October 30, 2020

Tentang Diko, Dunia Game dan Smartphone ASUS ROG Phone 3


"Welcome to the rumble arena! Ready to fight?"

Suara yang membuat hati berdebar, karena sebentar lagi permainan dimulai! Aku memilih karakter digimon favoritku : patamon. Aku duduk dengan joystick di tangan. Kebisingan ruangan ini selalu membuat adrenalin semakin meningkat; segerombol bocah sebayaku tengah bersorak riuh memainkan game PS favorit mereka. Memang kala itu rental PS1 sangat digemari anak 90-an, termasuk aku dan sahabatku.

Seusai bermain Digimon Rumble Arena sampai maghrib, kami patungan untuk bayar 3 jam main. Satu orang 5 ribu. Kami pulang ke rumah dengan perasaan puas, puas mengalahkan pemain lain. Kami pun sudah siap mental untuk kemungkinan terburuk : dijewer Emak karena pulang kemalaman!

----

Ngomongin tentang game nggak bakalan ada habisnya. Banyak banget memori yang membekas sampai sekarang, yang kalo diinget bikin senyum-senyum sendiri. Dulu, sering ijin ke orangtua buat kerja kelompok, tapi malah bablas ke warnet buat main DotA. Pernah berebut gamebot sama kakak buat main tetris, sampai akhirnya ku banting sampai rusak karena bete. Pernah juga bermain Harvest Moon di rumah sampai tengah malam, sambil ngumpet-ngumpet takut ketahuan Emak.

Kalo diinget-inget, aku pernah melewati jaman-jaman game ini :


Rasanya kangen banget! Apalagi waktu punya tamagochi untuk pertama kalinya. Dulu saking sayang sama tamagochi hadiah dari Bapak, sampai aku pegang kemana-mana, bahkan sampai mandi. Akhirnya tamagochi itu rusak karena kecemplung di bak mandi. Nangisnya 3 hari 3 malam hahaha. Btw, kalian tau tamagochi nggak sih?

Kalo dipikir-pikir, kenapa aku hobi banget main game karena aku orangnya sangat kompetitif! Harus jadi nomor satu di papan highscore setiap game. Harus jadi the ultimate winner. Pokoknya pantang pulang sebelum menang :))

Sekarang jaman udah berubah lebih canggih, pun lebih praktis. Sekarang nggak perlu ribet ke rental PS karena cuma dengan smartphone, bisa main game, yang bahkan tampilan visualnya lebih memukau. Kalo kalian instal apa aja game di HP kalian? Kalo aku kayak gini :


"Welcome to mobile legends. Five seconds until the enemies reach the battlefield. 
Smash them! All troops deployed"

Kalimat intro yang nggak asing bagi para pemain Mobile Legends, atau sering dibilang "EM EL". Sebuah game online yang sedang nge-hits sekarang. Tampilan grafisnya yang enak dilihat, dan banyak pilihan hero (sampai detik ini ada 99 hero!) dengan berbagai skill masing-masing. Bermain game ini butuh kesabaran ekstra, selain bertemu tim yang nggak oke, juga karena sering patah-patah. Yap, aku setting game ini "low" karena keterbatasan smartphone sekarang. Imbasnya, grafis kurang smooth. 

Juga karena keterbatasan memori, aku cuma instal 7 games aja. Selain Mobile legends, Among Us dan Pokemon Go pun jadi game favorit belakangan ini. Selain itu sisanya game offline yang terbilang ringan tanpa butuh grafis yang tinggi.

----

Masih ngomongin tentang game, kalian percaya nggak kalo dulu waktu diriku masih kuliah jurusan Teknik Informatika, saat semester akhir aku bikin skripsi sebuah game android? Sangat nekat, mengingat aku belum terlalu menguasai android studio dan cuma aku satu-satunya yang bikin game di angkatanku. Tapi karena terlanjur suka banget sama games, kenapa nggak sekalian bikin game?

