February 5, 2020

HACKTIV8 Online Program - Inovasi Teknologi di Dunia Pendidikan Indonesia


Indonesia tengah memasuki fase babak baru : revolusi digital atau mengambil istilah milenialnya, Industri 4.0 (bisa dibaca dengan four point zero atau four point O). Pengunaan Internet of Things (IoT), big data, cloud database, blockchain dan sebagainya telah dipastikan mengubah pola kehidupan masyarakat Indonesia. Indonesia tak perlu menunggu sampai satu abad untuk mengalami perubahan era digital, karena sekarang pun itu telah terjadi.

Coba tengok siswa sekolah, misalnya, dengan mudahnya menyelesaikan tugas-tugas sekolah dengan bantuan informasi tak terbatas di internet. Berselancar di dunia maya bagaikan dunia bebas tanpa sekat, dan mereka, para milenial, adalah para pengembara. Mereka menggandrungi perubahan (change), senang terhubung (connected) dan berkomunasi (communicate).

Jadi, tidak etis rasanya membandingkan generasi muda sekarang dengan jaman dulu. Perkembangan dunia digital begitu dinamis, mau tidak mau, siap tidak siap, semua itu mengubah gaya hidup masyarakat tanpa dapat dihindari. Gawai, yang dulu dianggap tabu hanya untuk main game saja, sekarang berubah menjadi metode pembelajaran di Sekolah.



Geografis adalah salah satu dari sekian faktor sulitnya melakukan program pemerataan pendidikan di Indonesia, mengingat Indonesia adalah negara dengan ribuan pulau yang tersebar. Kondisi tertentu seperti di daerah-daerah tertentu, kurangnya kuantitas pengajar serta pembangunan daerah yang kurang maksimal masih menjadi momok yang sulit ditepis.

Modern problems require modern solutions. Teknologi digital mampu memberikan solusi terhadap permasalahan masyarakat Indonesia, terutama di sektor pendidikan. Revolusi industri 4.0 menciptakan kreativitas dan inovasi yang dituang ke dalam teknologi digital, seperti contohnya platform pendidikan berbasis online.

Bermodal gawai yang terkoneksi internet, kita dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Segala macam kendala tentang sarana dan prasarana yang menghambat kita untuk belajar, dapat dipangkas dengan inovasi pendidikan berbasis online. Dan itulah mengapa pentingnya sebuah pendidikan berbasis online di Indonesia : untuk menjadi lebih praktis.



Perkembangan dunia digital begitu dinamis dan cepat, salah satunya di dunia IT (Information Technology). Mengapa demikian? karena bidang ini menjadi tonggak perubahan jaman. Lihat saja sekarang, kebutuhan di bidang IT sangat mendominasi bahkan berpengaruh di bidang lain. Keahlian IT banyak dicari karena kebutuhan perusahaan, baik untuk mengelola sistem, website, database, profil perusahaan, branding dan lain sebagainya. Seperti contohnya menjadi seorang programmer. 

Lalu, apakah terbilang telat bila kita belajar tentang dunia programmer? Apakah bisa belajar itu semua sedangkan kita tidak punya background atau buta tentang bidang itu? Jawabannya... BISA!


Perkenalkan, namanya adalah HACKTIV8. HACKTIV8 adalah program pembelajaran yang berfokus pada bidang IT yang terdiri dari Full Time Program, Part Time Program dan Online Program. Kurikulum telah dirancang untuk membangun keahlian yang langsung bisa diaplikasikan pada perkembangan dunia kerja.

Oh iya, HACKTIV8 ini jua merupakan coding bootcamp pertama di Asia yang tergabung dalam Council on Integrity in Results Reporting (CIRR) loh! CIRR itu standar yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding yang percaya bahwa transparasi dalam memberikan hasil belajar kepada calon siswa adalah hal yang sangat penting.




Satu yang menarik bagiku adalah HACKTIV8 menyediakan paket online program yang sangat fleksibel dengan program pembelajaran 3 bulan, yang berfokus pada bidang programming. Nah, dengan program ini kita bisa upskilling atau memperdalam ilmu tentang programming.

Program ini menyediakan fasilitas 1-on-1 mentorship bersama instruktur berpengalaman di bidangnya dan bantuan community manager akan mempermudah dalam proses belajar. Ada pula fasilitas offline seperti seminar dan event meet-up sebagai penunjang pembelajaran.


Lalu akan muncul pertanyaan seperti, "Apa aja sih keuntungan ikut HACKTIV8 Online Program?". Yuk, simak info di bawah ini :

Sertifikat
Setelah menyelesaikan program, akan mendapatkan sertifikat yang bisa dilampirkan di CV untuk meningkatkan nilai CV. Wih, kapan lagi dapat sertifikat programmer bergengsi seperti HACKTIV8 ini?

