January 31, 2020

#Review Tumbasin - Aplikasi Belanja Pasar Tradisional Online yang Praktis


"Dek, mau ikut Ibu belanja ke Pasar nggak?"
"Mauuu buk, nanti jajan ya!"

Ekspresi ceria lengkap dengan senyum sumringah langsung tampak di wajahku, ketika Ibu mengajak pergi ke Pasar waktu kecil. Dulu, pergi ke Pasar itu rasanya bahagia banget! Selain karena ngeliat banyak orang-orang jualan dari sayur, buah sampai aneka baju, aku bisa beli jajan sepuasnya. Jajanan Pasar kesukaanku? Onde-onde isi kacang ijo! Ah, kenangan masa kecil yang membekas banget sampe sekarang.

Meskipun kala itu Pasar modern mulai merambah dimana-mana, Ibu tetap setia belanja di Pasar tradisional. Katanya, belanja di pasar tradisional itu lebih asyik! Selain karena harganya lebih terjangkau dan lebih lengkap, itung-itung belanja di pasar tradisional bisa membantu "melariskan" dagangan mereka.

Toh, rata-rata dagangan di Pasar tradisional itu hasil petani lokal. Yang artinya, dengan belanja di Pasar tradisional itu artinya cinta produk dalam negeri. Setuju nggak, guys?



Seiring berjalannya waktu, rutinitas keluarga kami ikut berubah. Sekarang, aku sibuk kerja dan sederet aktifitas bertubi-tubi datang. Sedangkan Ibu, sejak menjadi seorang guru mulai sibuk dengan kerjaannya. Semua kakakku masing-masing sudah berkeluarga dan tidak menetap lagi di rumah. Hanya tinggal Bapak saja di rumah, menikmati masa-masa pensiunnya. How time flies.

Sekarang rutinitas belanja ke Pasar tradisional menjadi sangat jarang bagi kami. Biasanya, untuk makan sehari-hari, keluarga kami lebih memilih beli olahan makanan instan atau bahkan junkfood. Tentu dari sisi kesehatan, ini nggak sehat! Karena tubuh kekurangan asupan protein dan vitamin yang ada di sayur dan buah.


Siapa sangka, sekarang pun ada aplikasi di smartphone yang bisa menjawab keresahan tersebut. Teknologi makin canggih, orang-orang semakin berinovasi. Kalo istilah populernya modern problems require modern solutions. Cuma pakai smartphone yang terkoneksi internet, kita bisa pesan bahan dapur di pasar tanpa keluar rumah. Kenalin teman-teman, namanya Tumbasin.

Berbekal rasa penasaran karena sering denger cerita dari temen-temenku yang sudah belanja di Tumbasin, akupun mencoba pesan sayuran di Tumbasin. Tadaaa, pesananku sudah datang~


Aku pertama kali kenal Tumbasin sejak awal tahun ini. Terhitung masih pengguna baru, namun udah merasakan banyak banget manfaat dari aplikasi ini. Oke temen-temen, kali ini aku mau cerita ke kalian semua tentang Tumbasin. Semoga bermanfaat dan selamat membaca!





Tumbasin adalah sebuah aplikasi belanja online yang menghubungkan pasar tradisional dengan pembeli. Kata Tumbasin berasal dari bahasa Jawa yang artinya membelikan. Gampangnya, kita cuma perlu pesan dan bayar saja. Urusan ke pasar, sortir barang dan antar pesanan, semua dilakukan oleh pihak Tumbasin. Se-simple itu!

Start up kreatif ini adalah karya pemuda Semarang bernama Bayu Mahendra selaku CEO Tumbasin serta 3 temannya yaitu Fuad, Arya dan Tri. Berawal dari keresahan mereka tentang Pasar tradisional yang mulai tergerus pamornya dengan pasar-pasar modern, serta kesulitan pedagang Pasar tradisional memasarkan produknya, terciptalah start up Tumbasin ini. Salut!