Sampai akhirnya game itu selesai. "The Adventure of Si Modo" - game pembelajaran interaktif pembelajaran fauna dan flora berbasis android. Begitulah judul yang terpampang di cover skripsiku



Game ini juga pernah lolos PKM 2015 dan didanai penuh oleh DIKTI. Rasanya bangga campur senang, karena berawal dari hobi main games, sampai bisa bikin sebuah game dan diapresiasi positif oleh banyak pihak. Jadi kalo ada yang tanya, Diko waktu skripsi bikin apa? Bakal ku jawab dengan pede : bikin game android dong!



Karena posting kali ini spesial tentang game, jadi mari kita bahas tentang hal-hal yang bikin bete selama nge-game di smartphone. Kadang nih, kalau smartphone kita nggak mumpuni secara spesifikasi, pasti pernah mengalami momen seperti ini :


Grrrr.... ngeselin versiku itu waktu main ranked di Mobile Legends, tiba-tiba sinyal ilang karena koneksi yang nggak stabil. Lebih ngeselin lagi kalo tiba-tiba layar jadi laggy dan patah-patah karena overheat dan prosesor yang lemot. Kalo udah gini, beneran deh rasanya pengen banting HP. Kalian yang sering main game online, pasti relate sama hal ini. Ya nggak?

Kalo ngomongin soal smartphone yang handal soal main game, pasti semua tau kalo smartphone ROG adalah jawabannya. Sering dibilang smartphone sultan, karena terkenal dengan spesifikasinya yang sangat tinggi dikelasnya. Emang se-spesial apasih smartphone ROG atau Republic of Gamers dari ASUS ini? Mari, aku jelasin secara lengkap tentang ASUS ROG Phone 3, Smartphone gaming paling powerful di dunia.




ASUS nggak main-main soal smartphone gaming-nya. Terbukti, tanggal 24 September 2020 kemarin, ASUS memperkenalkan smartphone gaming yang paling powerful di dunia, ROG Phone 3. Kenapa paling powerful? Karena smartphone ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, prosesor paling canggih dan tertinggi saat ini. Tentu, sebagai orang yang hobi nge-game, langsung dibuat jatuh hati saat pertama kali liat ini. God, this is sooo awesome!

Nah, sekarang saatnya kita berpetualang ke luar angkasa, menuju dimensi lain dengan segala kecanggihan yang terbenam di dalamnya : ROG Phone 3. Ini adalah sebuah petualangan, dengan 5 level yang harus kamu pecahkan!


Ladies and Gentlemen,
Welcome to Space Rog Phone 3 Adventure

Harap duduk dengan nyaman di kursi kapal angkasa kami. Kita akan menembus dimensi lain, dengan frekuensi dan titik koordinat yang sudah ditentukan. Kita akan melihat secara detail tentang monster paling powerful, bernama ROG Phone 3. Akan ada lima level menunggu kita, untuk itu mari kita menuju level pertama.

----




LEVEL 1 - STRONG (UNLOCKED)

Kekuatan ROG Phone 3 nggak terkalahkan. Dia ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, yang digadang-gadang sebagai prosesor smartphone tertinggi dan tercanggih sampai detik ini. Sebagai catatan, ROG Phone 3 adalah smartphone ultimate gaming pertama yang pakai prosesor ini. Terus emangnya apa sih kelebihan prosesor ini?

Dikutip dari website resmi Qualcomm (di sini), Chipset terbaru Snapdragon 865+ 5G lebih bertenaga 10% dibanding sebelumnya yaitu Snapdragon 865. Chipset terbaru Snapdragon 865+ 5G punya kecepatan clock di atas 3,0 GHz. Bahkan mencetak rekor sebagai platform mobile pertama dengan poin di atas 3.0 GHz! Sudah kebayang belom kekuatannya?



Nggak sampai disitu aja, Snapdragon 865+ 5G sudah mendukung penuh semua fitur Snapdragon Elite Gaming, termasuk Desktop Forward Rendering, Qualcomm Game Color Plus v2.0, dan Qualcomm Game Smoother. Fitur-fitur premium ini gunanya buat meningkatkan pengalaman nge-game, seperti kualitas grafis yang ultra realistis dan kecepatan rame rate setara desktop.

Aku cuma mau ngomong : OKE, INI TERLALU POWERFUL.

