August 29, 2020

Si Laptop Bisnis Premium - ASUS ExpertBook B9450 (Part II)


Halo, selamat datang di Part II tentang si laptop bisnis premium bernama ASUS ExpertBook B9450. Kalau kamu belum baca part sebelumnya, bisa baca di sini : ASUS ExpertBook B9450 (Part I). Dalam part pertama, aku udah jelasin tentang sisi keamanan tingkat tinggi, mesin canggih dan audio/video berkualitas jernih dengan sinyal yang stabil.


Sebagai informasi, selain seri gaming ASUSROG dan seri lifestyle ASUS VivoBook, ASUS baru saja menguatkan lini seri bisnis dengan sebutan ExpertBook. Dan ASUS ExpertBook B9450 adalah salah satu laptop dengan kelas premium di kelasnya. Inilah alasan mengapa laptop ini sangat cocok digunakan untuk para pekerja dan pebisnis di luar sana yang butuh gawai canggih. Mau bukti? Ini spesifikasi lengkapnya :


  • Layar: 14 inch FHD, Anti-Glare, 16:9, 300 nits
  • Prosesor: Intel Core i5-10210U Processor 1.6 GHz (6M Cache, up to 4.2 GHz) / Intel Core i7-10510U Processor 1.8 GHz (8M Cache, up to 4.9 GHz)
  • GPU: Intel UHD Graphics 620
  • RAM: 8GB / 16GB 2133MHz LPDDR3 onboard (dual channel support)
  • Memori internal: Dual M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 512GB / 1TB SSD (up to dual 1TB)
  • Port: 2x Thunderbolt 3 Type-C, 1x USB 3.2 (Gen1) Type-A, 1x HDMI, 1 x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1x Audio Jack, 1 x Kensington lock slot
  • Kamera: 720p HD camera with microphone; IR camera with Windows Hello Support
  • Koneksi: Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0
  • OS: Windows 10
  • Keamanan: Facial Recognition, Fingerprint
  • Dimensi: 32.0(W) x 20.2(D) x 1.49(H) cm
  • Bobot: 0,870 kg (baterai 33W) / 0,995 kg (baterai 66W)
  • Harga: Rp 27,5 juta hingga Rp 37 juta


----





ASUS ExpertBook B9450 punya tagline yang menarik "laptop bisnis paling ringan di dunia". Dengan bobot seberat 870 gram, ExpertBook B9450 terbilang compact untuk dibawa kemana-mana, sekalipun dipegang dan digenggam dengan tangan. Untuk urusan ukuran, ExpertBook B9450 punya dimensi yang sangat ringkas dengan bodi lebih kecil dari kertas A4 dan tidak lebih tebal dari baterai AA. Lebih tepatnya ketebalan sebesar 1,49cm dengan lebar 32cm dan tinggi 20,2cm. Sangat amat praktis!
 



ASUS ExpertBook B9450 memang laptop yang ringan dan tipis, namun jangan remehkan soal kekuatan bahan yang menyelimuti bodi laptop ini. ExpertBook B9450 menggunakan bahan khusus yaitu magnesium lithium dengan tingkat kepadatan hanya 1,51. Bandingkan dengan magnesium aluminium (tingkat kepadatan 1,81) atau alluminium alloy (tingkat kepadatan 2,69), jelas membuat ExpertBook B9450 terasa ringan namun kokoh. Inilah rahasia di balik julukannya "laptop bisnis paling ringan di dunia"

Selanjutnya alasan mengapa ASUS ExpertBook B9450 terlihat lebih ringkas adalah bezel layar yang sangat tipis. ExpertBook B9450 mengusung teknologi bernama NanoEdge Display dimana memiliki screen-to-body ratio hingga 94%. Layarnya terbentang seluas 14 inci dengan resolusi Full HD. Tentu, ini sangat memanjakan mata bagi pengguna ASUS ExpertBook B9450.




Satu yang menarik perhatian sedari awal melihat ExpertBook B9450 menurutku adalah keypad yang canggih. Teknologi ini bernama NumberPad 2.0 yang jika diaktifkan akan memunculkan angka numerik yang bercahaya. Ketika tidak diaktifkan, akan menjadi keypad dengan dukungan windows precision touchpad.

ASUS ExpertBook B9450 mempunyai desain keyboard yang menawan. Tersemat fitur LED di bawah tombol keyboard yang bercahaya, sangat membantu saat mengetik dengan minim cahaya. Selain itu, keyboardnya juga punya teknologi spill-resistant atau tahan terhadap tumpahan cairan. Seperti kita tahu, menumpahkan cairan di keyboard laptop bisa sangat fatal, namun ASUS ExpertBook B9450 bisa mengatasinya.