Percaya nggak, sesuatu yang baik akan berjalan dengan baik juga? Salah satunya Tumbasin. Didirikan sejak tanggal 1 April 2017, Tumbasin mendapat respon baik oleh warga Semarang. Buktinya, sampai tulisan ini dibuat, aplikasi Tumbasin sudah diinstal sebanyak 10 ribu lebih pengguna.

Loh, kok cuma warga Semarang aja? 
Karena saat ini Tumbasin ingin berfokus di Kota Semarang. Tumbasin sudah bekerjasama dengan 4 pasar yang ada di Semarang. Kedepannya, Tumbasin berusaha menjangkau lebih banyak lagi Pasar tradisional di Kota Semarang agar Pasar tradisional makin hidup. Mari kita doain bareng guys, AAMIIN!



Banyak banget hal-hal menguntungkan yang bisa diambil dari Tumbasin. Dengan adanya aplikasi ini, gaya hidup (lifestyle) menjadi lebih praktis dan mudah, nggak perlu repot keluar rumah untuk belanja di pasar. Dan secara nggak sadar, dengan belanja di Tumbasin, kita ikut andil untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal, mulai dari pedagang kecil, petani lokal dan juga kurir pengantar. Semuanya berkesinambungan jadi satu dan saling untung.

Mungkin kalian yang sedang baca ini, bakal tanya, "cara ordernya gimana?"
Oke, sekarang aku bakal jelasin ke kalian step-by-step cara belanja di Tumbasin. Pertama, dimulai dulu dari :




Aplikasi Tumbasin bisa diunduh secara gratis di Google Playstore. Ukurannya kurang lebih 4 mb saja. Terbilang ringan dan tidak memakan memori penyimpanan. Oh iya, sebagai informasi, sampai detik ini tulisan dibuat, aplikasi ini hanya ada di platform android saja. Kedepannya, Tumbasin berjanji akan bisa diunduh di platform iOS.

Setelah instal, kamu bisa registrasi dengan dua cara : pertama, dengan sign-in menggunakan akun goggle. Kedua, dengan cara daftar lewat email. Pilih sesuai kebutuhanmu masing-masing. Beres? Lanjut tahap berikutnya yaitu :




Ketika sudah masuk, kita disambut dengan tampilan interface dengan dominan warna merah muda dan putih. Kesannya segar dan enak dipandang mata. Pertama masuk akan muncul pilihan 4 pasar yaitu Pasar Karangayu, Pasar Peterongan, Pasar Pedurungan dan Pasar Bulu. Pilih bebas sesuai kebutuhanmu. Kalo aku selalu pilih Pasar Peterongan karena yang paling dekat dengan rumah.

Selanjutnya, kita akan masuk ke halaman utama berisi pilihan barang-barang di pasar. Barang dikategorikan sesuai dengan jenis kategorinya yaitu sayuran, lauk pauk, bumbu, seafood, sembako, jajanan dan buah.

Oh iya, aku sempat terkejut saat pertama kali pake Tumbasin karena : barangnya selengkap yang ada di Pasar tradisional! Bahkan, kamu bisa nemuin bahan seperti kerupuk aci, bumbu rica-rica ataupun kerang hijau dan juga jajanan pasar seperti arem-arem, cenil dan jajanan lainnya!



Tampilan list barang belanjaan cukup simple dengan jarak dan tombol yang lebar, cocok untuk kebutuhan orangtua. Sebagai informasi, Tumbasin memiliki personal shopper yang bertugas untuk berbelanja ke Pasar sesuai pesananmu, dan mereka sudah terlatih untuk memilihkan produk terbaik lho buat kamu!

Satu nilai plus yang aku suka dari pelayanan Tumbasin adalah : layanan klaim garansi! Jadi, jika kamu nggak puas dengan kualitasnya, Tumbasin akan menggantinya di hari yang sama. Sejauh ini aku selalu dapat barang yang berkualitas, sayur dan buahnya masih segar. 