Ngomongin memori, ROG Phone 3 mendukung memori LPDDR5 hingga 12GB dan penyimpanan ultra-cepat UFS 3.1 ROM berkapasitas sampai 256GB. Dengan RAM sebesar ini dan ROM selapang itu, bisa dipastikan instal banyak game "berat" sampai puluhan!



ASUS juga menghadirkan fitur X Mode di ROG Phone 3, yang bisa kita atur sesuka hati tingkat performance yang dibutuhkan sesuai game yang dimainkan. Fitur ini sangaaat berguna bagi gamers yang ingin setting game-game "berat" yang butuh performance tinggi tanpa ribet. Selain performance, kita juga bisa mengatur dari segi display (tampilan layar), network (koneksi jaringan) maupun touch (tingkat sensitifitas).

Dikutip dari tulisan mbak Elvina tentang fitur X-Mode (di sini), ada 3 level yang bisa kita pilih, dengan level 3 adalah level tertinggi (dan wajib memakai air cooler). Gunakan dengan bijak ya, karena nggak semua games butuh performance tinggi. Contohnya Among Us, nggak perlu sampai aktifin level 3 karena eman-eman. Tapi balik lagi, terserah kalian. Up to you~


Smartphone gaming... kameranya biasa aja dong?

Tetot! Salah besar, karena ROG Phone 3 punya tiga kamera di belakang dan satu kamera selfie di depan. Kamera utamanya, sebesar 64MP dengan wide aperture sebesar F1.8! Woah, bayangin deh foto dengan pixel sebesar itu! Ada juga kamera kedua berupa ultra-wide 13MP dan kamera ketiga berupa macro-camera. Kamera depan pun nggak main-main : 24MP! Bahkan, kualitas video bisa kita setting sampai 8K. Awesome.

Jujur, ini sangat surprise bagiku karena ku pikir smartphone gaming ROG Phone 3 cuma fokus dalam urusan gaming. Namun dari segi foto dan video sangat mumpuni! Jadi teringat, ada games dengan tipe Augmented-Reality seperti Pokemon Go yang butuh kamera, dan pas banget kalo pake ROG Phone 3.




LEVEL 2 - STUNNING (UNLOCKED)

Smartphone ROG Phone 3 punya layar yang sangat cantik dan mempesona. Dengan layar full-HD AMOLED yang membentang luas sebesar 6,59 inci. Cukup unik, karena smartphone ini tipenya memanjang secara vertikal. Sangat memanjakan mata saat nge-game.

Selanjutnya, ini yang paling epic : ROG Phone 3 dilengkapi dengan layar kencang dengan refesh rate 144Hz dan respon waktu 1ms. Sebagai info, refresh rate itu kemampuan dari layar gadget seperti smartphone untuk melakukan beberapa kali layar me-refresh atau memindai ulang gambar per detik dalam satuan Hertz (Hz). Setauku, smartphone paling canggih yang pernah ku tahu punya refresh rate sebesar 120Hz, tapi ternyata masih ada yang lebih lagi : ROG Phone 3, segede 144Hz! Bisa dipastikan, tampilan visualnya sangaaat halus dan smooth.


Untuk urusan warna, ROG Phone 3 mendukung teknologi 10-bit display dan HDR10+ yang menampilkan konten secara detail dengan warna yang akurat. ROG Phone 3 juga mengadopasi layar dengan nilai Delta E<1 yang artinya, warna yang ditampilkan sangat akurat. Sensasi nge-game pun jadi lebih realistis dan lebih seru kalau warna layarnya cakep gini.

Dari segi keamanan mata, ROG Phone 3 sudah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced. Fitur ini juga bisa meminimalisir efek mata lelah saat terlalu lama menatap layar.


Untuk ukuran, ROG Phone 3 terbilang bongsor namun masih tetap nyaman digenggam. Dengan tebal kurang dari 1 cm dan berat 240 gram, menurutku ROG Phone 3 pas dan enak digenggam baik untuk nge-game maupun bermain media sosial. Bisa dibilang, nggak besar juga nggak kecil : PAS!

Salah satu hal yang menarik perhatianku sedari awal adalah : Aura RGB Lighting. Itu loh, logo dibelakang smartphone yang bisa menyala dengan warna default RGB. Uniknya, kita bisa atur brightness dan rate dari cahaya logo itu, juga bisa diatur blink (kedip-kedip) dengan 4 tipe : static, breathing, strobbing dan color cycle.




