August 6, 2020

Pengalaman Asyik Cari Kost yang Praktis Tanpa Ribet!


"Dek, yakin mau nge-Kost?"

Begitu reaksi Orangtua-ku dulu ketika diriku memutuskan buat nge-Kost. Keputusan yang random, karena jarak antara rumah ke kampus terbilang nggak jauh-jauh banget. Saat itu aku memasuki ajaran Semester Akhir,  dengan tugas praktikum dan laporan yang menumpuk, belum lagi menyusun skripsi. Pikirku, daripada bolak-balik kampus ke rumah tiap hari dan pulang larut malam, mending aku nge-kost dekat Kampus. Biar lebih praktis dan waktunya nggak habis di jalan!

Selama 7 bulan, aku pernah merasakan hidup jadi anak kost. Kamar seluas 2x3 meter yang jaraknya beberapa langkah dari Kampus, cukup ditempuh jalan kaki 3 menit aja. Jadi ingat, dulu setiap hari makan di warung "burjo" sebelah Kost, dengan menu favorit : oseng-oseng tempe plus sambal korek. Sekali makan 7 ribu, sudah dapat es teh dan kenyang.

Ngomongin tentang kehidupan Kost itu nggak abis-abis, alias banyak banget pengalaman yang nggak terlupakan! Dari yang manis sampai pahit, semua ada. Buat kamu yang sedang atau pernah nge-Kost, atau bahkan mau berencana untuk nge-Kost, kamu berada di blog yang tepat karena kali ini aku bakal ngebahas tentang pengalaman seru cari KOST. 

----


Mari kita bicarakan dari segi enaknya hidup nge-Kost : hemat biaya, hemat waktu dan hemat tenaga. Kombinasi yang kebanyakan orang-orang ambil (bahkan kamu yang baca) saat memutuskan buat nge-Kost. Kamu juga nggak, guys?

  • Pertama, adalah hemat biaya. Pindah ke Kost yang jaraknya dekat dengan Kantor atau Kampus, otomatis akan menekan biaya transportasi dan bisa dialokasikan buat biaya lain. 
  • Kedua, adalah hemat waktu. Jarak yang dekat, tentu berimbas dengan waktu yang lebih efisien, yang sering kita dengar istilah "waktunya nggak habis di jalan". Ya, selain itu menghindari macet di jalan yang memang bikin badmood itu.
  • Ketiga, adalah hemat tenaga. Lokasi Kost yang dekat dengan Kampus atau Kantor bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau bahkan berjalan kaki sampai. Tidak perlu menghabiskan tenaga mencari transportasi umum dan sebagainya.

Selain ketiga alasan itu, enaknya hidup nge-Kost adalah kita dituntut untuk lebih mandiri dan bertanggungjawab. Harus bisa mengurus semua urusan sendiri, dari sisi konsumsi, kebutuhan pribadi sampai urusan Kampus atau Kantor. 

Bagian pahitnya, kadang kita merasakan home-sick atau kangen rumah, apalagi buat kamu yang rumahnya jauh dari Kota tempat Kost. Kadang kita juga dilanda kebosanan yang luar biasa saat lama berada di kamar aja. Hayo siapa yang suka gini?

Itulah suka duka kehidupan anak Kost. Ngomongin tentang duka, juga nggak jauh-jauh dari tempat Kost yang kadang bikin kita nggak nyaman. Dari segi lokasinya yang nggak enak, kamar Kost yang kotor, penjaga Kost yang galak atau bahkan Kost yang angker.

Kalo kamu, apa sih kriteria khusus memilih Kost?

----


Berangkat dari rasa penasaran, aku membuat sebuah survey kecil-kecilan di Instagram Story-ku beberapa hari lalu. Cukup mengejutkan, karena banyak sekali tanggapan dari teman-temanku dengan bervariasi macam jawaban!