Setelah memilih barang, saatnya mengisi data pengiriman pesananmu. Pastikan isi dengan benar dan lengkap agar membantu driver menemukan lokasi pengiriman. Oh iya, seperti personal shopper, driver Tumbasin juga dipilih yang terbaik dan sudah terlatih dengan baik.

Selanjutnya adalah pembayaran. Ada dua metode pembayaran. Pertama, dengan membayar tunai kepada driver saat pesanan datang. Kedua, dengan transfer melalui bank yang tertera. Aku selalu pakai metode tunai, biar bisa ngasih sedikit tips untuk driver-nya yang ramah-ramah. Oh iya, sekarang Tumbasin sudah menerapkan sistem nota digital yang dikirimkan melalui email.


Nah, uniknya setiap kita memesan barang maka akan ada chat dari Customer Service dari pihak Tumbasin akan konfirmasi pemesanan dan juga estimasi waktu pengantarannya. Kita pun bisa menanyakan hal-hal tentang Tumbasin atau kendala saat melakukan proses pemesanan. Seperti saat itu, aku salah pesan dan ternyata direspon oleh CS Tumbasin dengan baik dan cepat. Problem solved!

Jika ada pertanyaan seputar Tumbasin, kamu bisa hubungi email tumbassemarang@gmail.com atau langsung hubungi ke nomor 082242861268 (Whatsapp). Mereka siap melayani!



Sebagai informasi, kamu bisa belanja kapanpun asal dengan catatan pesan barang sebelum pukul 12.00 malam. Driver akan datang membawa pesananmu keesokan harinya antara pukul 06.00 sampai pukul 10.00 pagi. Oh iya, apabila barang yang dipesan ternyata stok habis atau tidak ada, maka uang akan dikembalikan sesuai dengan nominal harganya saat driver mengantar barangmu.



Halo pemburu promo, mana suaranyaaaaa?
Kabar baiknya, Tumbasin selalu memberikan promo-promo menarik setiap bulannya!


Masih inget betul, akhir tahun lalu tepatnya bulan Desember, grup Blogger Semarang yang sebagian besar isinya adalah emak-emak, sedang heboh karena promo Tumbasin! Coba bayangin, promonya menarik banget! Nggak tanggung-tanggung, dengan belanja 100 ribu dapet gratis beras premium 1kg + telur 1/4kg + Gratis Ongkir. Sampai-sampai aku bingung, Tumbasin kok baik banget?

Aku kasih tahu ke kalian : tumbasin tuh promonya selalu berbeda-beda tiap bulan! Mereka akan update info promo tersebut melalui aplikasi, website dan sosial medianya. Ngomongin tentang sosial media Tumbasin, udah tahu belum kalo konten mereka juga menarik untuk diikuti? Coba kepoin deh!



Dengan konsep minimalis dan tertata rapi, sosmed Tumbasin menyuguhkan konten yang fresh dan nggak ngebosenin. Uniknya, kadang ada sisi hiburannya seperti tebak-tebakan ada pula sisi edukasi seperti informasi tentang masakan, fakta tentang sayuran dan lain sebagainya. Tumbasin juga sering mengadakan event-event menarik loh, pantengin terus sosmednya! (https://www.instagram.com/tumbasin.id/)




Tahun 2020, Tumbasin telah berumur 3 tahun. Selama perjalanan itu, mereka disambut dengan apresiasi yang positif oleh warga Semarang. Bisa dibuktikan dengan testimoni yang diberikan kepada pelanggan, juga rating sebesar 4,5 bintang yang diberikan di Google Playstore membuktikan kalau Tumbasin memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kota Semarang.

Pak Hendrar Prihadi, Walikota Semarang beserta jajaran kepala dinas dari Pemkot Semarang pun mengapresiasi karya anak muda Semarang ini. Tanggal 20 Januari 2020 kemarin, Walikota Semarang melakukan penandatanganan MOU pemasaran produk lokal Kota Semarang melalui aplikasi Tumbasin. Wah, patut diacungi jempol!