LEVEL 3 - BIG POWER (UNLOCKED)

Elemen lain yang nggak kalah penting yang harus ada di smartphone gaming adalah : BATERAI AWET! Dan ROG Phone 3 menjawab persoalan itu. Hadir dengan kapasitas daya sebesar 6.000mAh, ROG Phone 3 tampil dengan sangar. Anti colok-colok charger club!

Selain itu ROG Phone 3 juga menambahkan lebih banyak pengoptimalan perangkat lunak dengan membatasi aplikasi yang tidak aktif, yang bisa memberikan penghematan daya sampai 67% lebih banyak. Terus, berapa lama sih biasanya nge-game sampai daya baterai habis? Coba lihat di bawah ini


Yap, ROG Phone 3 bisa bermain PUBG secara non-stop selama 9,2 jam tanpa charge! Sungguh jumbo sekali kapasitas daya smartphone ini. Bila dibandingkan dengan smartphone yang aku pakai sekarang, paling mentok 2 jam main PUBG, baterai langsung drop jadi 5% hihi.

Oh iya, selain itu ROG Phone 3 punya teknologi bernama Power Saving. Sistem ini memungkinkan kita untuk mengatur sendiri mode penggunaan baterainya. ASUS juga menyediakan mode pembatasan pengisian baterai di ROG Phone 3, sehingga gamer bisa mengisi ulang baterai secara terus-menerus tanpa mengurangi durabilitas baterai secara keseluruhan.




LEVEL 4 - FOR GAMERS (UNLOCKED)

ASUS sedari awal mendesain smartphone ROG Phone 3 khusus buat para gamers agar punya pengalaman nge-game yang asyik, dan memang terbukti dari fitur-fitur yang disematkan sangat membantu para gamers. Salah satunya adalah side charging design tipe USB-C sebagai fasilitas untuk mengkoneksikan aksesoris sekaligus charger. Dengan "colokan" USB yang berada di samping body, gamers tetap nyaman nge-game dengan aksesoris yang menempel ataupun saat nge-charge.

Dari segi audio, ROG Phone 3 membenamkan sistem audio GameFX terbaru, yang menyajikan audio yang kencang dan jernih dari dua speaker stereo yang menghadap depan. ROG Phone 3 juga sudah mendukung teknologi Qualcomm aptX ™ Adaptive yang memberikan kualitas suara audio terbaik dengan minim latency saat menggunakan headphone nirkabel melalui bluetooth. Itu artinya, nggak ada efek delay atau patah-patah saat kita menghidupkan mic untuk bermain game. Seru!

Sekarang mari bahas tentang koneksi. Seperti kita tahu, ROG Phone 3 sudah mendukung koneksi 5G dan WiFi 6 untuk koneksi yang cepat. ASUS juga membenamkan teknologi HyperFusion, agar koneksi semakin stabil dan konstan. HyperFusion akan melakukan pengalihan cerdas dengan memilih sinyal terbaik antara WiFi dan jaringan seluler. ROG Phone 3 juga memiliki beberapa antena untuk memastikan koneksi sebaik mungkin. Bisa dipastikan, nggak ada momen tiba-tiba lag karena koneksi lemot!


Ini yang menarik banget buat gamers. Namanya Airtrigger, yang hadir karena keterbatasan tombol kontrol di smartphone. AirTrigger adalah fitur yang memberikan tombol ekstra pada gamers saat bermain game. Kalian tau joystick tombol R1 R2 L1 L2? Nah, seperti itulah Airtrigger namun ini berada di sisi kanan bodi ROG Phone 3. Fitur ini menarik perhatianku banget dari awal, karena unik dan jarang ada di smartphone lain!

ROG Phone 3 punya fitur AirTrigger yang terbaru yaitu AirTrigger 3 dengan tambahan gesture baru saat bermain game termasuk swipe dan dual-partition button emulation. ROG Phone 3 juga punya motion sensor sebagai kontrol tambahan, yang bisa digunakan dengan cara menggerakan smartphone ke depan dan belakang. Kebayang deh, Sensasi main game bakal lebih seru dengan fitur ini!


