August 27, 2020

Si Laptop Bisnis Premium - ASUS ExpertBook B9450 (Part I)


Sebuah perangkat kerja seperti laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, bagi sebagian karyawan perusahaan dan para pebisnis adalah hal yang mutlak! Bayangin aja, dengan aktifitas pekerjaan mereka di kantor yang bertubi-tubi, serta pekerjaan luar kantor atau dinas luar kota, laptop canggih dengan mobilitas tinggi adalah jawabannya.


Selain spesifikasi yang tinggi, ukuran yang praktis dan compact untuk dibawa kemana-mana juga idaman bagi para pekerja kantoran. Dan yang paling penting : fitur keamanan data! Nah, kabar baiknya ASUS baru saja memperkenalkan seri laptop bisnis terbaru mereka, yaitu ASUS ExpertBook B9450!


Sebagai informasi, ASUS juga memiliki laptop untuk kelas bisnis dengan seri "ExpertBook", dan ExpertBook B9450 ini adalah laptop bisnis kelas premium yang hadir untuk para pebisnis yang membutuhkan laptop yang dinamis, mobile dengan keamanan tinggi. Duduk santai dan ambil cemilanmu, karena posting ini akan membahas semua tentang ASUS ExpertBook B9450. Selamat membaca!


----



ASUS ExpertBook B9450 baru saja resmi di-launching online di Indonesia pada tanggal 2 Juni 2020 kemarin. Dengan slogan "The Master of Lightness and Power", laptop premium ini diklaim sebagai laptop bisnis paling ringan di dunia dengan daya tahan baterai sampai 24 jam. Jujur, bagiku sangat mengesankan! Terlebih saat melihat spesifikasi lengkapnya seperti berikut :


  • Layar: 14 inch FHD, Anti-Glare, 16:9, 300 nits
  • Prosesor: Intel Core i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz) / Intel Core i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)
  • GPU: Intel UHD Graphics 620
  • RAM: 8GB / 16GB 2133MHz LPDDR3 onboard (dual channel support)
  • Memori internal: Dual M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 512GB / 1TB SSD (up to dual 1TB)
  • Port: 2x Thunderbolt 3 Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 1x HDMI, 1 x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1x Audio Jack, 1 x Kensington lock slot
  • Kamera: 720p HD camera with microphone; IR camera with Windows Hello Support
  • Koneksi: Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0
  • OS: Windows 10
  • Keamanan: Facial Recognition, Fingerprint
  • Dimensi: 32.0(W) x 20.2(D) x 1.49(H) cm
  • Bobot: 0,870 kg (baterai 33W) / 0,995 kg (baterai 66W)
  • Harga: Rp 27,5 juta hingga Rp 37 juta


Dalam postingan tentang ASUS ExpertBook B9450 ini aku memecah pembahasan menjadi 2 part. Part 1 akan membahas dari segi keamanan, mesin dan audio & video. Sedangkan Part II akan membahas tentang desain, kekuatan dan konektivitas. Sekarang, mari kita bahas dari sisi paling krusial dari laptop bisnis : fitur KEAMANAN.


----




ASUS ExpertBook B9450 memang sejatinya adalah laptop bisnis, bisa dilihat dari serangkaian fitur keamanan kelas enterprise yang sudah memenuhi standar korporasi besar. Mari mulai dengan privasi pengguna, ExpertBook B9450 punya dua opsi login : Fingerprint sensor dan facial recognition sensor. Fitur ini sudah terintegrasi oleh Windows Hello. Jadi, nggak perlu repot mengetikkan password, cukup dengan sidik jari atau wajah kita sendiri.


Keamanan selanjutnya adalah data. ExpertBook B9450 punya fitur untuk mengunci BIOS dan SSD dengan sistem proteksi password. Jika diaktifkan, maka pengguna harus memasukkan password untuk mengakses BIOS atau SSD. Menarik, karena data bagi para pebisnis itu sangat private.





Fitur keamanan berikutnya adalah fitur USB Storage Block. Dengan fitur ini pengguna ExpertBook B9450 harus mempunyai izin dari administrator untuk menghubungkan USB flaskdisk atau penyimpanan eksternal lainnya. Seperti kita tahu, Flash disk bisa saja berisi virus malware yang berbahaya bagi keamanan data. Gokil, karena aku pribadi jarang menemukan fitur ini di laptop lainnya. 


Fitur keamanan lainnya yang patut diacungi jempol : Secure File Shredder. Sesuai namanya, fitur ini untuk menghancurkan file digital hingga tidak bisa dipulihkan dengan metode apapun. Fitur ini bermanfaat agar peretas tidak bisa mengakses data kita yang sudah dihapus.


tes
Foto kiri : sensor fingerprint | Foto kanan : webcam shield


Nggak sampai situ, ada juga keamanan dan privasi ekstra, dengan fitur Webcam Shield. Fitur ini bisa membuat kamera depan ExpertBook B9450 dapat ditutup secara fisik sehingga kamera akan tertutup. Simpel, tapi sangat berguna.


ASUS ExpertBook B9450 dirancang dengan fitur Trusted Platform Module, yang mana aktivitas diproses melalui sistem enkripsi. Di dalam ExportBook B9450 tersimpan sebuah chip khusus yang berisikan RSA encryption key unik yang hanya tersedia dan digunakan oleh satu perangkat saja. Jadi, data yang dienkripsi di ExpertBook B9450 tidak bisa dibaca dan diakses di perangkat lainnya.