Mentor Pribadi
Dalam rangka menguasai materi, peserta akan mendapatkan mentor pribadi yang akan membimbing, memotivasi serta membantu menyelesaikan projek.

Komunitas
Setiap peserta akan tergabung dengan peserta lain dalam group chat untuk mendapatkan informasi tentang projek, informasi event sampai lowongan pekerjaan.

Fleksibel
Peserta bisa mengikuti program tanpa mengganggu kegiatan sehari-hari karena dapat menyusun jadwal program sendiri.



Nah, HACKTIV8 Online Program punya tiga pilihan program belajar yang bisa kamu sesuaikan sesuai kebutuhan dan minat. Tiga program tersebut adalah :


Python for Data Science
Profesi sebagai data scientist nyatanya banyak dicari oleh perusahaan-perusaahn saat ini. Pada program HACKTIV8 Online Program paket ini, peserta akan belajar dasar-dasar Python dan juga practical statistic, cara menyajikan data dengan infografis dan juga membuat sebuah machine learning model menggunakan pemograman Python. Tertarik? Yuk coba klik disini.

React & React Native Program
React & React Native merupakan teknologi Facebook yang sangat populer di Indonesia! Peserta bisa menciptakan sebuah aplikasi yang dapat berjalan di Web dan juga Mobile iOS & Android sekaligus. Program ini akan belajar memahami dasar-dasar React, sampai membuat aplikasi Android & iOS hanya dalam waktu 3 bulan aja! Kalau penasaran, bisa klik disini.

Website Application Development
Pada program ini, peserta akan menjadi seorang Web Developer dalam kurun waktu 3 bulan. Program ini akan belajar tentang dasar programming, modern JavaScript, database, testing sampai mengembangkan program. Setelah lulus, peserta akan memiliki kemampuan membuat web aplikasi. Penasaran? Yuk kepoin dengan klik disini.

Nah, pastikan kamu memilih program sesuai kebutuhan dan minat kamu yah teman-teman. Aku sendiri SANGAT minat untuk online program React & React Native karena dulu saat kuliah di jurusan Teknik Informatika, aku mengambil skripsi aplikasi pembelajaran interaktif untuk mengenal flora dan fauna di Indonesia. Program tersebut lolos 100 besar PKM se-Indonesia tahun 2014.


Tentu, aku ingin mengasah lebih dalam lagi tentang membuat aplikasi mobile, karena banyak kekurangan dari aplikasiku. Dengan mengambil program online di HACKTIV8, aku berharap bisa mengambil program belajar di HACKTIV8 dan jadi programmer yang handal! Aamiin.


Last but not least, HACKTIV8 adalah sebuah program pembelajaran yang berkualitas dengan alumni lebih dari 1000 orang yang berbakat, yang mampu bersaing di era revolusi digital atau industri four-point-zero. Dengan jaringan kerjasama lebih dari 200 perusahaan teknologi di seluruh Indonesia, tentu belajar di HACKTIV8 adalah bekal yang sangat pantas diambil untuk masa depan :)

Tentang program pembelajaran dengan sistem online, menurutku ini menjadi pembelajaran yang menarik dan asyik mengingat kita tak terhalang dengan jarak dan waktu. Efisien dan fleksibel, dua kata tepat yang menggambarkan HACKTIV8 online program.



Sumber :
- Semua materi dan foto diambil dari website resmi HACTIV8 : https://hacktiv8.com/
- Sosial Media resmi HACTIV8 :
  Instagram : https://www.instagram.com/hacktiv8id/
  Twitter : https://www.twitter.com/hacktiv8id/
  Facebook : https://web.facebook.com/hacktiv8id/
  Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCyTOwW6s6zmGGFGmLDkfp2w

3 comments:

  1. Dulu ngangggep jadi programmer tuh keren banget bisa bikin website aplikasi dll, terus bisa ngehack akun juga wkwk. Pengen jadinya ngambil paket belajar di HACKTIV8 :)

    ReplyDelete
  2. KANGEN JADI ANAK TEKNIK INFORMATIKA YA MAS!

    kalo aku sih ngga, soalnya pusing ngoding shayyyy tapi keknya belajar di HACKTIV8 ini enak deh soalnya yg ngajar masi muda-muda jadinya gampang mashok

    ReplyDelete
  3. as always, tulisan dan grafiknya bagus. jadi inget dulu pernah tertarik belajar programing.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search