Aku itu tipe gamers yang suka aktifin mic dan speaker biar komunikasi satu tim gampang. Tapi masalahnya... mic di smartphone-ku sering noise dan suara jadi pecah-pecah. Terus gimana kalo di ROG Phone 3? Tentu tidak! Karena ROG Phone 3 dilengkapi dengan teknologi noise-canceling quad-mic array untuk meredam kebisingan dan mengoptimalkan kualitas ucapan. Noise di latar belakang pun pastinya akan tersaring, dan suara kita bakal jernih. Keren euy!




LEVEL 5 - EXPERIENCE (UNLOCKED)

"Game yang serius butuh perlengkapan yang serius". ROG Phone 3 memang udah serius dengan kehadirannya sebagai smartphone gaming, namun ASUS masih menyediakan sederet aksesoris tambahan untuk memberikan pengalaman bermain yang jauuuuh lebih... serius. Berikut ini aksesoris terbaru untuk ROG Phone 3 :



ROG Kunai 3 Gamepad
Meskipun ROG Phone 3 udah menyediakan fitur AirTrigger 3 sebagai tombol ekstra saat bermain game, ASUS juga menyediakan controller fisik bernama ROG Kunai 3 Gamepad. Controller ini hadir dengan desain baru yang lebih kokoh sekaligus fleksibel, juga mendukung fitur key mapping.

ROG TwinView Dock 3
Aksesoris ini menggunakan dua layar sekaligus untuk pengalaman bermain game lebih seru. Dilengkapi dengan kipas dan baterai berkapasitas 5.000 mAh, TwinView Dock 3 kini telah dilengkapi dengan layar yang memiliki refresh rate 144Hz atau sama dengan ROG Phone 3.

ROG AeroActive Cooler 3
Tidak seperti pendahulunya, ROG AeroActive Cooler 3 hadir dengan menawarkan performa pendingin yang lebih baik dan tingkat kebisingan yang lebih rendah. AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya serta 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone.


Lighting Armour Case
Selain untuk aksesoris gaming, ASUS juga menghadirkan aksesoris untuk mempercantik ROG Phone 3. Namanya Lighting Armour Case, yang bisa menampilkan logo ROG dengan tampilan mirip AniMe Matrix yang ada di laptop ROG Zephyrus G14. Lighting Armour Case juga kompatibel dengan fitur Aura RGB lighting. Ini keren banget, terlihat futuristik!

----


Ladies and Gentlemen,
Tak terasa kita telah menempuh perjalanan melintas dimensi
untuk melihat secara langsung pesona dari ROG Phone 3
Terima kasih atas perjalanan yang menyenangkan,
sampai jumpa di Space Adventure selanjutnya!

----


ASUS datang dengan smartphone gaming yang paling powerful di dunia : ROG Phone 3. Smartphone ini sukses membuat dunia per-gaming-an gempar, karena spesifikasi tinggi dengan banyak fitur dan teknologi yang sangat memanjakan para gamers. ASUS kali ini serius, dan nggak main-main. Memang harus ku akui, ROG Phone 3 sangat keren.

Lalu, apakah smartphone ini layak bagi yang bukan gamers? Tentu amat sangat layak! Contohnya seperti diriku ini, selain sebagai gamers juga sebagai konten kreator. Dengan spesifikasi kamera yang canggih dan kualitas video tinggi, serta prosesor kuat, tentu mengolah konten bukan perkara yang susah. Jadi kesimpulannya : ROG Phone 3 ini sangat cocok buat Diko! *nabung nabung*

Akhir kata, menulis ulasan sepanjang lebih dari 2500 kata ini sangat menyenangkan; rasanya seperti nostalgia ke jaman kecil yang hobi main games, sampai menulis serangkaian spesifikasi ROG Phone 3 yang serba canggih ini. Terima kasih buat kalian yang sudah membaca!

2 comments:

  1. As usual desainnya selalu kereennnnnnnn. Btw dadi kelingan tamagochi aku wkwkwk. Lupa ngasih makan malah mati yesss

    ReplyDelete
  2. Mantap banget ini ulasannya. Serasa ikut berpetualang di dunia game. Btw baca awalnya saya jadi kangen main Tetris ��

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search