"Loh dek, kok ada belanjaan dari Pasar? abis belanja yah?"
"Nggak kok Bu, ini pesen lewat online. Namanya Tumbasin. Canggih ya Bu..."


Ibu terheran-heran melihat hasil belanjaan di atas meja. Ada rasa sedikit nggak percaya karena ada layanan belanja di Pasar tradisional secara online. Jaman sudah berubah, era semakin canggih dan inovatif. Imbasnya? sangat membantu dan memudahkan gaya hidup kita.

Selama berbelanja di Tumbasin, aku merasa puas banget! Dari segi kemudahaan saat memproses pesanan, transaksi pembayaran, kualitas barang, layanan driver dan juga harga yang terjangkau. Juga, sampai sekarang belum pernah menemukan barang belanjaan yang kualitasnya jelek, semuanya bagus! Dari segi packing dan kemasan pun sangat rapi dan bersih.



Harapanku kedepannya adalah Tumbasin bisa memperluas kerjasama dengan pasar-pasar tradisional yang ada di Semarang. Terimakasih Tumbasin untuk merangkul mereka : para pedagang kecil dan juga petani lokal, sehingga mengangkat kembali pamor mereka serta pertumbuhan ekonomi mereka. Dan juga driver serta pegawai yang bekerja di Tumbasin.

Sebagai anak muda Semarang, tentu start up Tumbasin ini sangat menginspirasiku untuk memberikan sumbangsih secara nyata kepada kota tercinta, Semarang. Mari apresiasi sebesar-besarnya, kepada start up dengan tujuan yang mulia seperti ini. Sukses selalu!

--

Sumber :
- Website resmi Tumbasin - https://tumbasin.id/
- Instagram Tumbasin - https://www.instagram.com/tumbasin.id/

10 comments:

  1. Jaman now apa-apa serba dipermudah ya mas, salah satunya belanja di pasar nggak perlu keluar rumah cukup pesen lewat hp udah bisa. Keren nih ide start upnya. Kapan kapan coba ah order di Tumbasin mumpung di Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas, berkat teknologi makin maju dan SDM yang kreatif dan berinovasi jadilah start up yang berguna gini. Cus mas coba Tumbasin :D

      Delete
  2. Keceh shayy ga repot2 keluar rumah capek jalan kaki ke pasar beli sayuran cukup di rumah doang pesen lewat hp bisyaaa yaampun canggih banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoihhh makin canggih aja ye kan sekarang tuh, bikin apa-apa jadi praktis. Cus coba shay belanja sayur di rumah

      Delete
  3. Ih bagus. Selalu berharap suatu hari ada minimal satu startup lokal di setiap kota kayak gini, biar orang-orang juga jadi melek digital. Semoga Tumbasin bisa jalan terus dan makin besar, dan semoga diikuti inovasinya oleh pegiat digital di kota-kota sekitarnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju mas, harus ada startup lokal yang membantu perkembangan kota/daerahnya masing-masing. Tumbasin ini bisa jadi contohnya, karena ngebantu banget buat masyarakat Kota Semarang!

      Delete
  4. Ooooh lomba ini to dek yang kemarin km belanja itu, kirain beli di pasar. Bagus yo Tumbasin, ntar ajarin ya dek kalo pas ketemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mbak buat lomba blognya Tumbasin hehe. Oke besok kalo ketemu tak kasih tau caranya

      Delete
  5. Keputusan pemkot Semarang baru-baru ini untuk menjalin kerjasama dengan Tumbasin saya rasa langkah yang tepat.

    ReplyDelete
  6. Gile keren banget, dulu mastah ini sempat vakum ngikutin lomba blog, sekarang kembali turun gunung, wah wah. Bakalan borong juara di lomba-lomba nih... Selamat datang kembali mas.

    -Dari aku, blogger seperjuangan

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search