Berdasarkan hasil survey kecil-kecilan kemarin, ada 30 jawaban dari 30 orang yang masuk di Instagram-ku. Ini pun sekaligus membuatku berpikir kalo ternyata mencari Kost yang sesuai itu sangat penting! Karena namanya hidup nge-Kost, pastilah kita ingin Kost yang nyaman untuk ditinggali layaknya rumah kita sendiri. 

Dan.... inilah hasilnya yang terangkum menjadi 5 jawaban teratas :


Jawaban terbanyak jatuh kepada.... Harga! Urusan biaya Kost sepertinya banyak orang yang relatable dan sependapat, semakin harganya terjangkau semakin banyak diminati. Kemudian jawaban terbanyak selanjutnya yang cukup di luar dugaan : Kebersihan. Emang siapa sih yang mau tinggal di Kost yang jorok? Pasti semua bakal jawab "nggak mau!"

Jawaban selanjutnya adalah Jarak. Banyak yang mengincar lokasi Kost yang jaraknya dekat dengan Kampus, Kantor ataupun Masjid. Berikutnya Fasilitas yang lengkap dan menjamin kenyamanan anak Kost. Dan jawaban terakhir, masih tentang Kenyamanan namun di sini lebih ke Penjaga Kost yang nggak ribet dan Kost yang nggak angker.

Jujur aku pun saat mencari Kost dulu, mencari Kost yang tempatnya nggak angker, dan Penjaga Kostnya nggak galak (tapi apesnya dapat yang galak hihi).

----

Mencari Kost itu gampang-gampang susah, butuh pencarian yang memakan banyak waktu pun tenaga. Apalagi di masa pandemi sekarang ini, dimana kita diharuskan melakukan protokol kesehatan dengan social disctancing alias jaga jarak. Nah, solusinya? Cari Kost via Online aja!


Semakin berkembangnya teknologi, berimbas juga dengan gaya hidup yang semakin praktis. Salah satunya, mencari Kost cukup dengan smartphone saja. Nah, kali ini aku bakal mengulas 4 platform pencarian Kost berbasis Online yang menurutku terbaik. Selamat membaca~ 





InfoKost.id adalah situs penyedia informasi hunian sewa seperti kamar kost, apartemen dan villa yang pertama hadir di Indonesia sejak tahun 2007. Situs ini bisa diakses di website maupun dalam versi mobile yang bisa diunduh bagi pengguna Android dan IOS. User interface terbilang lancar dan gampang diakses.

Platform pencarian hunian sewa dengan dominan warna biru dan pink ini punya sistem filter yang tergolong lengkap. Bisa menampilkan hasil pencarian dari range harga, lokasi, tipe, daerah dan lain sebagainya. Daftar hasil yang ditampilkan pun bervariasi.





Dengan tagline "Info Juragan Kos-Kosan!" dan logo Bapak-bapak berkumis mengenakan peci ini, BabeKost punya visual yang mudah diingat. BabeKost adalah media online untuk pasang iklan kost, apartemen, villa dan hunian lain secara gratis, mudah dan cepat. Data pencarian yang ditampilkan terbilang lengkap dan bervariasi.

BabeKost ini cukup terkenal di jamannya dulu. Sayang sekali BabeKost belum tersedia melalui aplikasi di smartphone, hanya bisa diakses di laptop saja. Oh iya, satu hal lagi yang bikin tidak nyaman adalah saat membuka melalui smartphone, halaman tidak bisa menyesuaikan ukuran layar. Jadi terkesan tidak mobile friendly.





Jika platform online sebelumnya menyediakan hunian sewa lengkap seperti kamar Kost, Villa dan Apartemen, untuk YukStay.com ini hanya berfokus pada apartemen saja. YukStay.com adalah solusi dari masalah apartemen dan masyarakat urban untuk mencari hunian. Menyediakan gaya hidup baru di kota yang terjangkau untuk semua orang. YukStay.com berfokus pada 2 tipe model apartemen : co-living dan whole living unit.

