa, karena tumpeng ini raksasa berukuran 6mx6mx4,12m. Berkat ukurannya yang raksasa, tumpeng itu berhasil memecahkan rekor MURI yaitu "Tumpeng terbesar berbentuk Miniatur Borobudur di Dunia".




Tingginya puncak tumpeng ini menggambarkan kinerja BUMN yang terus menanjak.  Berdasarkan data Kementerian BUMN, aset  dari keseluruhan BUMN dalam kurun waktu 4 tahun terakhir atau sejak tahun 2015 hingga 2018 mengalami pertumbuhan rata-rata 12 persen. Pada tahun 2018 lalu, aset BUMN bahkan mencapai Rp 8.092 triliun atau naik sebesar 12 persen dibandingkan tahun 2017. Wuih, keren banget ya!

Selain itu, ada juga rekor baru yaitu "Makan nasi kuning lebih dari 5.800 orang bersama" dan rekor untuk "Transaksi QR Code terbanyak" yaitu sebanyak 50.000 transaksi dalam waktu 5 jam. Kereeen!

Ada pula alat bayar digital hasil kolaborasi BUMN yang diwujudkan dengan aplikasi "LinkAja". Ada sekitar 75.000 merchant yang sudah bergaung dan bekerjasama dengan LinkAja. Ada pula promo cashback di aplikasi ini.

Foto dari Grup Whatsapp, Bu Wati dan Mbak Untari

---

Akhir kata, mengikuti serangkaian acara syukuran BUMN ini membuatku bahagia. Para karyawan BUMN, yang telah mengabdikan jasa mereka untuk Negara, bersatu tumpah ruah di acara ini. Mereka tampak bahagia juga. Aku berharap, BUMN kedepannya dapat lebih maju dan sukses. Aamiin.

2 comments:

  1. Semoga ya, tahun depan masih menjadi tamu undangan HUT BUMN ke 22

    ReplyDelete
  2. Seru juga nih acara BUMN. Sayang kemarin telat banget dapat informasinya padahal di tanggal 13 saya juga lagi di Semarang. ngomongin BUMN, saya harap tahun ini ada rekrutmen BUMN lagi deh.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search