August 22, 2019

Alasan Mengapa Kamu Harus Berhenti Merokok

Rokok merupakan barang yang sangat fenomenal di Indonesia; tidak melihat umur, gender, pekerjaan, bahkan jabatan, rata-rata dari mereka sudah menjadi pecandu dari barang ini. Bagaimana tidak, harga rokok yang murah dengan pemasaran yang sangat mudah serta kurangnya edukasi dini tentang bahaya yang ditimbulkan membuat mereka terus mengonsumsinya dan terus meningkat pesat setiap tahunnya.


Lebih dari 40% penduduk di Indonesia adalah perokok aktif dengan range umur 15-38 tahun. Dengan tingginya persentase tersebut, maka Indonesia masuk ke dalam peringkat empat perokok aktif di dunia. What a number!

Tanpa disadari, saat kamu membakar satu batang rokok,kamu sudah merugikan diri sendiri dan orang lain baik kesehatan ataupun ekonomi. Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin membuatmu yakin untuk berhenti merokok atau berpikir dua kali untuk mulai merokok.

Rokok itu Mematikan

“Merokok membunuhmu.” Kata-kata tersebut sudah terpampang jelas di semua bungkus rokok. Memang benar kata-kata tersebut nyata. Membunuh karena banyak sekali zat berbahaya yang dapat memupuk penyakit di tubuhmu dan orang lain.

Ketika rokok dinyalakan, lebih dari 100 bahan kimia sudah siap masuk ke dalam tubuh perokok aktif. Beberapa bahan kimia utama di antaranya adalah tar, nikotin, arsenik, benzena, karbon monoksida, logam berat, sianida, dan lain-lain. Bahan kimia tersebut dapat mengakibatkan penyakit serius seperti kanker paru-paru, penyakit pembuluh kardiovaskuler dan emfisema.

Namun, beberapa perokok aktif yang bandel tidak memperhatikan tempat saat merokok. Mereka tidak mengetahui akibat yang dapat ditimbulkan pada orang lain dan lingkungan. Perokok pasif atau orang yang menghirup asap rokok  jauh lebih berbahaya daripada perokok aktif.

Setiap orang yang sedang merokok lalu menghembuskan asapnya, asap tersebut mengandung partikel halus dan akan mencemari udara, kemudian akan dihirup oleh perokok pasif baik orang dewasa, ibu hamil, bahkan anak-anak dan membuat tubuh mereka rusak. Penyakit yang paling berbahaya yang dapat ditimbulkan dari asap ini bagi perokok pasif adalah kanker paru-paru.

Merokok Dapat Membunuh Keuanganmu
Selain membunuh diri sendiri dan orang sekitar. Secara tidak langsung, rokok juga dapat membunuh keuanganmu. Padahal, jika kamu berhenti merokok, uang yang dikeluarkan dapat membayar downpayment hunian. Jika dihitung, harga satu bungkus rokok adalah Rp 20 ribu, kemudian dikalikan dengan 731 hari (2 tahun menabung). Maka uang yang akan didapat adalah Rp 14,6 juta.

Nah, dari uang yang telah dikumpulkan, kamu dapat memulai dp hunian, tidak hanya hunian di kawasan penyanggah kamu bahkan bisa membanderol hunian di kota-kota metropolitan dengan ketersediaan hunian terjangkau seperti Semarang, Medan atau rumah dijual di Surabaya.

Menurut Lamudi.co.id banyak rumah di kota-kota metropolitan seperti Semarang, Medan dan  rumah dijual di Surabaya, masih menawarkan harga downpayment yang terjangkau. Semisal untuk rumah dijual di surabaya selatan, Kamu bisa melakukan dp hanya dengan biaya dua tahun berhenti merokok sebelumnya.

Post a Comment

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search