Dengan dominan warna biru dan putih yang minimalis, website YukStay terbilang nyaman untuk diakses. Tersedia juga aplikasi mobile yang bisa diunduh di Android dan IOS. Kalo kamu mencari Kost yang nyaman dan punya budget cukup banyak, bisa coba memakai YukStay.com



Bentar... bentar... 
RedDoorz kan Hotel bro? Kok punya Kost?


Pasti pertanyaan itu terlintas di benak kalian kan? Yup, RedDoorz kini mulai melebarkan sayapnya di dunia Kost : Kost di RedDoorz. Buat kalian para calon mahasiswa, perantau, ataupun pekerja yang sedang cari Kost, ini adalah kabar baik karena Kost di RedDoorz ini punya banyak kelebihan!

Oke, sebelumnya kalian udah pernah denger RedDoorz? Aku yakin sebagian besar pasti menjawab sudah familier dengan nama RedDoorz. RedDoorz adalah penyedia jasa pemesanan hotel online dengan pertumbuhan terpesat di Asia Tenggara. RedDoorz sendiri sudah memiliki lebih dari 1000 properti di seluruh kota di Indonesia, yang tersebar di daerah. RedDoorz terkenal dengan : hotel murah tapi fasilitas lengkap! (dan memang terbukti, karena aku sering menginap di RedDoorz)

Terus, apasih kelebihan pertama yang ada ada di Kost di RedDoorz? Aku bakal jawab : Pencarian yang gampang!



Pertama, pastikan kamu sudah mengunduh aplikasi RedDoorz di smartphone-mu, bisa melalui Android atau IOS. Tenang, aplikasi RedDoorz terbilang ringan dan nggak menghabiskan banyak space memory smartphone kamu. Setelah kamu membuka aplikasi RedDoorz, maka ada 2 pilihan di tab atas, yaitu Hotel atau Rumah Kost. Pilih pilihan kedua, dan tada... kita sudah berada di halaman pencarian Kost.

Kamu bisa cari Kost berdasarkan lokasi Kota, bisa juga melakukan pencarian berdasarkan "Near Me" atau lokasi terdekat di saat kamu berada. Fitur ini terlihat simpel, tapi buatku penting dan berguna banget. Oh iya, jangan lupa masukkan pencarian berdasarkan tanggal ya. Sebagai catatan : pemesanan Kost di RedDoorz minimal 1 bulan.


Kedua, kamu bisa memilih kost yang kamu inginkan. Sebagai catatan, sampai detik ini sudah ada sekitar 100 properti Kost di 14 Kota di Indonesia dengan fasilitas yang lengkap. RedDoorz sendiri bakal menargetkan Kost di RedDoorz akan tersebar di 50 Kota di Indonesia. Can't wait!

Satu hal yang aku suka dari Kost di RedDoorz adalah sistem yang transparan. Artinya, semua detail tentang fasilitas, lokasi bahkan harga adalah jujur dan sesuai dengan kenyataan. Jadi ngga ada tuh, insiden kita bayar-bayar biaya tambahan lain seperti biaya listrik, biaya PDAM dan lain sebagainya. Kost di RedDoorz ini tanpa biaya tambahan!

Ketika kamu sudah klop dengan pilihan Kost, kamu bisa melakukan pembayaran DP sebesar 10% terlebih dahulu, sisanya bisa dilakukan melalui payment online. Hold on, belum sampai disitu. Setiap kamu melakukan transaksi di aplikasi RedDoorz, kamu bakal dapat poin RedCash yang sangaaaat berguna kalo kamu booking hotel! (RedCash ini semacam poin yang berguna untuk potongan harga/diskon)



Ketiga, adalah poin yang menurutku unik dan beda dari platform lainnya. Namanya "Book free visit", yang artinya kita bisa melakukan survey langsung ke kost yang nanti bakal didampingi oleh tim RedDoorz (dan akan dijelaskan lebih lanjut oleh mereka). Menariknya, kita bisa mengatur jadwal sendiri kapan mau survey, bisa atur dari tanggal sampai jam berapa.