ASUS ExpertBook B9450 punya desain yang menarik ketika dilihat, seperti desain ergolift yang inovatif. Ergolift adalah desain yang memungkinkan bodi utama dan keyboard ExpertBook B9450 terangkat saat digunakan dan membentuk sudut 5 derajat. Saat posisi keyboard terangkat, pengguna akan merasakan pengalaman mengetik yang nyaman. Posisi ini pun juga menghadirkan rongga udara ekstra di bagian bawah laptop. Oh iya, ExpertBook B9450 dapat dibuka hingga 180 derajat sehingga bisa berbagi tampilan layar dengan mudah dan cepat.

Dengan teknologi desain yang canggih, serta bobot yang ringan dan ukuran yang compact, dilihat dari segi body, ASUS ExpertBook B9450 adalah laptop bisnis yang sangat tepat untuk pengguna ber-mobilitas yang tinggi. Coba ngacung, siapa yang jatuh cinta dengan ExpertBook B9450 ini?






ASUS ExpertBook B9450 didesain khusus dengan ketangguhan yang bisa diandalkan sepanjang waktu. Untuk memenuhi ekspektasi tersebut, ExpertBook B9450 hadir dengan berbagai fitur yang membuat semakin tangguh. Ketangguhannya pun teruji karena ExpertBook B9450 sudah menerima sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810G)

ASUS ExpertBook B9450 telah lolos dalam serangkaian uji ketangguhan, lebih tepatnya sebanyak 21 jenis pengujian ekstrem. Seperti uji durabilitas port, uji tekanan ekstrem pada bagian layar, uji getaran, uji durabilitas keyboard, uji jatuh dari ketinggian tertentu, hingga uji penggunaan dalam suhu ekstrem. Hebatnya, ASUS ExpertBook B9450 dinyatakan lolos semua pengujian tersebut. Keren ya?




Bodi ASUS ExpertBook B9450 juga dibuat dengan metode CNC milling yang telah dibalur dengan lapisan khusus pencegah korosi. Menggunakan metode Micro-Arc Oxidation (MAO) Composite Coating pada bodi magnesium lithium, menjadikan ExpertBook B9450 terhindar dari efek korosi dan oksidasi jangka panjang.

Sebagai informasi, salah satu yang membuat ASUS ExpertBook B9450 beda dengan laptop sekelas lainnya adalah adanya lapisan anti panas di bagian dalam bodinya. Lapisan anti-panas ini adalah graphite sheet yang dipasang di bawah keyboard dengan fungsi utama mencegah panas berlebihan. Graphite Sheet yang digunakan pun lebih lebar dan menutupi seluruh bagian bawah keyboard. Dengan teknologi ini, panas tidak akan menyebar ke bagian keyboard dan sekitarnya, sehingga pengguna ExpertBook B9450 akan tetap merasa nyaman saat bekerja.

ASUS ExpertBook B9450 mempunyai sistem pendingin dengan tipe Advanced Thermal Module. Hadir dengan dimensi 25% lebih kecil dari sistem pendingin laptop pada umumnya, namun memberikan performa pendingin yang mumpuni. Inilah kenapa ASUS ExpertBook B9450 tetap tampil dengan bodi yang tipis dan ringkas, namun secara performa tetap optimal.




----





Salah satu kebutuhan yang penting untuk laptop bisnis adalah soal konektivitas, dalam hal menyambungkan laptop dengan perangkat lain. ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan fitur konektivitas yang super lengkap namun dengan balutan bodi yang sangat ringkas. Tersedia opsi konektivitas modern seperti USB Type-C, juga legacy port seperti USB Type-A dan HDMI.

Selain itu, ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan konektivitas lain seperti ethernet (LAN) yang bisa digunakan untuk menggunakan adapter khusus melalui port Micro HDMI. Juga, ExpertBook B9450 dilengkapi dengan dua port Thunderbolt 3 yang hadir menggunakan interface USB Type-C. Thunderbolt 3 adalah port berteknologi terkini yang tidak hanya dapat digunakan melakukan transfer data, tetapi juga sebagai 4K display output serta fasilitas pengisian daya.






----

KESIMPULAN

ASUS ExpertBook B9450 datang bukan main-main, laptop bisnis dengan kelas premium ini datang menggemparkan dunia per-laptop-an. Bagaimana tidak, fitur keamanan tingkat tinggi yang disematkan sukses membuat siapa saja jatuh cinta, terutama bagi pekerja kantoran dan para pebisnis yang membutuhkan itu. Dengan tagline "laptop bisnis paling ringan di dunia", ASUS ExpertBook B9450 pantas menjadi primadona di dunia laptop.





1 comment:

  1. spec laptopnya mantul banget, kalau kerja dengan perangkat seperti ini, ga ada lemot lemotnya, pasti semangat

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search