September 28, 2020

Mari Jaga Kesehatan Jantung!


Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Peribahasa yang udah nggak asing di telinga kita semua. Pepatah ini sering aku dengar dari jaman Sekolah Dasar, tepatnya pelajaran Olahraga. Guruku, namanya Pak Bambang (sampe sekarang masih inget wkwk) dulu sering bilang berkali-kali, kalau olahraga itu penting. At least melakukan aktifitas badan. Karena apa? diam-diam, kalau misal badan nggak dijaga, bisa jadi (amit-amit) kita terserang penyakit jantung.

Faktanya, penyebab kematian nomor satu di dunia adalah penyakit kardiovaskuler (penyakit jantung dan stroke). Penyakit ini telah memakan korban sebanyak 17,3 juta orang setiap tahun. Di Indonesia, penyakit ini masih jadi penyebab kasus kematian tertinggi. What a silent killer. Karena penyakit jantung ini datang tiba-tiba, merenggut nyawa. Diam-diam menghanyutkan, serem!

Namun, berita baiknya, penyakit jantung sangat mungkin untuk bisa dicegah. Perlu gerakan bersama-sama dari kita, dari semua lapisan masyarakat, untuk saling mengingatkan orang-orang sekitar untuk selalu aware terhadap penyakit ini.




OLAHRAGA
Tanggal 29 September 2020 ini, seluruh dunia memperingati World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia. Peringatan ini adalah momentum yang paling tepat buat kita untuk lebih aware tentang penyakit jantung. Apa yang bisa kita lakukan? Hal yang paling utama adalah aktivitas fisik.

Melakukan aktivitas fisik membuat jantung berdetak lebih cepat, bikin kamu mengeluarkan keringat dan berapas lebih dalam. Hal ini baik untuk membantu jantung memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan otak. Manfaat kesehatan jantung dari aktivitas fisik jauh lebih besar daripada kemungkinan cedera saat berolahraga.

Terus gimana buat yang nggak sempat olahraga? Kamu bisa lakuin aktivitas fisik yang simpel, seperti memilih naik tangga daripada lift, berjalan cepat di sekitar mall atau menari di ruang tamu, it counts! Inget temen-temen, lebih baik melakukan aktivitas sekecil apapun itu, daripada nggak ngelakuin sama sekali.



MAKAN BUAH ITU PENTING
Selain rutin olahraga yang bagus untuk menjaga produktivitas dan kesehatan jantung, harus diimbangi dengan makan buah. Makanan sehat adalah kunci utama tubuh kita bisa bertahan dari segala penyakit. Berikut aku jelaskan 6 buah yang punya peran besar terhadap kesehatan jantung. 6 buah itu adalah :

Buah Alpukat
Ini buah favoritku! Alpukat banyak mengandung kalium, nutrisi penting yang dibutuhkan oleh jantung. Biasanya aku selalu konsumsi alpukat dengan cara di jus atau kalau lagi males, langsung di makan pakai sendok

Buah Mengkudu
Buah ini terkenal untuk menurunkan tekanan darah. Buah ini juga kaya akan antioksidan yang membantu memperlebar saluran pembuluh darah yang menyempit. Jadi jantung pun lebih mudah untuk memompa darah. Meskipun rasa kecut, tapi manfaatnya gede!

Buah Anggur
Terkenal dengan kaya antioksidan. Mengandung aktioksidan bernama polifenol dan resveratrol, bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah bagi kesehatan jantung. Siapa yang suka anggur?

Tomat
Terkenal dengan peran kalium. Manfaatnya bisa mengurangi serangan jantung dan mencegah tersumbatnya pembuluh darah. Tomat bisa dikonsumsi dengan cara di jus atau langsung dimakan. Pilih sesuai kehendakmu.

Berries
Semua buah berjenis berries seperti stroberi, blueberry dan raspberry, punya peran yang krusial dalam kesehatan jantung. Buah berries kaya akan antioksidan bernama anthocyanin yang bisa melindungi tubuh dari stress oksidatif dan peradangan.

Buah Manggis
Terkenal dengan antioksidan yang super. Kulit manggis (bukan dagingnya) punya banyak manfaat yang baik bagi jantung. Kulit manggis yang sudah di ekstrak mengandung zat xanthones. Zat ini mengandung antioksidan super yang bisa membantu untuk mengobati penyakit jantung. Sekarang pun banyak yang menjual ekstrak kulit manggis dalam bentuk tablet. Mudah didapat dan harganya pun terjangkau.

----



KESADARAN DIRI
Penting untuk meningkatkan kesadaran tentang penyakit jantung, nggak hanya bagi diri sendiri tetapi juga untuk orang-orang sekitar. Kita harus membuka mata selebar-lebarnya, kalau penyakit mematikan ini diam-diam menerkam orang-orang yang tidak menjaga kesehatan tubuhnya. Untuk itu, melakukan aktifitas seperti olahraga dan mengkonsumsi buah itu penting.

Menurunkan beban penyakit kardiovaskular di Indonesia itu tugas kita bersama, peran semua lapisan masyarakat. Sudah waktunya kita berjanji untuk bersama-sama menurunkan beban penyakit kardiovaskular dengan langkah-langkah yang tepat. Ayo, sama-sama kita lawan penyakit kardiovaskular ini guys!


Untuk informasi tentang informasi kesehatan dan gaya hidup sehat, bisa cek di instagram @Sembutopia

1 comment:

  1. waw, karena buah selalu benar. emang bener sik, nggak musim lagi wanita yang sellau benar ya kak. Haha
    Buah ini cara simple menikmati hidup biar tetep sehat, penyeimbang kala badan dipenuhi assupan micin tiap hari.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search