November 8, 2018

Berikut ini beberapa tips perawatan pria yang dapat dilakukan


Seperti halnya perawatan pada wanita, para pria pun perlu merawat kulit dan wajahnya. Nivea merupakan salah satu produk yang dapat menjadi pilihan karena memberikan kelembapan pada kulit. Produk ini ternyata dibuat khusus untuk kebutuhan perawatan pria
Mengapa kulit harus selalu dalam keadaan lembab, alasan diantaranya adalah:
Mencegah keluarnya sebum secara berlebihan
Biasanya orang berpikir bahwa kulit wajah berminyak tidak membutuhkan pelembab wajah. Padahal, kulit wajah berminyak juga membutuhkan pelembab sama seperti jenis kulit lainnya. Saat kelembapan kulit berkurang, tubuh akan merespon dengan mengeluarkan minyak lebih banyak lagi untuk melembapkan kulit sehingga minyak yang dihasilkan wajah akan keluar secara berlebihan.

Mencegah timbulnya strecthmarks
Saat hamil, kulit dibagian perut akan meregang mengikuti besarnya kehamilan. Peregangan kulit ini akan terlihat sebagai strecthmarks setelah melahirkan. Memakai pelembab dibagian perut pada saat hamil akan membuat kulit perut menjadi lebih elastis dan meminimalisir timbulnya stretchmarks setelah melahirkan.

Mencegah timbulnya kerutan
Saat kulit berkurang kelembapannya dan menjadi kering, terjadi proses peradangan minimal pada kulit yang berakhir dengan terpecahnya kolagen yang memicu terjadinya proses penuaan dini dan menimbulkan kerutan pada kulit.

Mencegah kulit terlihat kusam
Pelembab menjadi batas atau barrier agar udara atau polusi tidak langsung mengenai kulit kita yang menyebabkan kulit menjadi terlihat kusam.

Perawatan memang sangat perlu untuk kita lakukan. Umunya yang paling antusias adalah seorang wanita. Namun, siapa sangka jika ternyata pria juga antusias untuk melakukan beberapa perawatan pria  tersebut. berikut ini beberapa tips yang biasa dilakukan para pria sebagai perawatan, diantaranya:
1. Gunakan pelembap
Selain sunscreen, produk kulit lain yang dibutuhkan pria adalah pelembap. Pelembab sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit wajah dan seluruh tubuh (body lotion). Pelembab berfungsi untuk mempertahankan kandungan air pada lapisan kulit yang lebih dalam (dermis). Inilah yang mencegah kulit tampak kering dan kusam, sekaligus mengurangi kerutan di wajah.

2. Cukur sesuai arah tumbuh bulu
Saat ini semakin banyak produk yang menawarkan pisau cukur dengan jumlah mata pisau yang lebih banyak. Padahal, jenis pisau atau silet yang digunakan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh. Yang lebih penting adalah cara mencukurnya. Pastikan kamu selalu mencukur rambut sesuai arah bulu rambut kamu, bukan ke arah sebaliknya.

3. Tidak perlu pakai aftershave
Aftershave memang disarankan untuk mencegah terjadinya infeksi pada area kulit yang dicukur. Namun penggunaan cairan alkohol tersebut hanya diperlukan jika kamu bercukur menggunakan pisau cukur lipat. Saat ini, alat tersebut sudah sangat jarang digunakan.

4. Gunakan air hangat sebelum dan setelah cukuran
Bintik merah yang muncul setelah kamu mencukur jenggot atau kumis, adalah tanda iritasi pada folikel rambut. Membasuhnya dengan air hangat dapat membantumu untuk menguranginya

5. Hindari menggosok kulit wajah dengan handuk
Untuk mengeringkan wajah setelah cuci muka, lakukan gerakan menepuk-nepuk dengan handuk, dan hal tersebut salah satu cara yang digunakan untuk perawatan pria. Jangan mengeringkan dengan cara menggosok, karena ini dapat memicu iritasi pada kulit.

6. Berhenti merokok
Merokok akan mempercepat proses penuaan kulit. Saat kulit terluka, penyembuhannya juga menjadi lebih lama jika kamu merokok. Begitu pun jika kamu mengidap beberapa penyakit kulit seperti psoriasis atau hidradenitis supurativa, merokok bisa membuatnya makin parah

7. Hindari mandi air panas
Saat udara sedang dingin atau setelah semalaman tidur di bawah kesejukan AC, mandi air panas memang lebih menyenangkan. Namun perlu diingat, air yang terlalu panas akan membuat kulit menjadi lebih kering, gatal, dan bersisik. Air panas juga membuang kandungan minyak alami yang terdapat pada kulit. Oleh karena itu, pastikan air mandi kamu bersuhu hangat saja, demi kesehatan kulit.

8. Baca label dengan baik sebelum memberi produk untuk kulit
Hal penting yang perlu tercantum di label produk kulit pria adalah noncomedogenic dan alcohol-free. Sederhananya, noncomedogenic artinya produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori, sehingga kecil kemungkinan untuk menyebabkan munculnya jerawat pada kulit

9. Pentingnya melindungi kulit dari sinar matahari
Bukan karena takut hitam, melindungi kulit dari sinar matahari adalah hal wajib demi kesehatan walaupun jarang sekali disadari apalagi jika perawatan pria, malasnya mungkin bisa dikatakan berlebihan jika dibandingkan dengan seorang wanita. Sinar ultraviolet akan mempercepat terjadinya penuaan pada kulit, misalnya kerutan, dan memicu kerusakan lain pada kulit. merusak kulit. Sinar UV juga dapat menembus kain baju dan jendela, sehingga mengenakan baju lengan panjang saja tidak cukup.

Post a Comment

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search