Tanda-tanda Hamil yang Sering Tidak Disadari, Coba Cek!

Tanda-tanda Hamil yang Sering Tidak Disadari, Coba Cek!


Berikut ini adalah tanda tanda hamil di minggu-minggu awal kehamilan yang perlu Bunda ketahui agar bisa mempersiapkan diri lebih baik untuk menyambut bayi. Banyak dari Ibu hamil yang tidak menyadari bahwa dirinya hamil. Tanda-tanda awal kehamilan memang mirip dengan tanda-tanda menstruasi dan sering kali mengecoh, seperti timbul flek, payudara terasa membengkak, dan juga adanya rasa kram di perut.

Terlambat Menstruasi
Telat menstruasi adalah tanda hamil paling jelas dan paling umum. Namun terkadang bagi Bunda yang memang sering mengalami menstruasi tidak teratur bisa jadi karena stres, pola makan tidak teratur atau juga karena terlalu lelah. Agar lebih pasti dan yakin, Bunda bisa mengecek kehamilan dengan alat yang dijual bebas di apotek atau supermarket.

Morning Sickness
Gejala ini dialami oleh sebagian besar ibu hamil dimana adanya perasaan tidak nyaman saat pagi hari karena adanya perubahan hormon dalam darah yang mengakibatkan rasa sakit di lapisan perut dan menimbulkan rasa mual. Namun meski namanya morning sickness, mual dan muntah bisa saja terjadi pada siang dan malam hari dan biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan dan akan menghilang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Sering Buang Air Kecil
Ibu hamil mengalami perubahan hormon dalam darah yang menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh meningkat sehingga membuat ginjal bekerja lebih keras dan memproduksi air seni lebih banyak. Dengan demikian, semakin besar kehamilan, maka semakin besar pula ukuran janin dan menekan organ-organ di dalam tubuh Ibu, termasuk juga kandung kemih. Jika mengalami hal ini Bunda jangan khawatir, yang perlu Bunda lakukan adalah jangan mengurangi konsumsi air agar tidak dehidrasi.

Mudah Lelah
Mudah lelah yang dirasakan oleh Ibu hamil disebabkan karena meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh yang depresan alami bagi sistem saraf pusat yang menyebabkan Ibu mudah merasa mengantuk. Di trimester pertama, tubuh Ibu hamil akan bekerja jauh lebih keras untuk memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah supaya nutrisi janin terpenuhi.

Rasa Aneh di Mulut
Ibu hamil juga mengalami perubahan hormon yang mempengaruhi indera perasa dan penciuman dimana adanya rasa aneh seperti rasa logam dalam mulut yang membuat Ibu hamil tidak menyukai makanan tertentu. Untuk mengatasi ini, yang bisa Bunda lakukan adalah dengan menyesuaikan perubahan selera makan ini yaitu dengan mengonsumsi makanan dengan porsi yang kecil namun lebih sering karena bagaimanapun juga baik Ibu hamil dan janin dalam kandungan harus mendapatkan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh sehat.

Perubahan pada Payudara
Perubahan pada payudara adalah perubahan yang paling terlihat saat hamil dimana salah satu gejalanya adalah ukuran payudara yang menjadi lebih besar, payudara terasa lebih berat, dan sakit atau nyeri apabila dipegang. Tidak hanya itu, daerah kecokelatan di sekitar puting payudara atau juga disebut areola akan semakin menghitam dan melebar akibat meningkatnya produksi hormon esterogen dan progesteron, yang merupakan persiapan untuk memproduksi ASI bagi bayi nanti.

Keram Perut dan Bercak Merah Muda
Hal ini terjadi di antara minggu ke 3 dan ke 4 kehamilan, yang diakibatkan oleh tertanamnya sel telur yang telah dibuahi di dalam rahim (implantasi), kemudian darah dilepas saat telur yang dibuahi melekatkan diri ke dinding rahim. Flek yang timbul juga kerap diiringi oleh kram perut sehingga hal ini kadang juga membuat keliru karena dikira sebagai menstruasi.

Post a Comment

Silahkan berkomentar, link hidup akan dihapus. Terimakasih sudah membaca :)

Tuan Rumah

Handikoo

Hello there!

I'm Handiko Rahman Pebrianto and just call me Diko. Absolutely awkward, proudest of nerd and geek. Serious Blogger.

Semarang, Indonesia.
click here to know more about me (also for partnership)
Contact : Handikorp@gmail.com

Selamat Datang!

Selamat Datang!

Terbaru

Review Yummy App!

Laptop Impian Diko!

Kamu Pengunjung Ke-

Followers