Fitur ini sangat membantu buat kita sebagai calon anak Kost yang nggak pengen ribet nego-negoan atau ribet janjian dengan pemilik Kost, karena kita bisa mengatur jadwal sendiri dan akan didampingi langsung dari pihak RedDoorz. Menarik ya?

----


Mari kita rangkum semua kelebihan Kost di RedDoorz. Dari infografis di atas, menurutku kelebihan yang paling aku suka adalah pengalaman user-interface yang asyik dan gampang dimengerti. Aku pun yakin buat kamu yang sekali coba langsung paham. 

Kemudian kelebihan yang bikin aku tertarik ada di bagian "Book Free Visit" yang sangat berguna buat kita calon anak kost yang nggak pengen ribet saat harus survey Kost yang kita pilih. Karena langsung akan didampingi oleh tim RedDoorz-nya.

Kalo kalian, kelebihan apa sih yang bikin tertarik 
dari Kost di RedDoorz?
Tulis di kolom komentar di bawah ya~



Pssst.... ngomong-ngomong, sosmed RedDoorz sering lho bagi-bagi informasi tentang promo dan diskon yang menarik. Kontennya pun menarik, cus kepoin dan follow akun mereka!

----


Jaman sekarang, teknologi semakin pesat perkembangannya. Imbasnya, gaya hidup jadi makin praktis dan cepat. Salah satunya dalam hal mencari Kost. Dulu untuk cari Kost kita harus muter sana-sini untuk survey, yang memakan banyak waktu dan tenaga. Sekarang, modal internet dan smartphone saja, semua bisa dilakukan hanya dengan duduk di rumah.

Itulah ulasan 4 platform pencarian kost online menurutku yang bisa membantu kamu saat mencari Kost yang praktis tanpa ribet. Akhir kata, semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih sudah membaca~


----

18 comments:

  1. Fix ngeliat kata Burjoan auto kangen magelangan dan orak-arik khas aa' nya hahhaa. Mantab dik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk anak Burjoan juga to mas kamu. Suwun yo udah mampir

      Delete
  2. Kagum ama risetnya. Yang paling bagus ya penataan grafiknya. Ciamik banget. Tipsnya mantap. Sesuai banget buat yang cari kos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas sudah mampir, semoga artikelnya bermanfaat yah :)

      Delete
  3. Keren as usual, tulisan dikemas dengan infografis yang kece dan tulisan yg mengalir. Ini tulisan pasti 2000 kata ya? Saya bacanya cepet sekali ga terasa. Infonya bermanfaat tentang Kost. Good job

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih tepatnya ini 1700 kata mas. Makasih yah kalo kamu suka bacanya hihi jadi semangat nulis lagi. Terima kasih sudah mampir :)

      Delete
  4. OMG so cuteeee gemes liat desainya

    ReplyDelete
  5. Aku suka baca ulasan per-kost-an mu ini Ko. Informatif banget. Desainnya juga menyenangkan.

    ReplyDelete
  6. Keren ndik apik tulisan + desainnya. Bikin berapa hari nih? Tulisannya lengkap informatif juga yo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak hehe. bikin kerangka + riset bahan + desain infografis + nulis butuh waktu 3 hari full hihi

      Delete
  7. Ko baru bisa baca sekarang. Bagus Ko komplit desainnya outstanding banget. Besok kalo pindah kost mau coba ngekost pake RedDoorz. Ajarin ya Ko wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Umam wkwk baru bisa baca sekarang ya. Sip sip pan kapan kalo ketemu tak ajarin Mam

      Delete
  8. Dulu pas kerja, aku pengeeen banget bisa kost biar latihan mandiri gitu, tapi sayangnya ga diijinkan sama Om ku. jadilah aku tinggal di rumah Om ku hingga beberapa tahun, padahal kayaknya asyik ya kost itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe nggak papa mbak justru nginep sama Om malah ngirit uangnya hihi. Iya asyik mbak ngekost tapi pas tanggal tua duit menipis jadi sedih

      Delete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search