----





Perangkat kerja yang tangguh dengan performa kencang, adalah andalan para pebisnis dan pekerja kantoran, sehingga memastikan seluruh kegiatan bisnis dapat berjalan tanpa hambatan. ASUS ExpertBook B9450 dibekali dengan memori berkapasitas besar, pun menunjang proses multitasking. Penyimpanan berkapasitas besar dan mesin yang cepat pun, membuat laptop bisnis terasa "premium" dan di atas rata-rata. Mau tau kenapa? Coba lihat di bawah ini :




ASUS ExpertBook B9450 ditenagai oleh prosesor Intel Core 10th Gen terbaru dengan performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Hadir dengan dua varian, yaitu Intel Core i5-10210U dan Intel Core i7-10510U. Kedua prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 4 core dan 8 thread sehingga sangat mumpuni untuk menunjang aktivitas pekerjaan kantoran. Tentu, prosesor terbaru hadir dengan performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya.


ExpertBook B9450 juga didukung oleh memori berkapasitas yang besar hingga 16GB yang mendukung fitur dual channel, serta dua buah media penyimpanan menggunakan NVMe PCIe x4 SSD dengan kapasitas hingga 2TB. ExpertBook B9450 hadir dengan sistem operasi Windows 10 Pro, yang telah mendukung sistem manajemen IT kelas enterprise.


Kombinasi prosesor yang cepat, memori yang besar dan sistem operasi yang canggih, membuat ASUS ExpertBook B9450 sebagai laptop bisnis yang handal di kelasnya!


Foto ASUS ExpertBook B9450 tampak belakang



Urusan daya tahan baterai, ASUS ExpertBook B9450 bisa dibilang bukan main-main, karena bisa bertahan lama! Ada dua varian baterai : baterai 33Wh yang dapat bertahan 12 jam penggunaan, dan baterai 66Wh yang bertahan sampai 24 jam penggunaan. Aku ulang teman-teman, 24 JAM!!


Inovasi ASUS ExpertBook B9450 tidak hanya sampai disitu, karena laptop ini tersemat layar khusus berteknologi Panel Self Refresh (PSR). Teknologi ini membuat ExpertBook B9450 mengkonsumsi daya jauh lebih rendar dibanding layar laptop pada umumnya. Dengan baterai dan teknologi ini, aku yakin aktivitas mobile di luar kantor nggak perlu repot cari colokan karena baterai tahan lama!


----




Menurut data dari Westuc, sebanyak 54% karyawan di perusahaan besar secara berkala melakukan video conference. Namun, saat video conference masih punya banyak kendala dari segi perangkat yang mereka gunakan. Kendalanya seperti privasi dan keamanan, audio berkualitas buruk dan juga masalah konektivitas. ASUS ExpertBook B9450 bisa menjawab semua itu.


ASUS ExpertBook B9450 mempunyai kamera depan berkualitas, yang dilengkapi berbagai fitur. Kamera yang digunakan adalah IR camera dengan resolusi HD yang sangat mumpuni untuk kegiatan video conference. Selain itu, dari segi keamanan, kamera tersebut mendukung fitur Windows Hello facial recognition sebagai keamanan ekstra. Juga, seperti yang sudah aku tulis di awal, kamera di ExpertBook B9450 dapat ditutup secara fisik untuk menjaga privasi.





ASUS ExpertBook B9450 menyematkan speaker audio yang telah mendapatkan sertifikasi dari Herman/Kardon. Selain kualitas suara yang jernih dan jelas, speaker ExpertBook B9450 juga dilengkapi dengan Smart Amps Chip. Fitur ini dapat mengontrol frekuensi suara secara cerdas untuk mencegah kerusakan fisik pada speaker.


ExpertBook B9450 juga menghadirkan mikrofon yang ditempatkan secara khusus dan dilengkapi dengan 360-degree far field yang memungkinkan untuk merekam suara lebih jelas.  Ada fitur noise cancelling yang bisa meredam suara di sekitar hingga proses video conference tidak terganggu.




Satu hal paling penting saat sesi video conference adalah koneksi internet tetap stabil. ASUS ExpertBook B9450 menyematkan Wi-Fi 6 (802.11ax) terbaru yang memiliki kecepatan transfer data lebih tinggi ketimbang Wi-Fi generasi sebelumnya. Dengan fitur generasi terbaru ini, ASUS ExpertBook B9450 bisa dipastikan menangkap dan mengirimkan sinyal secara lebih stabil.



----


KESIMPULAN


Dilihat dari spesifikasi dan fitur yang disematkan, ASUS ExpertBook B9450 menghadirkan laptop kelas premium yang memang diperuntukkan untuk kebutuhan bisnis. Dari segi keamanan tingkat tinggi, spesifikasi yang canggih dan juga audio & video berkualitas jernih, dan jangan lupakan sinyal yang stabil. Inilah ASUS ExpertBook B9450, hadir siap mengguncang dunia perkantoran~


Baca part selanjutnya di : Si Laptop Bisnis Premium - ASUS ExpertBook B9450 (Part II)


Post a Comment

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search